Roboguru

Jelaskan keistimewaan sosiologi dibanding ilmu lainnya dalam penelitian sosial!

Pertanyaan

Jelaskan keistimewaan sosiologi dibanding ilmu lainnya dalam penelitian sosial!undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Sosiologi sebagai ilmu dalam penelitian sosial memiliki keistimewaan sebagai berikut.

  1. Objek penelitian sosiologi mengacu hampir seluruh aspek kehidupan manusia, terutama aspek yang berhubungan dengan interaksi antarmanusia dalam masyarakat.
  2. Tugas sosiologi adalah mencari dan menemukan data faktual tentang kebenaran yang terlepas dari nilai-nilai subjektif. Informasi sosiologi yang disajikan senantiasa ditemukan melalui metode-metode ilmiah yang sudah teruji.
  3. Sosiologi dalam penelitian tentang tindakan sosial dalam masyarakat selalu bersandar pada interpretasi yang logis, objek diutamakan pada situasi yang dialami, diketahui dan dilihat, sehingga asumsi-asumsinya dapat dibuktikan.
  4. Penelitian sosiologis lebih mengutamakan hasil yang objektif serta bebas dari kecenderungan baik dan buruk.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apakah perbedaan sosiologi dan antropologi ?

Pembahasan Soal:

Antropologi berasal dari bahasa Yunani anthropos yang berarti manusia dan logos yang berarti wacana (bernalar, berakal) atau disebut pengetahuan. sementara sosiologi berasal dari kata latin socius yang berati kawan atau teman, dan kata Yunani yaitu logos yang memiliki arti pengetahuan.

Dari arti kata antropologi itu dapat diartikan  suatu studi yang mempelajari tentang kehidupan manusia baik dari segi fisik, sosial dan budayanya. Sebagai salah satu cabang ilmu antropologi juga sebuah studi yang mempelajari tentang budaya yang ada pada kalangan masyarakat dalam suatu etnis tertentu. Antropologi lebih juga menitikberatkan pada personal dan penduduk yang merupakan masyarakat tunggal. tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama.

Sedangkan sosiologi adalah pengetahuan atau ilmu tentang sifat masyarakat, perilaku masyarakat, dan perkembangan masyarakat. Sosiologi merupakan cabang Ilmu Sosial yang mempelajari masyarakat dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dan studi sosiologi ini lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya.

Dari pengertian antara antropologi dan sosiologi dapat diketahui bahwa letak perbedaannya yaitu  pada studi antropologi juga berpusat pada kajian objek studinya terhadap manusia(individu). Berbeda dengan studi sosiologi yang memusatkan kajian objek studinya terhadap masyarakat dilihat dari hubungan sosial, gejala dan fenomenanya. space space space space

space space 

1

Roboguru

Sebutkan ajaran ”wulang reh” yang berkaitan dengan pengetahuan sosiologi!

Pembahasan Soal:

Poin soal menanyakan hubungan sosiologi dengan ilmu sejarah. Ajaran ”Wulang Reh” yang diciptakan oleh Sri Paduka Mangkunegoro IV dari Surakarta, antara lain mengajarkan tata hubungan antara para anggota-anggota masyarakat Jawa yang berasal dari golongan-golongan yang berbeda. Ajaran ini banyak mengandung aspek-aspek sosiologi, terutama dalam bidang intergroup relations.undefined 

0

Roboguru

Contoh yang memperlihatkan perbedaan sosiologi dengan ilmu pengetahuan lain adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada dasarnya seorang sosiolog sama dengan para ilmuan dibidang sosial lainnya yang mempelajari tentang perilaku sosial dan perubahan sosial. Hal ini dikemukakan oleh Andersen, 2007. Hal yang menjadikan sosiologi berbeda dengan studi ilmu lainnya adalah perspektif disiplin ilmu terhadap objek kajian yang ada di dalamnya. 

Berdasarkan pemaparan yang ada, maka jawaban yang tepat adalah D.

2

Roboguru

Penelitian sosial yang membahas mengenai perilaku masyarakat yang rentan menularkan virus corona Wuhan menunjukkan cabang ilmu sosiologi, disebut sosiologi...

Pembahasan Soal:

Poin soal berkaitan dengan cabang dari ilmu sosiologi.   

Sosiologi telah mencapai perkembangan sedemikian rupa sehingga menurut Harsja Bachtiar dapat diuraikan dalam berbagai bidang keahlian khusus, salah satunya sosiologi kesehatan. Sosiologi kesehatan muncul dikarenakan bidang kedokteran memerlukan pemahaman tentang faktor-faktor sosial yang berhubungan dengan pola penyebaran penyakit dalam kelompok-kelompok masyarakat tertentu sehingga muncul disiplin keilmuan yang dinamakan sosiologi kedokteran. Prinsip dasar disiplin sosiologi kesehatan adalah penerapan konsep dan metode disiplin sosiologi dalam mendeskripskan, menganalisis, dan memecahkan masalah kesehatan. 

Soal tersebut membahas peran sosiologi dalam meneliti perilaku masyarakat yang rentan menularkan virus corona. Perilaku masyarakat dalam keseharian akan sangat mempengaruhi arus penularan virus. Fokusnya ialah pada kesehatan kelompok masyarakat. 

Berdasarkan penjabaran tersebut, maka jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Sebutkanlah Fokus perhatian Ilmu – Ilmu Sosial : Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Antropologi, Politik dan Fsiko Sosial?

Pembahasan Soal:

Fokus perhatian Ilmu-ilmu Sosial berikut adalah:

  1. Sejarah - Waktu
  2. Geografi - Ruang 
  3. Ekonomi - Kelangkaan (Scarcity) kebutuhan hidup
  4. Sosiologi - Masyarakat
  5. Antropologi - Kebudayaan 
  6. Politik - Kekuasaan dan Kekuatan 
  7. Psikologi - Kejiwaan, kepribadian space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved