RoboguruRoboguru
SD

Sifat tokoh Larasati berdasarkan kutipan di atas adalah …

Pertanyaan

Setibanya Pak Usman di restoran kecil sepulang dari sekolah, Larasati segera memulai pembicaraan. “Sebelum membicarakan soal Diah, saya perlu menjelaskan mengapa saya tidak mau membicarakan hal ini di sekolah karena saya ingin bicarakan adalah masalah yang harus diselesaikan dengan kacamata kemanusiaa, bukan kedinasan” “Maksud ibu apa? Saya khawatir, keinginan bapak untuk menghabisi Diah itu karena kebencian bapak terhadap saya. Selama ini orang kan tahu saya sangat perhatian terhadap Diah. Dia anak yang lemah Pak, sudah mengalami berbagai cobaan hidup, sering murung karena menerima beban yang terlalu banyak dalam hidupnya.space  

Sifat tokoh Larasati berdasarkan kutipan di atas adalah …space  

  1. sabar dan penyayangspace  

  2. tegas dan pemberanispace  

  3. angkuh dan pemberanispace  

  4. angkuh dan disiplinspace  

  5. penuh perhatiaan dan tegasspace  

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan E.space  

Pembahasan

Teks cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek.

Cerpen memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang ada di dalam cerita. Cerpen memiliki unsur instrinsik sebagai berikut.

  • Tema: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tema adalah pokok pikiran; dasar cerita (yang dipercakapkan, dipakai sebagai dasar mengarang, menggubah sajak, dan sebagainya).
  • Tokoh: Tokoh merupakan pelaku dalam sebuah cerita.
  • Penokohan: Penokohan adalah cara pengarang menampilkan tokoh dalam sehingga dapat diketahui karakter atau sifat para tokoh.
  • Latar: Latar atau setting adalah landas tumpu cerita. Latar berkaitan dengan pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan.
  • Alur: Alur atau plot menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan saksama dan menggerakkan jalan cerita melalui kerumitan ke arah klimaks dan penyelesaian.
  • Sudut pandang: Sudut pandang (point of view) adalah posisi pengarang dalam membawakan cerita.
  • Amanat: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah gagasan yang mendasari karya sastra; pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar.
  • Gaya bahasa: Gaya bahasa atau majas, yaitu bahasa kias yang dipergunakan untuk menciptakan kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya. 

Penokohan adalah salah satu unsur intrinsik cerpen. Untuk dapat mengetahui sifat tokoh Larasati, kita harus membaca kutipan secara saksama. Pada kutipan tersebut terdapat kalimat:

  • “Sebelum membicarakan soal Diah, saya perlu menjelaskan mengapa saya tidak mau membicarakan hal ini di sekolah karena saya ingin bicarakan adalah masalah yang harus diselesaikan dengan kacamata kemanusiaa, bukan kedinasan” (sifat tegas)
  • Selama ini orang kan tahu saya sangat perhatian terhadap Diah. (sifat penuh perhatian)

Berdasarkan kalimat kalimat tersebut, kita dapat mengetahui sifat tokoh Larasati yang tegas dengan menjelaskan alasan dia tidak mau membahas hal tersebut di sekolah karena harus diselesaikan dengan kacamata kemanusiaan dan sifat Larasati yang penuh perhatian terhadap Diah. Sifat tokoh Larasati berdasarkan kutipan di atas adalah penuh perhatian dan tegas.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space  

5rb+

4.5 (2 rating)

Risyafa maurellia andoko

Nn

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama! Pada waktu istirahat aku memakan bekal yang dikasih oleh Sasha. Rasanya enak banget. Ketika aku hendak menyantap untuk yang kedua kalinya, tiba-tiba Zis...

72

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia