Iklan

Iklan

Pertanyaan

.... Maka Khoja Bakhti Jamal pun masuk ke dalam lubang itu, dilihatnya di dalam lubang itu ada sesuatu pintu. Di sebalik pintu itu ada sebuah bilik yang diikat dengan batu. Di dalam bilik itu dilihatnya sesuatu dengan pembendaharaan berisi empat puluh buah tempayan, penuh dengan emas. Maka di bawah tempayan berisi emas itu, tempat kedudukan pembendaharaan Karun, tandanya adalah tersurat pada batu di hadapan tempayan berisi emas itu. Setelah Khoja Bakhti Jamal melihat emas itu terlalu banyak, maka ia pun berfikir di dalam hatinya. "Adapun akan harta ini baithulmal, apa gunanya; baiklah aku memberi tahu sahabatku Alkhis Mentri, supaya harta ini dibagikan kepada segala fakir miskin." (Hikayat Amir Hamzah) Nilai moral dari kutipan hikayat tersebut adalah ...

....
Maka Khoja Bakhti Jamal pun masuk ke dalam lubang itu, dilihatnya di dalam lubang itu ada sesuatu pintu. Di sebalik pintu itu ada sebuah bilik yang diikat dengan batu. Di dalam bilik itu dilihatnya sesuatu dengan pembendaharaan berisi empat puluh buah tempayan, penuh dengan emas. Maka di bawah tempayan berisi emas itu, tempat kedudukan pembendaharaan Karun, tandanya adalah tersurat pada batu di hadapan tempayan berisi emas itu.
Setelah Khoja Bakhti Jamal melihat emas itu terlalu banyak, maka ia pun berfikir di dalam hatinya. "Adapun akan harta ini baithulmal, apa gunanya; baiklah aku memberi tahu sahabatku Alkhis Mentri, supaya harta ini dibagikan kepada segala fakir miskin."

(Hikayat Amir Hamzah)

 

Nilai moral dari kutipan hikayat tersebut adalah ...

  1. Memberikan harta temuan kepada yang berhak.

  2. Harta temuan merupakan milik sendiri.

  3. Menjaga harta temuan dari dalam lubang.

  4. Karun orang yang sangat kaya-raya.

  5. Harta Baitulmal tak dapat digunakan

Iklan

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Nilai moral dari kutipan hikayat tersebut dapat dilihat dalam paragraf dua, kalimat terakhir. Khoja Bakti Jamal berniat untuk membagi-bagikan harta tersebut kepada segala kafir miskin. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Nilai moral dari kutipan hikayat tersebut dapat dilihat dalam paragraf dua, kalimat terakhir. Khoja Bakti Jamal berniat untuk membagi-bagikan harta tersebut kepada segala kafir miskin. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Latihan Bab

Mengenal Hikayat

Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Hikayat

Unsur Kebahasaan Hikayat

Menganalisis Hikayat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

353

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ketika anak perempuannya yang bernama Nining sudah dapat berbicara sedikit-sedikit, Mbok Sutiya menggunakan kesempatan itu untuk menggunakan sedikit pengetahuannya di bidang bahasa dan kesopanan.“Nduk...

4rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia