Roboguru

Setelah Perang Dunia II berakhir, Belanda membonce...

Setelah Perang Dunia II berakhir, Belanda membonceng tentara Sekutu untuk kembali ke Indonesia demi melanjutkan penjajahan yang terputus karena pendudukan Jepang

SEBAB

Kehilangan Indonesia menyebabkan prestise pemerintah di mata rakyat Kerajaan Belanda merosot

  1. jika pernyataan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan hubungan sebab-akibat

  2. jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat

  3. jika pernyataan benar, alasan salah

  4. jika pernyataan salah, alasan benar

  5. jika pernyataan dan alasan salah

Jawaban:

Pernyataan salah karena kedatangan Belanda di Indonesia dibonceng oleh AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) bukan memboncengi AFNEI. Setelah berakhirnya Perang Dunia II, AFNEI mendapat tugas untuk mengambil alih situasi di Indonesia. AFNEI yang dibentuk oleh Sekutu berada dibawah langsung pengawasan SEAC. Tugas yang dimiliki AFNEI adalah menjaga keamanan, stabilitas serta penyerahan kekuasaan dari Jepang ke sekutu. Ketika AFNEI datang ke Indonesia NICA (Netherland Indies Civil Administration) turut serta membonceng AFNEI untuk kembali ke Indonesia. Tujuan adalah agar NICA bisa kembali menguasai wilayah Indonesia.

Alasan benar karena ketika Belanda kehilangan Indonesia, prestise pemerintah Belanda di mata rakyatnya menurun. Menurunnya prestise tersebut, dikarenakan masyarakat Belanda menganggap ketika Belanda menguasai Indonesia hal tersebut merupakan pencapaian besar karena pemerintah Belanda dianggap sebagai petualang besar karena telah menjelajah jauh ke dunia timur serta hasil penguasaan ke dunia timur tersebut digunakan untuk membangun negeri Belanda.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved