Roboguru

Sinonim dari kata yang bercetak tebal pada penggalan teks laporan di atas secara berurutan ialah …

Pertanyaan

Sinonim dari kata yang bercetak tebal pada penggalan teks laporan di atas secara berurutan ialah …undefined

  1. Kanan dan kiriundefined

  2. Kiri dan kananundefined

  3. Atas dan bawahundefined

  4. Atas dan kiriundefined

  5. Bawah dan atasundefined

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berfungsi menjelaskan suatu objek atau fenomena yang didasari oleh hasil pengamatan.

Salah satu kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi adalah penggunaan sinonim. Sinonim merupakan suatu kata yang memiliki bentuk yang berbeda tetapi memiliki arti yang sama. Cara mudah menentukan sinonim suatu kata ialah dengan mengganti kata dengan sinonimnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Rizky

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kalimat berikut yang menggunakan pronomina adalah ...

Pembahasan Soal:

Pronomina merupakan salah satu jenis kata yang dipakai untuk dapat menggantikan posisi kata benda atau juga orang dalam suatu kalimat. Pada teks di atas, kalimat yang menggunakan pronomina adalah "Berbagai jenis wortel tersebut mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh." Kata tersebut dipakai untuk menggantikan posisi kata wortel imperator, chantenay, dan nantes.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Analisislah teks laporan hasil observasi di atas!

Pembahasan Soal:

Teks laporan observasi adalah teks yang memaparkan hasil pengamatan/observasi tentang suatu objek atau situasi yang disusun setelah dilakukannya penelitian secara sistematis.
Berikut adalah hasil analisis struktur dan kaidah kebahasaannya. 
Judul: Hutan Lindung
Struktur

  • identifikasi, yaitu bagian yang berisi informasi umum tentang objek yang diamati. Berikut kutipan dari hasil analisisnya:
        Hutan lindung merupakan hutan yang dilindungi keberadaannya karena berperan penting menjaga ekosistem. Kawasan hutan ditetapkan sebagai hutan lindung karena berfungsi sebagai penyedia cadangan air bersih, penahan erosi, paru-paru kota, atau fungsi-fungsi lainnya. Agar terhindar dari kerusakan maka keberadaan hutan tersebut harus dilindungi.
     Hutan lindung bisa berada di tengah-tengah lokasi hutan produksi, hutan adat, hutan rakyat, atau di daerah yang berbatasan dengan permukiman dan perkotaan. Pengelolaannya bisa dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan komunitas seperti masyarakat adat. Contoh hutan lindung yang dikelola masyarakat adat biasanya berwujud sebagai hutan larangan atau hutan tutupan.
  • deskripsi bagian, yaitu bagian yang berisi rincian (klasifikasi, jenis, dan manfaat) objek yang diobservasi dan sesuai dengan fakta dan bersifat ilmiah. Berikut kutipan dari hasil analisisnya:
        Pemerintah dalam hal ini kementrian yang terkait dengan bidang kehutanan bisa menetapkan suatu kawasan hutan menjadi hutan lindung berdasarkan usulan yang memenuhi syarat-syarat tertentu. Terdapat tiga faktor utama dalam menentukan penentuan, di antaranya kemiringan lahan, kepekaan terhadap erosi dan intensitas curah hujan di daerah terkait.
        Saat ini kawasan hutan di Indonesia mencapai 129 juta hektar. Kawasan hutan tersebut terbagi ke dalam hutan konservasi seluas 27 juta hektar, hutan lindung 30 juta hektar, dan sisanya hutan produksi. Kawasan hutan lindung tersebar luas di berbagai pulau di Indonesia.
          Beberapa contoh hutan lindung di antaranya adalah Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW). Hutan ini menjadi salah satu objek wisata andalan Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Kawasan HLSW seluas 9.782,80 hektar dan menjadi rumah bagi beberapa satwa khas Kalimantan seperti orangutan, bekantan, kantong semar, dan tumbuhan endemik Balikpapan, yaitu Eltingera balikpapanensis.
        Selain HLSW, di Kalimantan terdapat juga Hutan Lindung Wehea, tepatnya di Kabupaten Kutai timur, Kalimantan Timur. Areal hutan seluas 38.000 hektar ini pada awal nya adalah kawasan penebangan yang kemudian ditetapkan sebagai hutan lindung pada tahun 2004 oleh masyarakat Dayak Wehea. Pada tahun 2009 mayarakat Dayak Wehea menerima penghargaan Kalpataru, penghargaan tertinggi bidang lingkungan hidup dari pemerintah pusat. Hutan Wehea menjadi penopang tiga Daerah Aliran Sungai, yakni Sungai Seleq, Melinyiu, dan Sekung yang bermuara ke Sungai Mahakam.
        Hutan lindung mempunyai fungsi pokok untuk menjaga kualitas lingkungan dan ekosistem. Fungsi-fungsi tersebut diantaranya mencegah banjir. Kemampuan hutan untuk menampung air  hujan merupakan pengendalian banjir yang baik. Hutan lindung dapat menyimpan cada ngan air tanah. Cadangan air tersebut bisa digunakan ketika musim kemarau, sehingga penduduk sekitar hutan terhindar dari bencana kekeringan.
        Kawasan hutan lindung juga dapat mencegah erosi dan tanah longsor. Paling utama adalah terpeliharanya kesuburan tanah karena hutan seperti sebuah tempat pengomposan raksasa. Di dalam hutan lindung, keanekaragaman hayati yang merupakan sumber keh idupan bisa terjaga.
         Bagi para pelajar dan peneliti, hutan bisa menjadi laboratorium alam. Selain itu juga bisa menjadi tempat pendidikan dan penelitian ilmiah untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
  • simpulan, yaitu bagian yang memuat ringkasan laporan hasil observasi. Struktur ini bersifat opsional. Dalam teks laporan hasil observasi di atas, tidak memiliki struktur bagian simpulan. 

Istilah khusus adalah kata atau gabungan kata yang secara khusus mengungkapkan makna keadaan, konsep, keadaan, maupun sifat khas dalam bidang tertentu. Istilah khusus pada teks di atas, yaitu hutan lindung, ekosistem, erosi, hutan konservasi, hutan produksi, tumbuhan endemik, dan Kalpataru. 

Kata baku adalah kata yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Berikut kata baku/tidak baku dalam teks di atas: 

  • kementrian (tidak baku). Bentuk kata bakunya adalah Kementerian. 
  • orangutan(tidak baku). Bentuk bakunya adalah orang utan.
  • Eltingera balikpapanensis (tidak baku). Penulisan yang benar adalah Eltingera balikpapanensis karena nama ilmiah. 
  • Areal (tidak baku). Bentuk bakunya adalah area. 

Teks laporan hasil observasi menggunakan kata hubung/konjungsi dan, selain itu, di samping itu, pertama. Adapun kalimat yang menggunakan konjungsi sebagai berikut:

  •  Hutan lindung bisa berada di tengah-tengah lokasi hutan produksi, hutan adat, hutan rakyat, atau di daerah yang berbatasan dengan permukiman dan perkotaan.
  • Pengelolaannya bisa dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan komunitas seperti masyarakat adat.
  • Kawasan hutan tersebut terbagi ke dalam hutan konservasi seluas 27 juta hektar, hutan lindung 30 juta hektar, dan sisanya hutan produksi.
  • Kawasan HLSW seluas 9.782,80 hektar dan menjadi rumah bagi beberapa satwa khas Kalimantan seperti orangutan, bekantan, kantong semar, dan tumbuhan endemik Balikpapan, yaitu Eltingera balikpapanensis.
  • Selain HLSW, di Kalimantan terdapat juga Hutan Lindung Wehea, tepatnya di Kabupaten Kutai timur, Kalimantan Timur.
  • Hutan Wehea menjadi penopang tiga Daerah Aliran Sungai, yakni Sungai Seleq, Melinyiu, dan Sekung yang bermuara ke Sungai Mahakam.
  • Kawasan hutan lindung juga dapat mencegah erosi dan tanah longsor.
  • Bagi para pelajar dan peneliti, hutan bisa menjadi laboratorium alam.
  • Selain itu juga bisa menjadi tempat pendidikan dan penelitian ilmiah untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

Kalimat definisi adalah kalimat yang mengungkapkan makna, keteranga, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas. Berikut kalimat definisi dalam teks laporan hasil observasi tersebut: 

  • Hutan lindung merupakan hutan yang dilindungi keberadaannya karena berperan penting menjaga ekosistem.
  •      Beberapa contoh hutan lindung di antaranya adalah Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW). Hutan ini menjadi salah satu objek wisata andalan Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
  • Areal hutan seluas 38.000 hektar ini pada awal nya adalah kawasan penebangan yang kemudian ditetapkan sebagai hutan lindung pada tahun 2004 oleh masyarakat Dayak Wehea.
  • Kemampuan hutan untuk menampung air hujan merupakan pengendalian banjir yang baik.

Kalimat fakta merupakan  kalimat yang berisi kenyataan atau sesuatu yang benar-benar terjadi, dan diketahui oleh semua orang. Berikut kalimat fakta dalam teks laporan hasil observasi tersebut: 

  • Saat ini kawasan hutan di Indonesia mencapai 129 juta hektar. Kawasan hutan tersebut terbagi ke dalam hutan konservasi seluas 27 juta hektar, hutan lindung 30 juta hektar, dan sisanya hutan produksi.
  • Beberapa contoh hutan lindung di antaranya adalah Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW).
  • Kawasan HLSW seluas 9.782,80 hektar dan menjadi rumah bagi beberapa satwa khas Kalimantan seperti orangutan, bekantan, kantong semar, dan tumbuhan endemik Balikpapan, yaitu Eltingera balikpapanensis.
  • Selain HLSW, di Kalimantan terdapat juga Hutan Lindung Wehea, tepatnya di Kabupaten Kutai timur, Kalimantan Timur.
  • Pada tahun 2009 mayarakat Dayak Wehea menerima penghargaan Kalpataru, penghargaan tertinggi bidang lingkungan hidup dari pemerintah pusat.
  • Hutan Wehea menjadi penopang tiga Daerah Aliran Sungai, yakni Sungai Seleq, Melinyiu, dan Sekung yang bermuara ke Sungai Mahakam.

Kalimat pendapat atau opini adalah kalimat yang mengemukakan pendapat seseorang dan bersifat subjektif. Berikut beberapa contoh kalimat pendapat dalam teks laporan hasil observasi tersebut: 

  • Hutan lindung merupakan hutan yang dilindungi keberadaannya karena berperan penting menjaga ekosistem.
  • Kawasan hutan ditetapkan sebagai hutan lindung karena berfungsi sebagai penyedia cadangan air bersih, penahan erosi, paru-paru kota, atau fungsi-fungsi lainnya.
  • Agar terhindar dari kerusakan maka keberadaan hutan tersebut harus dilindungi.
  • Hutan lindung bisa berada di tengah-tengah lokasi hutan produksi, hutan adat, hutan rakyat, atau di daerah yang berbatasan dengan permukiman dan perkotaan.
  • Pengelolaannya bisa dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan komunitas seperti masyarakat adat.

Kalimat tidak efektif, seperti pada kutipan berikut ini:

  • Pemerintah dalam hal ini kementrian yang terkait dengan bidang kehutanan bisa menetapkan suatu kawasan hutan menjadi hutan lindung berdasarkan usulan yang memenuhi syarat-syarat tertentu.  
  • Beberapa contoh hutan lindung di antaranya adalah Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW). Hutan ini menjadi salah satu objek wisata andalan Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
  •  Kawasan hutan lindung tersebar luas di berbagai pulau di Indonesia.

Kalimat efektif dalam teks tersebut, misalnya sebagai berikut:

  • Hutan lindung merupakan hutan yang dilindungi keberadaannya karena berperan penting menjaga ekosistem. Saat ini kawasan hutan di Indonesia mencapai 129 juta hektar. Kawasan hutan tersebut terbagi ke dalam hutan konservasi seluas 27 juta hektar, hutan lindung 30 juta hektar, dan sisanya hutan produksi. 
  • Hutan lindung mempunyai fungsi pokok untuk menjaga kualitas lingkungan dan ekosistem.
  • Kawasan hutan lindung juga dapat mencegah erosi dan tanah longsor.


Dengan demikian hasil analisis terhadap teks laporan hasil observasi tersebut berupa analisis judul, struktur, dan ciri kebahasaan.

0

Roboguru

Apakah kaidah kebahasaan pada teks tersebut sudah tepat?

Pembahasan Soal:

Kaidah kebahasaan pada teks laporan hasil observasi terdiri dari:

  1. Penggunaan verba (kata kerja)
  2. Penggunaan adjektiva (kata sifat)
  3. Penggunaan sinonim dan antonim
  4. Penggunaan konjungsi
  5. Penggunaan kalimat kompleks dan simpleks


Kaidah kebahasaan yang terdapat pada teks laporan hasil observasi berjudul Lubang Resapan Biopori adalah:

  1. Penggunaan verba (kata kerja): Biopori merupakan metode resapan air untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.
  2. Penggunaan adjektiva (kata sifat): ltulah yang membuat teknologi sederhana ini dinamakan biopori.
  3. Penggunaan konjungsi: Biopori dapat dibuat di sekitar rumah. Kawasan hijau di halaman rumah dapat dilengkapi dengan biopori, bahkan di tempat yang tanahnya tertutup semen.
  4. Penggunaan kalimat kompleks dan simpleks: Biopori memiliki segudang manfaat, yaitu memperluas bidang penyerapan air, sebagai penanganan limbah organik, dan meningkatkan kesehatan tanah.

Dengan demikian, berdasarkan pernyataan di atas dapat dikatakan kaidah kebahasaan pada teks tersebut sudah tepat. 

0

Roboguru

Kopula yang digunakan dalam teks tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kopula adalah verba yang menghubungkan subjek dengan komplemen (misalnya kata merupakan dalam kalimat mencuri merupakan tindakan tercela). Contoh kopula lainnya yaitu adalah, merupakan, ialah, yakni, dan yaitu.

Kopula yang digunakan dalam teks tersebut adalah kata merupakan. Hal itu dibuktikan pada kalimat "Wortel merupakan jenis sayur yang dimanfaatkan umbinya untuk dikonsumsi."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Tuliskan dua kalimat dalam teks yang menggunakan kopula.

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kopula adalah verba yang menghubungkan subjek dengan komplemen (misalnya kata merupakan dalam kalimat mencuri merupakan tindakan tercela). Kopula dapat diartikan sebagai kata kerja yang berfungsi memberikan definisi atau pengertian. Contoh kopula: adalah, ialah, yakni, yaitu. Pada teks tersebut terdapat satu kalimat yang menggunakan kopula, yaitu "Paus merupakan mamalia yang hidup di laut." Kalimat tersebut menggunakan kopula merupakan.

Dengan demikian, kalimat dalam teks yang menggunakan kopula hanya satu yaitu "Paus merupakan mamalia yang hidup di laut." 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved