Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan perjanjian internasional yang pernah dilakukan oleh pemerintah negara Indonesia dengan negara lain. Berikan contoh nyata !

Sebutkan perjanjian internasional yang pernah dilakukan oleh pemerintah negara Indonesia dengan negara lain. Berikan contoh nyata !

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perjanjian internasional yang pernah dilakukan oleh pemerintah negara Indonesia dengan negara lain antaralainPerjanjian Linggarjati Dengan Belanda,Perjanjian Renville,Perjanjian Roem-Royen.

 perjanjian internasional yang pernah dilakukan oleh pemerintah negara Indonesia dengan negara lain antaralain Perjanjian Linggarjati Dengan Belanda, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem-Royen.

Iklan

Pembahasan

Sebagai sebuah negara yang menjalin hubungan internasional dengan negara lain, Indonesia melakukan berbagai perjanjian internasional. Perjanjian-perjanjian ini dilakukan semata-mata untuk kepentingan rakyat Indonesia, berikut ini beberapa contoh perjanjian yang pernah dilakukan oleh Indonesia dengan negara lain. Perjanjian Linggarjati Dengan Belanda. Perjanjian Linggarjati adalah salah satu perjanjian internasional yang pernah dilakukan Indonesia dan menjadi perjanjian internasional yang sangat populer sampai saat ini. Perjanjian ini dilakukan di Istana Merdeka Jakarta dan ada beberapa keputusan penting yang dihasilkan dari perjanjian ini yaitu pengakuan secara de facto 3 wilayah Indonesia oleh Belanda. Wilayah de facto yang dimaksud adalah wilayah Jawa, wilayah Sumatera dan wilayah Madura. Perjanjian Renville. Perjanjian Internasional Indonesia ini menjadi salah satu bentuk kerjasama yang sangat fenomenal, karena dilakukan diatas geladak kapal perang dari Amerika Serikat. Perjanjian ini dilakukan oleh Indonesia dan juga Belanda. Salah satu isi perjanjian ini adalah persetujuan Belanda yang hanya mengakui 3 wilayah resmi Indonesia yaitu Yogyakarta, Sumatera dan Jawa Tengah. Perjanjian Roem-Royen. Perjanjian antara Indonesia dan Belanda ini diselenggarakan di Hotel Des Indes yang ada di Batavia. Salah satu isi perjanjian ini adalah pengembalian pemerintah Indonesia ke Yogyakarta dan sesuai dengan fungsi perjanjian internasional yang mengharuskan sebuah perjanjian menguntungkan kedua belah pihak yang membuat perjanjian. Dengan demikianperjanjian internasional yang pernah dilakukan oleh pemerintah negara Indonesia dengan negara lain antaralainPerjanjian Linggarjati Dengan Belanda,Perjanjian Renville,Perjanjian Roem-Royen.

Sebagai sebuah negara yang menjalin hubungan internasional dengan negara lain, Indonesia melakukan berbagai perjanjian internasional. Perjanjian-perjanjian ini dilakukan semata-mata untuk kepentingan rakyat Indonesia, berikut ini beberapa contoh perjanjian yang pernah dilakukan oleh Indonesia dengan negara lain.

  1. Perjanjian Linggarjati Dengan Belanda. 

    Perjanjian Linggarjati adalah salah satu perjanjian internasional yang pernah dilakukan Indonesia dan menjadi perjanjian internasional yang sangat populer sampai saat ini. Perjanjian ini dilakukan di Istana Merdeka Jakarta dan ada beberapa keputusan penting yang dihasilkan dari perjanjian ini yaitu pengakuan secara de facto 3 wilayah Indonesia oleh Belanda. Wilayah de facto yang dimaksud adalah wilayah Jawa, wilayah Sumatera dan wilayah Madura.

  2. Perjanjian Renville.

    Perjanjian Internasional Indonesia ini menjadi salah satu bentuk kerjasama yang sangat fenomenal, karena dilakukan diatas geladak kapal perang dari Amerika Serikat. Perjanjian ini dilakukan oleh Indonesia dan juga Belanda. Salah satu isi perjanjian ini adalah persetujuan Belanda yang hanya mengakui 3 wilayah resmi Indonesia yaitu Yogyakarta, Sumatera dan Jawa Tengah.

  3. Perjanjian Roem-Royen.

    Perjanjian antara Indonesia dan Belanda ini diselenggarakan di Hotel Des Indes yang ada di Batavia. Salah satu isi perjanjian ini adalah pengembalian pemerintah Indonesia ke Yogyakarta dan sesuai dengan fungsi perjanjian internasional yang mengharuskan sebuah perjanjian menguntungkan kedua belah pihak yang membuat perjanjian.

Dengan demikian perjanjian internasional yang pernah dilakukan oleh pemerintah negara Indonesia dengan negara lain antaralain Perjanjian Linggarjati Dengan Belanda, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem-Royen.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

14

Aliyana Nisa Jatmiko

Jawaban tidak sesuai

MADE DWI PARTA WINATA

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan perundingan apa saja yang dilakukan setelah proklamasi!

19

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia