Roboguru

Setelah Sidang MPRS tahun 1968 menetapkan Soeharto sebagai presiden untuk masa jabatan 5 tahun maka dibentuklah kabinet yang baru dengan nama Kabinet Pembangunan dengan tugasnya yang disebut...

Pertanyaan

Setelah Sidang MPRS tahun 1968 menetapkan Soeharto sebagai presiden untuk masa jabatan 5 tahun maka dibentuklah kabinet yang baru dengan nama Kabinet Pembangunan dengan tugasnya yang disebut...

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Hasil sidang istimewa MPRS tahun 1968 menetapkan Soeharto sebagai presiden untuk masa jabatan 5 tahun maka dibentuklah kabinet yang baru dengan nama Kabinet Pembangunan. Tugas dari Kabinet Pembangunan I disebut dengan Pancakrida, meliputi:

  1. Penciptaan stabilitas politik dan ekonomi.
  2. Penyusunan dan pelaksanaan Rencana Pembangunan Lima Tahun Tahap pertama.
  3. Pelaksanaan Pemilihan Umum.
  4. Pengikisan habis sisa-sisa Gerakan 30 September.
  5. Pembersihan aparatur negara di pusat pemerintahan dan daerah dari pengaruh PKI.

Dengan demikian, tugas dari Kabinet Pembangunan adalah menjaga kestabilan politik dan ekonomi Indonesia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 29 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kemukakan program Kabinet Pembangunan 1 yang dibentuk 6 Juni 1968 !

Pembahasan Soal:

Susunan Kabinet Pembangunan I terdiri atas 18 menteri departemen dan lima menteri negara. Adapun program kabinet ini disebut Panca Krida, yang berisikan sebagai berikut.

  1. Menciptakan stabilitas politik dan ekonomi.
  2. Menyusun dan melaksanakan Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita).
  3. Melaksanakan pemilihan umum sesuai dengan Ketetapan No. XLII/MPRS/1968 (selambat-lambatnya 5 Juli 1971),
  4. Mengembalikan ketertiban dan keamanan masyarakat.
  5. Melanjutkan penyempurnaan dan pembersihan aparatur negara.

Sebelum membacakan susunan kabinet baru, Presiden Suharto mengatakan bahwa kabinet ini lahir dengan bantuan-bantuan, saran-saran dan pertimbangan-pertimbangan dari partai-partai politik, organisasi massa dan perseorangan. Ditambahkan pula bahwa kabinet yang disusun atas dasar semangat dan ketentuan UUD 1945, Ketetapan MPRS No. XLI/1968, dan tata organisasi yang baik, menurut Presiden, merupakan Zaken Kabinet. Oleh sebab itu, Presiden Mmngharapkan agar setiap menteri tidak saja mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan mendapat dukungan rakyat secara sendiri-sendiri, melainkan juga menjadikan kabinet sebagai himpunan tenaga-tenaga ahli yang didukung oleh masyarakat luas.

Dengan demikian, program Kabinet Pembangunan 1 disebut sebagai Panca Krida yang berisi stabilitas politik dan ekonomi, menyusun dan melaksanakan Repelita, melaksanakan Pemilu, mengembalikan ketertiban dan keamanan masyarakat, serta melanjutkan penyempurnaan dan pembersihan aparatur negara.

0

Roboguru

Perhatikan program-program berikut! Menurunkan angka kemiskinan Menyusun dan merencanakan Pelita Meningkatkan rasa aman pada masyarakat Melaksanakan pemilu selambat-lambatnya pada Juli 1971 Mel...

Pembahasan Soal:

Kabinet Pembangunan I adalah nama kabinet pemerintahan di Indonesia pada tahun 1968-1973 dengan program kerjanya, yaitu: 

  1. Meciptakan ketenangan politik
  2. Menyusun dan merencanakan Repelita (Rencana Pembangunan Lima Tahun).
  3. Melaksanakan Pemilihan Umum.
  4. Mengadakan pembersihan aparatur negara.
  5. Mengikis habis sisa-sisa G 30 S/PKI dan penyeleweng-penyeleweng Pancasila

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Jelaskan tentang Kabinet Pembangunan yang dibentuk oleh Presiden Suharto setelah Kabinet Ampera tidak lagi difungsikan. Apa saja tugas Kabinet Pembangunan?

Pembahasan Soal:

Pasca dibubarkannya Kabinet Ampera II, Presiden Suharto kemuddian membentuk kabinet Pembangunan yang berlangsung hingga akhir masa jabatannya, mulai dari kabinet Pembangunan I hingga VII. Kabinet Pembangunan I terbentuk pada 6 Juni 1968 dan dilantik pada tanggal 10 Juni 1968. Komposisi kabinet ini tidak jauh berbeda dengan komposisi menteri dalam Kabinet Ampera II yang dibentuk pada Oktober 1967 oleh Suharto (saat masih berstatus Pejabat Presiden RI).

Dalam menjalankan tugas, Presiden Suharto menggunakan landasan Trilogi Pembangunan, yang berisi stabilitas nasional, pertumbuhan ekonomi dan pemerataan ekonomi. Para menteri yang diganti diberi kewajiban baru sesuai dengan kemampuan masing-masing. Sebagian sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung dan sebagian lagi ada yang ditugaskan di luar negeri. Dari penggantian tersebut. justru akan meningkatkan pelaksanaan tugas Kabinet Pembangunan. Sebagian besar menteri yang diangkat adalah mereka yang sejak semula ikut melaksanakan kebijaksanaan pemerintah, khususnya di bidang ekonomi dan pembangunan.

Dengan demikian, Kabinet Pembangunan adalah kabinet yang dibentuk Presiden Suharto selama masa jabatannya berlangsung. Tugas dari Kabinet Pembangunan adalah melaksanakan pembangunan di segala bidang dengan menggunakan landasan Trilogi Pembangunan.

0

Roboguru

Kiprah Partai Demokrasi Perjuangan tidak banyak terlihat di masa Orde Baru. Hal ini terjadi karena ….

Pembahasan Soal:

Kiprah Partai Demokrasi Perjuangan tidak banyak terlihat di masa Orde Baru, pada saat itu, pemerintah tidak banyak memberikan peluang partai politik untuk bersikap oposisi terhadap kebijakan-kebijakan yang diambilnya. Dalam sejarah sebagai organisasi sosial politik, PDI justru sering berhadapan dengan masalah pertentangan dan konflik di kalangan pemimpinnya, tidak hanya itu sejumlah masalah yang lain juga dihadapi, seperti masalah identitas partai, PDI seperti sulit menemukan jati dirinya dan ideologi politiknya, khususnya sejak Pancasila ditetapkan sebagai asas tunggal.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Sistem demokrasi yang pertama kali diterapkan di Indonesia adalah ….

Pembahasan Soal:

Diberlakukannya UUD 1945 pada periode pertama yaitu tahun 1945-1949, adalah awal mula dipraktikannya demokrasi ini. Namun, demokrasi parlementer ini tidak berjalan dengan baik. Kehidupan politik dan pemerintahan pada masa itu tidak stabil, akibatnya program-program yang dibuat pemerintah tidak bisa dijalankan dengan baik dan berkesinambungan. Akhirnya demokrasi ini berakhir secara yuridis pada 5 Juli 1959, bersamaan dengan pemberlakuan kembali UUD 1945.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved