Roboguru

Setiap hari ribuan pohon mati dihutan. Akan tetapi...

Setiap hari ribuan pohon mati dihutan. Akan tetapi mengapa hutan tidak penuh dengan potongan pohon? Apa peranan/fungsi jamur dalam hal ini? Jelaskan!

Jawaban:

Jamur tidak memiliki klorofil sehingga jamur tidak masuk ke dalam kelompok tumbuhan. Karena tidak bisa membuat makanannya sendiri, jamur harus hidup dengan menumpang dari inangnya (simbiosis). Ada beberapa jenis jamur yang bersimbiosis dengan cara saprofit, parasit, dan ada pula yang bersimbiosis dengan makhluk hidup lain.

Tanaman saprofit umumnya tidak memiliki kemampuan untuk berasimilasi, saprofit juga tidak memiliki klorofil, sehingga untuk mendapatkan zat-zat organik maka organisme yang saprofit membutuhkan sisa dari makhluk hidup lain yang telah mati. Contoh saprofit adalah jamur.  

Jamur dikatakan saprofit dikarenakan memiliki sifat menempel pada sisa-sisa batang pohon untuk mendapatkan nutrisi agar tetap hidup. Jamur saprofit banyak  ditemukan tumbuh di sisa-sisa kayu yang telah lapuk.

Di hutan tidak pernuh dengan sisa tubuh pohon berkaitan dengan peranan jamur yaitu jamur menguraikan sisa tubuh pohon yang sudah mati. Penguraian oleh jamur nantinya akan menjadi materi yang dapat diserap tanah dan dimanfaatkan oleh jamur itu sendiri. Dalam hal ini jamur bersifat saprofit.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved