Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan makna dari gambar di bawah ini!

Jelaskan makna dari gambar di bawah ini! 

space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perbandinganembriologi dapat dijadikan sebagai petunjuk tentang adanya evolusi.

perbandingan embriologi dapat dijadikan sebagai petunjuk tentang adanya evolusi.space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Gambar di atas merupakan perbandingan embrio pada hewan vertebrata. Embriologi perbandingan merupakan salah satu petunjuk yang dapat digunakan untuk mempelajari adanya evolusi. Pada gambar di atas menunjukkan adanya kesamaan pada perkembangan embrio ikan, salamander, kura-kura, kelinci dan manusia yang seluruhnya termasukpada kelompok vertebrata. Pada vertebrata persamaan perkembangan embrio dimulai dengan perkembangan zigot menuju fase morula, blastula, gastrula dan akhirnya membentuk embrio yang tumbuh dan berkembang.Adanyapersamaan tersebut menunjukkanterdapathubungan kekerabatan diantara golongan vertebrata.Berdasarkan fakta itu, ilmuwan Ernest Haeckel mengemukakan teori rekapitulasi, yaitu ontogeni (tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan embrio) adalah ulangan dari filogeni (perkembangan organisme dari filum paling sederhana hingga yang paling sempurna). Dengan demikian, perbandinganembriologi dapat dijadikan sebagai petunjuk tentang adanya evolusi.

Gambar di atas merupakan perbandingan embrio pada hewan vertebrata. Embriologi perbandingan merupakan salah satu petunjuk yang dapat digunakan untuk mempelajari adanya evolusi. Pada gambar di atas menunjukkan adanya kesamaan pada perkembangan embrio ikan, salamander, kura-kura, kelinci dan manusia yang seluruhnya termasuk pada kelompok vertebrata.

Pada vertebrata persamaan perkembangan embrio dimulai dengan perkembangan zigot menuju fase morula, blastula, gastrula dan akhirnya membentuk embrio yang tumbuh dan berkembang. Adanya persamaan tersebut menunjukkan terdapat hubungan kekerabatan diantara golongan vertebrata. Berdasarkan fakta itu, ilmuwan Ernest Haeckel mengemukakan teori rekapitulasi, yaitu ontogeni (tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan embrio) adalah ulangan dari filogeni (perkembangan organisme dari filum paling sederhana hingga yang paling sempurna). Dengan demikian, perbandingan embriologi dapat dijadikan sebagai petunjuk tentang adanya evolusi.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

karinacute Banget

Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan dan jelaskan bukti-bukti dari evolusi!

1

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia