Roboguru

Setelah Indonesia merdeka, kembali sekutu masuk ke Indonesia dengan membonceng NICA dan bangsa Indonesia menghadapi dengan dua cara yaitu: Melalui diplomasi/perundingan Perjuangan fisik/ peperangan Carilah bentuk perjanjian atau perundingan antara sekutu Belanda dengan Indonesia. Tuliskan juga dengan isinya...

Pertanyaan

Setelah Indonesia merdeka, kembali sekutu masuk ke Indonesia dengan membonceng NICA dan bangsa Indonesia menghadapi dengan dua cara yaitu:

  1. Melalui diplomasi/perundingan
  2. Perjuangan fisik/ peperangan

Carilah bentuk perjanjian atau perundingan antara sekutu Belanda dengan Indonesia. Tuliskan juga dengan isinya...

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

  1. Perjanjian Linggarjati, pimpinan negara Inggris menyadari bahwa sengketa Indonesia dengan Belanda tidak mungkin diselesaikan melalui peperangan.karena itu Inggris berusaha mempertemukan kedua belah pihak dalam meja perundingan pada tanggal 10 November 1946 ,diadakan perundingan antara Indonesia dan Belanda .perundingan ini dilaksanakan di Linggarjati .Linggarjati terletak di sebelah Selatan Cirebon .dalam perundingan itu pihak Indonesia dipimpin oleh Perdana Menteri Sutan Syahrir .delegasi Belanda dipimpin oleh Van Mook . pada tanggal 15 November 1946 naskah hasil perundingan diumumkan dan ditandatangani kedua belah pihak .secara resmi naskah hasil perundingan itu ditandatangani oleh pemerintah Indonesia dan Belanda pada tanggal 25 maret 1947.oleh karena perundingan tersebut dilaksanakan di Linggarjati maka hasil perundingan terkenal dengan nama Perjanjian Linggarjati .hasil Perjanjian Linggarjati sangat merugikan Indonesia karena wilayah Indonesia menjadi sempit .
  2. Perjanjian Renville, pada tanggal 1 Agustus 1947 dewan keamanan PBB memerintahkan agar kedua belah pihak menghentikan tembak-menembak .akhirnya pada tanggal 4 Agustus 1947 Belanda mengumkan gencatan senjata gencatan senjata adalah penghentian tembak menembak diantara pihak yang berperang . PBB membantu menyelesaikan sengketa antara Indonesia dan Belanda dengan membentuk komisi tiga negara (KTN) yang terdiri atas Australia, dipilih oleh Indonesia, Belgia, dipilih oleh Belanda, Amerika Serikat dipilih oleh Australia dan Belgia.
  3. Perjanjian Roem-royen, perjanjian Roem-Royen disetujui di Jakarta pada tanggal 7 Mei 1949. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Mr. Moh. Rum,sedagkan pihak belanda dipimpin oleh dr. van royen. anggota Delegasi Indonesia lain adalah Drs Moh Hatta dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX.sebagai tindak lanjut dari perjanjian roem-royen, maka pada tanggal 23 agustus - 2 november 1949 diadakan KMB (konferensi meja bundar), hasil KMB sangat memuaskan rakyat indonesia karna Belanda telah gagal menguasai Indonesia.

Dengan demikian,

  1. Isi Perjanjian Linggarjati   (15 November 1946 - 25 Maret 1947): Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera dan Madura, Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 Januari 1949, Pihak Belanda dan Indonesia Sepakat membentuk negara RIS, Dalam bentuk RIS Indonesia harus tergabung dalam Commonwealth /Persemakmuran Indonesia-Belanda dengan mahkota negeri Belanda sebagai kepala Uni.
  2. Isi Perjanjian Renville (8 Desember 1947 - 17 Januari 1948): Belanda hanya mengakui Jawa tengah, Yogyakarta, dan Sumatera sebagai bagian wilayah Republik Indonesia, Disetujuinya sebuah garis demarkasi yang memisahkan wilayah Indonesia dan daerah pendudukan Belanda, TNI harus ditarik mundur dari daerah-daerah kantongnya di wilayah pendudukan di Jawa Barat dan Jawa Timur Indonesia di Yogyakarta.
  3. Isi Perjanjian Roem Royen (14 April 1949 - 7 Mei 1949): Angkatan bersenjata Indonesia akan menghentikan semua aktivitas gerilya, Pemerintah Republik Indonesia akan menghadiri Konferensi Meja Bundar, Pemerintah Republik Indonesia dikembalikan ke Yogyakarta, Angkatan bersenjata Belanda akan menghentikan semua operasi militer dan membebaskan semua tawanan perang.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan perundingan apa saja yang dilakukan setelah proklamasi!

Pembahasan Soal:

Pasca merdeka, bangsa Indonesia masih harus berjuang mempertahankan kemerdekaan dalam melawan agresi Belanda dan sekutu. Salah satu upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan cara diplomasi. Diplomasi yang pernah terjadi pasca kemerdekaan, yakni Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem-Royen, dan Konferensi Meja Bundar.

Dengan demikian perjuangan diplomasi yang pernah terjadi pasa kemerdekaan adalah Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem-Royen, dan Konferensi Meja Bundar.

0

Roboguru

Sebutkan perjanjian internasional yang pernah dilakukan oleh pemerintah negara Indonesia dengan negara lain. Berikan contoh nyata !

Pembahasan Soal:

Sebagai sebuah negara yang menjalin hubungan internasional dengan negara lain, Indonesia melakukan berbagai perjanjian internasional. Perjanjian-perjanjian ini dilakukan semata-mata untuk kepentingan rakyat Indonesia, berikut ini beberapa contoh perjanjian yang pernah dilakukan oleh Indonesia dengan negara lain.

  1. Perjanjian Linggarjati Dengan Belanda. 

    Perjanjian Linggarjati adalah salah satu perjanjian internasional yang pernah dilakukan Indonesia dan menjadi perjanjian internasional yang sangat populer sampai saat ini. Perjanjian ini dilakukan di Istana Merdeka Jakarta dan ada beberapa keputusan penting yang dihasilkan dari perjanjian ini yaitu pengakuan secara de facto 3 wilayah Indonesia oleh Belanda. Wilayah de facto yang dimaksud adalah wilayah Jawa, wilayah Sumatera dan wilayah Madura.

  2. Perjanjian Renville.

    Perjanjian Internasional Indonesia ini menjadi salah satu bentuk kerjasama yang sangat fenomenal, karena dilakukan diatas geladak kapal perang dari Amerika Serikat. Perjanjian ini dilakukan oleh Indonesia dan juga Belanda. Salah satu isi perjanjian ini adalah persetujuan Belanda yang hanya mengakui 3 wilayah resmi Indonesia yaitu Yogyakarta, Sumatera dan Jawa Tengah.

  3. Perjanjian Roem-Royen.

    Perjanjian antara Indonesia dan Belanda ini diselenggarakan di Hotel Des Indes yang ada di Batavia. Salah satu isi perjanjian ini adalah pengembalian pemerintah Indonesia ke Yogyakarta dan sesuai dengan fungsi perjanjian internasional yang mengharuskan sebuah perjanjian menguntungkan kedua belah pihak yang membuat perjanjian.

Dengan demikian perjanjian internasional yang pernah dilakukan oleh pemerintah negara Indonesia dengan negara lain antaralain Perjanjian Linggarjati Dengan Belanda, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem-Royen.

0

Roboguru

Perjuangan Bangsa Indonesia dalam mempertahankan NKRI tidak hanya di lakukan secara fisik saja tetapi juga di lakukan melalui jalur diplomasi. Coba kalian sebutkan 2 contoh perjuangan yang dimaksud!

Pembahasan Soal:

Perjuangan Bangsa Indonesia dalam mempertahankan NKRI tidak hanya di lakukan secara fisik saja tetapi juga di lakukan melalui jalur diplomasi.

Perjuangan Diplomasi berkebalikan dengan perjuangan fisik karena lebih mengutamakan perundingan, menarik simpati dunia internasional, serta menghasilkan kesepakatan. Diplomasi sama sekali tidak menggunakan kekuatan senjata sehingga tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan.

Berikut ini merupakan contoh perjuangan diplomasi yang pernah dilakukan Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan yaitu: Perundingan Linggarjati dan Perundingan Renville.space

Dengan demikian, dua contoh perjuangan diplomasi yang pernah dilakukan Indonesia adalah Perundingan Linggarjati dan Perundingan Renville.space

0

Roboguru

Berikut adalah hasil kesepakatan Perundingan Roem Royen ….

Pembahasan Soal:

Perundingan Roem Royen berhasil terselenggara pada 14 April 1949 dan ditandatangani pada 7 Mei 1949 dengan menghasilkan kesepakatan sebagai berikut:

  1. Pengembalian Pemerintah RI ke Yogyakarta dilaksanakan pada 24 juni 1949.undefined 
  2. Pasukan Belanda akan ditarik mundur dari Yogyakarta pada 1 Juli 1949.undefined 
  3. Pemerintah RI kembali ke Yogyakarta setelah TNI menguasai keadaan sepenuhnya di daerah itu.undefined 
  4. Mengenai penghentian permusuhan akan dibahas setelah kembalinya pemerintah RI ke Yogyakarta.undefined 
  5. Konferensi Meja Bundar diusulkan akan dilaksanakan di Den Haag, Belanda.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! Pemerintah Indonesia dikembalikan ke Yogyakarta Belanda hanya mengakui kedaulatan atas Jawa, Madura dan Sumatera Menghentikan gerakan militer dan mengemb...

Pembahasan Soal:

Perjanjian Roem-Royen diambil dari nama belakang pemimpin delegasi kedua belah pihak, yakni Mohammad Roem dari Indonesia dan Herman van Roijen dari Belanda. Perjanjian ini dimulai dari tanggal 14 April 1949 dan akhirnya disepakati dan ditandatangani pada 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta. Hal yang melatarbelakangi dibuatnya perjanjian ini adalah adanya serangan Belanda ke Yogyakarta dan juga berhasilnya Serangan Umum I yang dilakukan pasca proklamasi kemerdekaan. Selain itu, Belanda juga menahan para pemimpin Indonesia dan menuai kecaman dunia internasional, terutama Amerika Serikat dan Dewan PBB. Akhirnya, setelah didesak tekanan dari luar negeri, perundingan Roem Royen pun dilaksanakan di bawah pengawasan UNCI (United Nations Commission for Indonesia) perubahan dari KTN (Komisi Tiga Negara). Isi Perjanjian Roem-Royen adalah sebagai berikut.

  1. Belanda menyetujui kembalinya pemerintah RI ke Yogyakarta. Belanda menjamin penghentian gerakan-gerakan militer dan membebaskan semua tahanan politik.
  2. Tidak akan mendirikan atau mengakui negara-negara yang ada di daerah yang dikuasai oleh RI sebelum tanggal 19 Desember 1949 dan tidak akan meluaskan negara atau daerah dengan merugikan RI.
  3. Menyetujui adanya RI sebagai bagian dari Negara Indonesia Serikat.
  4. Serta berusaha dengan sungguh-sungguh supaya Konferensi Meja Bundar segera diadakan sesudah pemerintah RI kembali ke Yogyakarta.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved