Roboguru

Siapa tokoh yang pelayarannnya sampai Tanjung Harapan?

Pertanyaan

Siapa tokoh yang pelayarannnya sampai Tanjung Harapan?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Ekspedisi Bartolomeo Dias dilakukan pada tahun 1486. Bartolomeo Dias merupakan penjelajah berkebangsaan Portugis. Pada waktu penjelajahannya ia bertolak dari Lisabon lalu bergerak ke arah selatan menyusuri pantai barat Afrika dan sampai di ujung selatan Benua Afrika. Tempat dimana Bartolomeo Dias tiba ini kemudian diberi nama Tanjung Harapan. Bartolomeo Dias lalu kembali lagi ke Portugis karena ada gelombang dan badai yang besar di sana.

Jadi, jawabannya adalah Bartolomeo Diaz.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pelayaran bangsa Belanda pada tahun 1596 dipimpin oleh....

Pembahasan Soal:

Pada abad ke 15-17 M terjadi penjelajahan samudera oleh bangsa Eropa. Penjelajahan samudera oleh bangsa Eropa ini di pelopori oleh Portugis, Spanyol, Belanda dan Inggris. Pada April 1595, Belanda memulai pelayarannya menuju Nusantara dengan empat buah kapal di bawah pimpinan Cornelis de Houtman dan De Keyzer. Pelayaran menuju timur menempuh rute Belanda–Pantai Barat Afrika–Tanjung Harapan–Samudra Hindia–Selat Sunda–Banten. Pada saat itu Banten dibawah pemerintahan Maulana Muhammad (1580-1605). Pelayaran de Houtman memasuki wilayah Nusantara melalui Selat Sunda dan pada akhirnya di bulan Juni 1596 Belanda berhasil mendarat di Banten.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Di bidang perdagangan bangsa Eropa ingin menguasai pelabuhan-pelabuhan di kawasan ...

Pembahasan Soal:

Di bidang perdagangan bangsa Eropa ingin menguasai pelabuhan-pelabuhan di kawasan Laut Tengah karena Laut Tengah adalah laut yang menghubungkan tiga benua yaitu Eropa, Asia dan Afrika, pun juga merupakan tempat kota dan pelabuhan besar dagang dunia, sehingga selalu ramai disinggahi oleh para pedagang dari berbagai penjuru

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Siapa penjelajah Portugis yang tiba di India dan mendirikan kantor dagang pertama di Asia?

Pembahasan Soal:

Ekspedisi Vasco da Gama ke India terjadi sebanyak tiga kali. Vasco da Gama memulai ekspedisinya dari Lisabon, menyusuri pantai Barat Afrika melewati Tanjung Harapan, lalu mendarat di Calicut dan Goa di pantai Barat India. Ditempat itu, Vasco da Gama mendirikan kantor dagang yang dilengkapi dengan benteng. Dengan adanya kantor dagang di Goa yang terletak di tepi Barat India tersebut , Portugis mulai meluaskan daerah jangkauan perdagangannya. Sejak dibangunnya kantor dagang di Goa itu, banyak kapal-kapal Portugis yang berdatangan. Mereka tidak terlalu sulit untuk memperolah rempah-rempah bahkan sebelum pulang ke Eropa mereka sudah banyak memborong rempah-rempah. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawabannya adalah Vasco da Gama.

Roboguru

Runtuhnya Kota Konstatinopel secara langsung memberikan dampak besar kepada kehidupan msyarakat Eropa karena pemboikotan pengiriman rempah - rempah dari Konstatinopel secara besar - besaran. Bangsa Er...

Pembahasan Soal:

Pelayaran bangsa Eropa untuk mencari rempah-rempah dimulai dari abad ke 15. Setelah jatuhnya Konstatinopel ke tangan Turki Utsmani, masyarakat Eropa mengalami kesulitan untuk mendapatkan rempah-rempah sebab adanya pemboikotan oleh umat Turki Ustmani. Atas kondisi tersebut, bangsa Eropa mulai mencari jalan lain dengan melakukan penjelajahan samudera. Dalam pelayaran tersebut mereka berpedoman pada semboyan 3G, yakni Gold, Glory, dan Gospel. Berikut penjelasan atas semboyan tersebut.

  1. Gold adalah memperoleh kekayaan dengan mencari dan mengumpulkan emas, perak, dan bahan tambang, serta bahan-bahan lain yang sangat berharga.
  2. Glory adalah memperoleh kejayaan, superioritas, dan kekuasaan.
  3. Gospel adalah menjalankan tugas suci untuk menyebarkan agama Kristen.

Dengan demikian, semboyan yang dijunjung tinggi bangsa Eropa pada saat pelayaran adalah Gold, Glory, dan Gospel.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Tatkala kongsi-kongsi dagang Eropa berhasil melakukan penjajahan di wilayah “dunia baru”, bagaimana cara kongsi-kongsi dagang Eropa untuk meningkatkan pendapatan sebanyak mungkin guna memberikan keunt...

Pembahasan Soal:

Bangsa-bangsa Eropa mulai melakukan penjajahan di wilayah “dunia baru” sejak abad ke-15. Bangsa-bangsa Eropa seperti Spanyol, Portugis, Belanda, dan Inggris membentuk kongsi-kongsi dagang sendiri untuk menghilangkan persaingan yang merugikan pedagang satu dengan yang lainnya. Kongsi-kongsi dagang ini melakukan tindakan politik yang disebut sebagai monopoli perdagangan. Monopoli perdagangan adalah ketika suatu perusahaan menguasai suatu komoditas secara mutlak dengan tidak memberikan kesempatan bagi perusahaan lainnya. Tindakan monopoli ini bertujuan untuk menguasai komoditas yang dianggap penting pada saat itu, yaitu rempah-rempah. Dari kegiatan monopoli perdagangan ini, bangsa Eropa dapat menghasilkan keuntungan yang melimpah bagi negara induk.

Jadi, cara kongsi-kongsi dagang Eropa untuk meningkatkan pendapatan sebanyak mungkin guna memberikan keuntungan maksimal bagi negara induk adalah dengan cara menerapkan monopoli perdagangan. space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved