Iklan

Iklan

Pertanyaan

Silahkan gambar sistem pernapasan pada manusia dan beri keterangan dan fungsinya!

Silahkan gambar sistem pernapasan pada manusia dan beri keterangan dan fungsinya! 

Iklan

F. Freelancer2

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

organ pernapasan terdiri dari hidung hingga organ terakhir yaitu alveolus.

organ pernapasan terdiri dari hidung hingga organ terakhir yaitu alveolus.undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Sistem pernapasan terdiri dari beberapa organ yang memiliki fungsi masing-masing sehingga membentuk sistem pernapasan itu sendiri. Organ-organ yang berperan pada sistem pernapasan dapat dilihat pada gambar dibawah: Hidung dan Rongga Hidung Hidung adalah organ terluar yang langsung bersentuhan dengan gas atau udara untuk bernapas. Fungsi hidung adalah menghirup oksigendan sebagai jalur keluarnya karbon dioksida. Organ ini terletak di tulang tengkorak dan tersusun dari tulang rawan, tulang, otot, dan kulit. Di dalam hidung, terdapat rongga hidung yang berperan penting dalam proses pernapasan. Rongga hidung berfungsi untuk melembabkan, menghangatkan, dan menyaring (filter) udara yang masuk ke tubuh. Bulu dan lendir (mucus) di dalam rongga hidung berfungsi untuk menangkap debu, spora jamur, dan zat asing udara. Tenggorokan (Faring) Tenggorokan, atau disebut faring, merupakan jalur terusan setelah kita menghirup udara melalui hidung. Pada tenggorokan, organ pernapasan dilanjutkan dengan pangkal tenggorokan (laring), trakea, dan bronkus. Pangkal Tenggorokan (Laring) Laring, yang dikenal sebagai “kotak suara”, adalah penghubung untuk faring dan trakea. Di bagian ini, terdapat pita suara dan katup epiglottis, yang memisahkan saluran makanan dengan saluran udara. Trakea Trakea menghubungkan laring dengan bronkus dan menjadi jalan bagi udara dari leher ke bagian dada. Bentuknya seperti pipa. Fungsi utamanya sebagai jalur udara untuk masuk dan keluar dari paru-paru. Organ ini tersusun atas cincin tulang rawan dan terdapat di depan kerongkongan. Bronkus Bronkus merupakan percabangan dari trakea. Organ ini memiliki 2 percabangan menuju paru-paru kanan dan kiri yang berfungsi sebagai jalur udara ke paru-paru. Bronkiolus Bronkiolus merupakan percabangan bronkus yang terdapat dalam paru-paru. Jumlah cabang pada bronkiolus sesuai dengan jumlah lobus (gelambir) pada paru-paru. Pembagiannya adalah pada paru-paru sebelah kanan terdapat 3 lobus dan paru-paru kiri terdapat 2 lobus. Bronkiolus berfungsi sebagai jalur udara dari trakea menuju paru-paru. Paru-paru Paru-paru merupakan organ vital pernapasan yang dibungkus oleh lapisan bernama pleura. Letaknya berada di rongga dada di atas diafragma. Bentuknya mirip seperti spons dan terdiri dari 2 bagian, yaitu kiri dan kanan. Paru-paru kiri hanya memiliki 2 segmen. Sementara paru-paru kanan mempunyai 3 segmen.Di dalam paru-paru inilah terjadi pertukaran udara kotor yang mengandung karbon dioksida ( ) dengan udara bersih yang mengandung oksigen ( ). Pertukaran udara ini tepatnya terjadi dalam gelembung paru-paru (alveolus) yang bersentuhan dengan bronkiolus. Jadi, organ pernapasan terdiri dari hidung hingga organ terakhir yaitu alveolus.

Sistem pernapasan terdiri dari beberapa organ yang memiliki fungsi masing-masing sehingga membentuk sistem pernapasan itu sendiri. Organ-organ yang berperan pada sistem pernapasan dapat dilihat pada gambar dibawah:

  1. Hidung dan Rongga Hidung
    Hidung adalah organ terluar yang langsung bersentuhan dengan gas atau udara untuk bernapas. Fungsi hidung adalah menghirup oksigen dan sebagai jalur keluarnya karbon dioksida. Organ ini terletak di tulang tengkorak dan tersusun dari tulang rawan, tulang, otot, dan kulit. Di dalam hidung, terdapat rongga hidung yang berperan penting dalam proses pernapasan. Rongga hidung berfungsi untuk melembabkan, menghangatkan, dan menyaring (filter) udara yang masuk ke tubuh. Bulu dan lendir (mucus) di dalam rongga hidung berfungsi untuk menangkap debu, spora jamur, dan zat asing udara.
  2. Tenggorokan (Faring)
    Tenggorokan, atau disebut faring, merupakan jalur terusan setelah kita menghirup udara melalui hidung. Pada tenggorokan, organ pernapasan dilanjutkan dengan pangkal tenggorokan (laring), trakea, dan bronkus.
  3. Pangkal Tenggorokan (Laring)
    Laring, yang dikenal sebagai “kotak suara”, adalah penghubung untuk faring dan trakea. Di bagian ini, terdapat pita suara dan katup epiglottis, yang memisahkan saluran makanan dengan saluran udara.
  4. Trakea
    Trakea menghubungkan laring dengan bronkus dan menjadi jalan bagi udara dari leher ke bagian dada. Bentuknya seperti pipa. Fungsi utamanya sebagai jalur udara untuk masuk dan keluar dari paru-paru. Organ ini tersusun atas cincin tulang rawan dan terdapat di depan kerongkongan.
  5. Bronkus
    Bronkus merupakan percabangan dari trakea. Organ ini memiliki 2 percabangan menuju paru-paru kanan dan kiri yang berfungsi sebagai jalur udara ke paru-paru.
  6. Bronkiolus
    Bronkiolus merupakan percabangan bronkus yang terdapat dalam paru-paru. Jumlah cabang pada bronkiolus sesuai dengan jumlah lobus (gelambir) pada paru-paru. Pembagiannya adalah pada paru-paru sebelah kanan terdapat 3 lobus dan paru-paru kiri terdapat 2 lobus. Bronkiolus berfungsi sebagai jalur udara dari trakea menuju paru-paru.
  7. Paru-paru
    Paru-paru merupakan organ vital pernapasan yang dibungkus oleh lapisan bernama pleura. Letaknya berada di rongga dada di atas diafragma. Bentuknya mirip seperti spons dan terdiri dari 2 bagian, yaitu kiri dan kanan. Paru-paru kiri hanya memiliki 2 segmen. Sementara paru-paru kanan mempunyai 3 segmen. Di dalam paru-paru inilah terjadi pertukaran udara kotor yang mengandung karbon dioksida (C O subscript 2) dengan udara bersih yang mengandung oksigen (O subscript 2). Pertukaran udara ini tepatnya terjadi dalam gelembung paru-paru (alveolus) yang bersentuhan dengan bronkiolus.

Jadi, organ pernapasan terdiri dari hidung hingga organ terakhir yaitu alveolus.undefined 

37

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Urutan organ pernapasan yang benar dari dalam ke luar adalah . . . .

199

4.9

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia