Iklan

Iklan

Pertanyaan

Setiap warga diharapkan patuh pada aturan yang berlaku dalam masyarakat. Dari ilustrasi di atas, fungsi norma sebagai ....

Setiap warga diharapkan patuh pada aturan yang berlaku dalam masyarakat. Dari ilustrasi di atas, fungsi norma sebagai ....

  1. pedoman pengendalian sosial

  2. kriteria penilaian sikap individu

  3. pedoman bagi setiap individu

  4. pedoman bagi perilaku masyarakat

  5. cara masyarakat menjatuhkan sanksi

Iklan

D. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Fungsi norma sosial, yaitu: Sebagai aturan/pedoman bertingkah laku dalam masyarakat. Norma memberikan batasan-batasan perilaku di masyarakat untuk mencapai keteraturan dan keseimbang melalui perilaku dan sikap patuh terhadap norma yang dijadikan sebagai pedoman. Sebagai alat untuk menertibkan dan menstabilkan kehidupan sosial. Norma berfungsi untuk menanggulangi serta mengembalikan keadaan seperti semula apabila terjadi pelanggaran terhadap norma (terjadi ketidakseimbangan) melalui sanksi atau langkah penanggulangan tertentu. Sebagai sistem kontrol dalam masyarakat. Norma berfungsi untuk mengawasi perilaku dalam masyarakat sebagai langkah pencegahan terjadinya pelanggaran norma. Berdasarkan penjelasan di atas yang mengacu pada soal, setiap warga diharapkan patuh pada aturan yang berlaku dalam masyarakat merupakan fungsi norma sebagai aturan/pedoman bertingkah laku dalam masyarakat.

Fungsi norma sosial, yaitu:

  • Sebagai aturan/pedoman bertingkah laku dalam masyarakat. Norma memberikan batasan-batasan perilaku di masyarakat untuk mencapai keteraturan dan keseimbang melalui perilaku dan sikap patuh terhadap norma yang dijadikan sebagai pedoman.
  • Sebagai alat untuk menertibkan dan menstabilkan kehidupan sosial. Norma berfungsi untuk menanggulangi serta mengembalikan keadaan seperti semula apabila terjadi pelanggaran terhadap norma (terjadi ketidakseimbangan) melalui sanksi atau langkah penanggulangan tertentu.
  • Sebagai sistem kontrol dalam masyarakat. Norma berfungsi untuk mengawasi perilaku dalam masyarakat sebagai langkah pencegahan terjadinya pelanggaran norma.

Berdasarkan penjelasan di atas yang mengacu pada soal, setiap warga diharapkan patuh pada aturan yang berlaku dalam masyarakat merupakan fungsi norma sebagai aturan/pedoman bertingkah laku dalam masyarakat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

67

APIPUDIN ABDURAHMAN

Pembahasan lengkap banget Bantu banget

RIDHO ADY PRAYOGA

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Para pengendara sepeda motor harus memiliki Sim C (2) Bagi pengendara mobil wajib memiliki Sim A (3) Keterlibatan polisi menjaga keamanan negara (4) Tind...

16

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia