Iklan

Iklan

Pertanyaan

Setelah Raja Habsyi mendengar kata utusan itu maka baginda itu pun sangat marahnya bagai api bernyala-nyala dan seperti ular berbelit-belit seraya memandang kiri dan kanan maka baginda pun mengambil prajuritnya yang kembar itu seraya katanya, "Hai Wira Maya dan Wira Santika, pergilah engkau segera-segeralah ke negeri Mesir, ambil olehmu Purti Siti Bagdad." Setelah itu makan Wira Maya dan Wira Santika pun menyembah lalu berjalan ke luar kota maka lalu terbang ke udara menuju negeri Mesir. Maka tiadalah tersebut lagi di jalan maka segeralah ia sampai. Maka Wira Maya dan Wira Santika pun masuk ke dalam puti pada ketika tengah malam ia membaca aji halimun dan sirap. Maka orang dalam puri pun tidurlah seperti akan mati, tiadalah khabaran lagi daripada sebab kena sirap Wira Maya dan Wira Santika itu. Maka Tuan Putri pun sangatlah tidur. Maka Wira Maya dan Wira Santika pun segeralah ia mengambil Tuan Putri itu serta dimasukkannya ke dalam peti maka lalu dibawanya terbang ke udara ke negeri Habsyi. Nilai moral yang terdapat pada kutipan hikayat tersebut adalah ...

Setelah Raja Habsyi mendengar kata utusan itu maka baginda itu pun sangat marahnya bagai api bernyala-nyala dan seperti ular berbelit-belit seraya memandang kiri dan kanan maka baginda pun mengambil prajuritnya yang kembar itu seraya katanya, "Hai Wira Maya dan Wira Santika, pergilah engkau segera-segeralah ke negeri Mesir, ambil olehmu Purti Siti Bagdad."

Setelah itu makan Wira Maya dan Wira Santika pun menyembah lalu berjalan ke luar kota maka lalu terbang ke udara menuju negeri Mesir. Maka tiadalah tersebut lagi di jalan maka segeralah ia sampai. Maka Wira Maya dan Wira Santika pun masuk ke dalam puti pada ketika tengah malam ia membaca aji halimun dan sirap. Maka orang dalam puri pun tidurlah seperti akan mati, tiadalah khabaran lagi daripada sebab kena sirap Wira Maya dan Wira Santika itu. Maka Tuan Putri pun sangatlah tidur. Maka Wira Maya dan Wira Santika pun segeralah ia mengambil  Tuan Putri itu serta dimasukkannya ke dalam peti maka lalu dibawanya terbang ke udara ke negeri Habsyi.

Nilai moral yang terdapat pada kutipan hikayat tersebut adalah ...

  1. Berdoa sebelum mengerjakan sebuah tugas

  2. Mengkhianati kepercayaan yang diberikan seseorang

  3. Kebaikan seseorang dibalas dengan kejahatan

  4. Melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kebaikan

  5. Patuh terhadap perintah pimpinannya

Iklan

H. Utami

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Wira Maya dan Wira Santika merupakan prajurit dari Raja Habsyi. Keduanya sangat patuh terhadap perintah Raja Habsyi. Bahkan, sebelum terbang ke Mesir, Wira Maya dan Wira Santika melakukan sembah kepada Raja Habsyi. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Wira Maya dan Wira Santika merupakan prajurit dari Raja Habsyi. Keduanya sangat patuh terhadap perintah Raja Habsyi. Bahkan, sebelum terbang ke Mesir, Wira Maya dan Wira Santika melakukan sembah kepada Raja Habsyi. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ketika anak perempuannya yang bernama Nining sudah dapat berbicara sedikit-sedikit, Mbok Sutiya menggunakan kesempatan itu untuk menggunakan sedikit pengetahuannya di bidang bahasa dan kesopanan.“Nduk...

18

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia