Pertanyaan

Setelah Kesultanan Demak berkuasa kurang lebih setengah abad, ada beberapa hasil peradaban Demak yang sampai saat ini masih dapat dirasakan, salah satunya adalah himpunan undang-undang dan peraturan. Sultan demak yang menyusun suatu himpunan undang-undang dan peraturan di bidang pelaksanaan hukum yang bernama Salokantara adalah ….

Setelah Kesultanan Demak berkuasa kurang lebih setengah abad, ada beberapa hasil peradaban Demak yang sampai saat ini masih dapat dirasakan, salah satunya adalah himpunan undang-undang dan peraturan. Sultan demak yang menyusun suatu himpunan undang-undang dan peraturan di bidang pelaksanaan hukum yang bernama Salokantara adalah ….  

  1. Raden Patahundefined  

  2. Adipati Unusundefined  

  3. Sultan Trenggonoundefined  

  4. Sunan Prawotoundefined  

  5. Arya Penangsangundefined  

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Raden Patah sang raja pertama telah berhasil mendirikan Demak sebagai kekhalifahan Islam di pulau Jawa. Sang Sultan juga berhasil menyusun kitab undang-undang dan peraturan bernama “Salokantara”. Sebuah aturan hukum dan ketatanegaraan yang menjadi acuan jalannya pemerintahan Demak. Kitab undang-undang yang berlandaskan syariat Islam yang mengakui bahwa semua manusia sama derajatnya, sebagai khalifah Allah di dunia. Sehingga rakyat tak lagi sebagai manusia yang hanya tunduk dan patuh pada raja, namun juga mempunyai jaminan kepastian hukum yang adil untuk mereka. Dan dengan bersandar pada Kitab Salokantara tersebut, raja-raja Demak juga secara sadar dan ikhlas dikontrol oleh kekuasaan Waliyyul Amri. Bahwa jalannya pemerintahan tidak berada dalam genggaman seorang raja yang merasa sebagai titisan dewa, hingga merasa selalu benar dan tak pernah salah. Dengan kepastian hukum itu, Demak telah memperkenalkan daulat hukum dan menjalankannya Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

Raden Patah sang raja pertama telah berhasil mendirikan Demak sebagai kekhalifahan Islam di pulau Jawa. Sang Sultan juga berhasil menyusun kitab undang-undang dan peraturan bernama “Salokantara”. Sebuah aturan hukum dan ketatanegaraan yang menjadi acuan jalannya pemerintahan Demak. Kitab undang-undang yang berlandaskan syariat Islam yang mengakui bahwa semua manusia sama derajatnya, sebagai khalifah Allah di dunia. Sehingga rakyat tak lagi sebagai manusia yang hanya tunduk dan patuh pada raja, namun juga mempunyai jaminan kepastian hukum yang adil untuk mereka. Dan dengan bersandar pada Kitab Salokantara tersebut, raja-raja Demak juga secara sadar dan ikhlas dikontrol oleh kekuasaan Waliyyul Amri. Bahwa jalannya pemerintahan tidak berada dalam genggaman seorang raja yang merasa sebagai titisan dewa, hingga merasa selalu benar dan tak pernah salah. Dengan kepastian hukum itu, Demak telah memperkenalkan daulat hukum dan menjalankannyaundefined  

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.undefined  

131

Iklan

Pertanyaan serupa

Pengaruh budaya Islam pada sistem pemerintahan di Indonesia adalah dipergunakannya gelar sultan sebagai pengganti gelar raja SEBAB Raja yang menggunakan gelar sultan adalah Malik Al-Saleh

146

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia