Roboguru

Setelah kalian membaca materi, jelaskan mengapa sosiologi memiliki cabang-cabang ilmu sosiologi?

Pertanyaan

Setelah kalian membaca materi, jelaskan mengapa sosiologi memiliki cabang-cabang ilmu sosiologi? 

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah alasan sosiologi memiliki cabang-cabang ilmu sosiologi.

Objek studi sosiologi adalah perilaku manusia dalam masyarakat. Dalam mempelajarinya para sosiolog memiliki pendekatan yang berbeda-beda. Ada sosiolog tertarik mengupas tentang perilaku menyimpang (sosiologi kriminal), ada pula yang tertarik mengupas tentang aspek kehidupan sosial keagamaan (sosiologi agama). Adanya ketertarikan yang berbeda-beda ini menimbulkan berbagai spesialisasi dan sub ilmu (cabang) sosiologi. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penelitian sosial yang membahas mengenai perilaku masyarakat yang rentan menularkan virus corona Wuhan menunjukkan cabang ilmu sosiologi, disebut sosiologi...

Pembahasan Soal:

Poin soal berkaitan dengan cabang dari ilmu sosiologi.   

Sosiologi telah mencapai perkembangan sedemikian rupa sehingga menurut Harsja Bachtiar dapat diuraikan dalam berbagai bidang keahlian khusus, salah satunya sosiologi kesehatan. Sosiologi kesehatan muncul dikarenakan bidang kedokteran memerlukan pemahaman tentang faktor-faktor sosial yang berhubungan dengan pola penyebaran penyakit dalam kelompok-kelompok masyarakat tertentu sehingga muncul disiplin keilmuan yang dinamakan sosiologi kedokteran. Prinsip dasar disiplin sosiologi kesehatan adalah penerapan konsep dan metode disiplin sosiologi dalam mendeskripskan, menganalisis, dan memecahkan masalah kesehatan. 

Soal tersebut membahas peran sosiologi dalam meneliti perilaku masyarakat yang rentan menularkan virus corona. Perilaku masyarakat dalam keseharian akan sangat mempengaruhi arus penularan virus. Fokusnya ialah pada kesehatan kelompok masyarakat. 

Berdasarkan penjabaran tersebut, maka jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Bagaimana hubungan sosiologi dengan ilmu sosial lain?

Pembahasan Soal:

Secara etimologis, sosiologi berasal dari kata socius (Bahasa Latin, artinya kawan atau teman) dan logos (Bahasa Yunani, artinya ilmu). Sosiologi secara harfiah berarti ilmu pengetahuan yang selalu berkaitan dengan bagaimana manusia hidup dengan masyarakatnya.

Hubungan sosiologi dengan ilmu sosial lain: 

  1. Hubungan sosiologi dengan ilmu antropologi, objek kajian sosiologi adalah masyarakat. Masyarakat selalu berkebudayaan. Masyarakat dan kebudayaan tidak sama, tetapi berhubungan sangat erat. Masyarakat menjadi kajian pokok sosiologi dan kebudayaan menjadi kajian pokok antropologi. 
  2. Hubungan sosiologi dengan ilmu sejarah, salah satu metode yang digunakan dalam sosiologi adalah metode historis. Dalam hal ini para sosiolog selalu memberikan persoalan sejarah kepada ahli sejarah sehingga ilmu sejarah dipengaruhi oleh perkembangan sosiologi. 
  3. Hubungan sosiologi dengan ilmu politik, Ilmu politik mempelajari satu sisi kehidupan masyarakat yang menyangkut soal kekuasaan meliputi upaya memperoleh kekuasaan, mempertahankan kekuasaan, dan bagaimana menghambat penggunaan kekuasaan. 
  4. Hubungan sosiologi dengan ilmu ekonomi, Ilmu ekonomi mempelajari usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan yang beraneka ragam dengan keterbatasan barang dan jasa yang tersedia. 

0

Roboguru

Jelaskan keistimewaan sosiologi dibanding ilmu lainnya dalam penelitian sosial!

Pembahasan Soal:

Sosiologi sebagai ilmu dalam penelitian sosial memiliki keistimewaan sebagai berikut.

  1. Objek penelitian sosiologi mengacu hampir seluruh aspek kehidupan manusia, terutama aspek yang berhubungan dengan interaksi antarmanusia dalam masyarakat.
  2. Tugas sosiologi adalah mencari dan menemukan data faktual tentang kebenaran yang terlepas dari nilai-nilai subjektif. Informasi sosiologi yang disajikan senantiasa ditemukan melalui metode-metode ilmiah yang sudah teruji.
  3. Sosiologi dalam penelitian tentang tindakan sosial dalam masyarakat selalu bersandar pada interpretasi yang logis, objek diutamakan pada situasi yang dialami, diketahui dan dilihat, sehingga asumsi-asumsinya dapat dibuktikan.
  4. Penelitian sosiologis lebih mengutamakan hasil yang objektif serta bebas dari kecenderungan baik dan buruk.undefined 

0

Roboguru

Sebutkan ajaran ”wulang reh” yang berkaitan dengan pengetahuan sosiologi!

Pembahasan Soal:

Poin soal menanyakan hubungan sosiologi dengan ilmu sejarah. Ajaran ”Wulang Reh” yang diciptakan oleh Sri Paduka Mangkunegoro IV dari Surakarta, antara lain mengajarkan tata hubungan antara para anggota-anggota masyarakat Jawa yang berasal dari golongan-golongan yang berbeda. Ajaran ini banyak mengandung aspek-aspek sosiologi, terutama dalam bidang intergroup relations.undefined 

0

Roboguru

Ilmu sosiologi sekarang diturunkan dari ilmu ...

Pembahasan Soal:

Poin soal adalah ilmu pengetahuan yang menjadi induk lahirnya sosiologi.

Pada dasarnya, ilmu pengetahuan bersumber dari filsafat. Filsafat berkembang dan mempunyai berbagai cabang ilmu pengetahuan. Sesuai dengan perkembangan zaman, masing-masing cabang ilmu pengetahuan memisahkan diri dan berkembang untuk mencapai tujuannya masing-masing. Sosiologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang diturunkan dari filsafat.

Pada masa keemasan filsafat Yunani, sosiologi dipandang sebagai bagian tentang kehidupan bersama secara filsafat. Pada saat itu, Plato dalam masa pencariannya tentang makna negara dan memperoleh rumusan teori organis bahwa masyarakat mencakup kehidupan sosial dan ekonomi, yang artinya institusi-institusi dalam masyarakat saling bergantung secara fungsional. Seiring perkembangan zaman, akhirnya, pada abad ke-19, sosiologi memisahkan diri dari filsafat yang ditandai dengan terbitnya tulisan Auguste Comte berjudul "Positive Philosophy" dan sekaligus menjadi awal lahirnya sosiologi sebagai ilmu pengetahuan. Dengan demikian, ilmu sosiologi merupakan turunan dari ilmu filsafat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved