Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seseorang yang memiliki kedudukan tinggi di perusahaan dalam stratifikasi sosial adalah...

Seseorang yang memiliki kedudukan tinggi di perusahaan dalam stratifikasi sosial adalah... 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

apabila seseorang sudah menduduki jabatan tertinggi di perusahan maka dia mengalami adanya stratifikasi terbuka di perusahaan. Artinya adalah kedudukan di perusahaan bisa dicapai oleh setiap orang apabila mereka mau berusaha keras dalam bekerja.

apabila seseorang sudah menduduki jabatan tertinggi di perusahan maka dia mengalami adanya stratifikasi terbuka di perusahaan. Artinya adalah kedudukan di perusahaan bisa dicapai oleh setiap orang apabila mereka mau berusaha keras dalam bekerja. undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Stratifikasi sosial adalahperbedaan vertikal yang memicu munculnya hierarki dan kelas-kelas sosial di masyarakat. Dalam stratifikasi sosial masyarakat terbentuk berdasarkan kekayaan, kekuasaan, keturunan, dan pendidikanyang dimiliki oleh seorang individu sehingga haldari ketiga hal tersebut menentukan kelas-kelas sosial atau stratifikasi sosial masyarakat dalam lingkungan sosial. Stratifikasi sosial dalam kehidupan masyarakat itu dibentuk sesuai dengan sistem-sistem dalam suatu kelompok masyarakat, sehingga akan mempengaruhi perpindahan startifikasi masyarakat, seperti stratifikasi tertutup, stratifikasi campuran, dan stratifikasi sosial terbuka. Jika dilihat pada soal diatas sudah menunjukkan stratifikasi sosial terbuka atau dikenal dengan open social stratification adalah terbentukan jejaring kehidupan di masyarakat yang mana setiap bagian anggota masyarakat mempunyai kesempatan untuk berusaha dengan kecakapannya sendiri menuju ke lapisan yang lebih tinggi. Sehingga, apabila seseorang sudah menduduki jabatan tertinggi di perusahan maka dia mengalami adanya stratifikasi terbuka di perusahaan. Artinya adalah kedudukan di perusahaan bisa dicapai oleh setiap orang apabila mereka mau berusaha keras dalam bekerja.

Stratifikasi sosial adalah perbedaan vertikal yang memicu munculnya hierarki dan kelas-kelas sosial di masyarakat. Dalam stratifikasi sosial masyarakat terbentuk berdasarkan kekayaan, kekuasaan, keturunan, dan pendidikan yang dimiliki oleh seorang individu sehingga haldari ketiga hal tersebut menentukan kelas-kelas sosial atau stratifikasi sosial masyarakat dalam lingkungan sosial. Stratifikasi sosial dalam kehidupan masyarakat itu dibentuk sesuai dengan sistem-sistem dalam suatu kelompok masyarakat, sehingga akan mempengaruhi perpindahan startifikasi masyarakat, seperti stratifikasi tertutup, stratifikasi campuran, dan stratifikasi sosial terbuka. 

Jika dilihat pada soal diatas sudah menunjukkan stratifikasi sosial terbuka atau dikenal dengan open social stratification adalah terbentukan jejaring kehidupan di masyarakat yang mana setiap bagian anggota masyarakat mempunyai kesempatan untuk berusaha dengan kecakapannya sendiri menuju ke lapisan yang lebih tinggi. Sehingga, apabila seseorang sudah menduduki jabatan tertinggi di perusahan maka dia mengalami adanya stratifikasi terbuka di perusahaan. Artinya adalah kedudukan di perusahaan bisa dicapai oleh setiap orang apabila mereka mau berusaha keras dalam bekerja. undefined 

Latihan Bab

Mengenal Gejala Sosial di Masyarakat

Status Sosial Sebagai Komponen Struktur Sosial

Peranan Sebagai Komponen Struktur Sosial

Diferensiasi Sosial Sebagai Komponen Struktur Sosial

4rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Konsekuensi-konsekuensi akibat startifikasi sosial, antara lain . . ., . . ., . . ., dan ....

5rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia