Pertanyaan

Puncak kemajuan kebudayaan Islam berlangsung selama abad ke-17 M, terutama pada Kesultanan Aceh Darussalam yang diperintah langsung oleh Sultan Iskandar Muda (1636-1641 M). Pada masa itu pusat-pusat pengembangan kebudayaan Islam tersebar di seluruh kerajaan. Hal itu berlanjut sampai saat ini, yang dibuktikan dengan gelar “Serambi Mekkah” pada provinsi Aceh. Latar belakang Aceh disebutsebagai daerah serambi Mekkah menurut analisamu adalah ….

Puncak kemajuan kebudayaan Islam berlangsung selama abad ke-17 M, terutama pada Kesultanan Aceh Darussalam yang diperintah langsung oleh Sultan Iskandar Muda (1636-1641 M). Pada masa itu pusat-pusat pengembangan kebudayaan Islam tersebar di seluruh kerajaan. Hal itu berlanjut sampai saat ini, yang dibuktikan dengan gelar “Serambi Mekkah” pada provinsi Aceh. Latar belakang Aceh disebut sebagai daerah serambi Mekkah menurut analisamu adalah ….

  1. banyaknya penggunaan nama-nama dari budaya Arab yang digunakan oleh masyarakat Kesultanan Aceh

  2. secara keseluruhan kondisi lingkungan Aceh mirip dengan kondisi di Mekkah

  3. berkembangnya mazhab syafi’i yang memiliki kesamaan dengan wilayah Arab

  4. banyaknya pedagang Arab dari Mekkah yang melakukan aktivitas dagang di wilayah Pasai

  5. diterapkannya aturan-aturan hukum Islam sehingga memiliki kesamaan dengan masyarakat Arab Mekkah

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

maka pilihan jawaban yang tepat adalah E

maka pilihan jawaban yang tepat adalah E

Pembahasan

Secara etimologi, serambi artinya beranda dan Mekkah adalah kota di Arab Saudi. Dalam sejarahnya, pada abad 15 Aceh mendapatkan gelar ‘Serambi Mekkah’. Adapun latar belakang Aceh disebut sebagai Serambi Mekkah adalah karena di Aceh aturan-aturan hukum Islam diterapkan sebagaimana yang berlaku di masyarakat Arab Makkah. Ada banyak persamaan antara Aceh saat itu dengan Mekkah. Antara lain: sama-sama Islam, berhukum dengan hukum Islam, seluruh penduduk Mekkah beragama Islam secara kaffah (totalitas), tidak ada campur aduk antara adat kebiasaan dengan ajaran Islam. Sampai saat ini pelaksanaan Syariat Islam masih berlangsung di Aceh. Sebagai contoh, bagi yang terbukti melakukan perbuatan zina maka yang bersangkutan dihukum cambuk 100 kali. Sederhananya gelar ‘Serambi Mekkah’ adalah gelar yang penuh dengan nuansa keagamaan, keimanan, dan ketakwaan. Dengan demikian, maka pilihan jawaban yang tepat adalah E

Secara etimologi, serambi artinya beranda dan Mekkah adalah kota di Arab Saudi. Dalam sejarahnya, pada abad 15 Aceh mendapatkan gelar ‘Serambi Mekkah’. Adapun latar belakang Aceh disebut sebagai Serambi Mekkah adalah karena di Aceh aturan-aturan hukum Islam diterapkan sebagaimana yang berlaku di masyarakat Arab Makkah. Ada banyak persamaan antara Aceh saat itu dengan Mekkah. Antara lain: sama-sama Islam, berhukum dengan hukum Islam, seluruh penduduk Mekkah beragama Islam secara kaffah (totalitas), tidak ada campur aduk antara adat kebiasaan dengan ajaran Islam. Sampai saat ini pelaksanaan Syariat Islam masih berlangsung di Aceh. Sebagai contoh, bagi yang terbukti melakukan perbuatan zina maka yang bersangkutan dihukum cambuk 100 kali. Sederhananya gelar ‘Serambi Mekkah’ adalah gelar yang penuh dengan nuansa keagamaan, keimanan, dan ketakwaan.

Dengan demikian, maka pilihan jawaban yang tepat adalah E

289

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Sultan Ali Mughayat Syah memerintah Kesultanan Aceh Darussalam hanya selama 10 tahun. Kendati masa pemerintahan Sultan Ali Mughayat Syah relatif singkat, namun ia berhasil membangun Kesultanan Aceh ya...

281

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia