Iklan

Iklan

Pertanyaan

Suatu saat seekor burung elang mengundang seekor siput untuk mengadakan perlombaan lari. Burung elang yakin bahwa ia akan memenangkan perlombaan tersebut. Sehari sebelum perlombaan dimulai, siput mengumpulkan semua jenis siput dan mengatur strategi perlombaan. Tiba saatnya perlombaan dimulai. Alangkah heran burung elang karena setiap memanggil siput, terdengarlah jawaban dan siput yang berada di depannya. Pada akhirnya, burung elang terkalahkan oleh siput.

Sifat tokoh burung elang dalam cerita fabel di atas adalah….

Sifat tokoh burung elang dalam cerita fabel di atas adalah…. 

  1. Suka mengalahundefined 

  2. Pemberaniundefined 

  3. Kurang perhitunganundefined 

  4. Bijaksanaundefined 

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Iklan

Pembahasan

Secara umum, pengertian fabel yaitu cerita mengenai kehidupan dunia binatang yang punya nilai moral serta budi pekerti. Penggunaan binatang di dalam fabel jadi pengganti tokoh manusia, namun tetap digambarkan bisa berpikir, memiliki perasaan, bersikap, berinteraksi, bahkan mampu berbicara. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian fabel adalah cerita yang menggambarkan watak serta budi manusia namun pelakunya diperankan binatang. Di dalamnya memiliki pendidikan moral dan budi pekerti. Sifat tokoh burung elang dalam cerita fabel di atas adalah kurang perhitungan.Elang terlalu percaya diri untuk mengajak siput lomba lari, sedangkan siput memiliki strategi yang baik untuk mengalahkan elang. Elang kurang perhitungan dalam perlombaan ini. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Secara umum, pengertian fabel yaitu cerita mengenai kehidupan dunia binatang yang punya nilai moral serta budi pekerti. Penggunaan binatang di dalam fabel jadi pengganti tokoh manusia, namun tetap digambarkan bisa berpikir, memiliki perasaan, bersikap, berinteraksi, bahkan mampu berbicara.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian fabel adalah cerita yang menggambarkan watak serta budi manusia namun pelakunya diperankan binatang. Di dalamnya memiliki pendidikan moral dan budi pekerti.

Sifat tokoh burung elang dalam cerita fabel di atas adalah kurang perhitungan. Elang terlalu percaya diri untuk mengajak siput lomba lari, sedangkan siput memiliki strategi yang baik untuk mengalahkan elang. Elang kurang perhitungan dalam perlombaan ini.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tokoh pada cerita tersebut adalah....

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia