Roboguru

Seorang siswa meneliti pertumbuhan 42 biji kacang kedelai hasil iradiasi. Biji hasil iradiasi ditanam pada keadaan yang sama. Data yang diperoleh dari hasil penelitian adalah: 20 biji tumbuh dengan baik (warna daun tetap hijau) 17 biji tumbuh kurang baik (warna daun kuning) 5 biji tidak tumbuh. Buat tabel persentase dari data tersebut, kemudian buat diagram yang sesuai!

Pertanyaan

Seorang siswa meneliti pertumbuhan 42 biji kacang kedelai hasil iradiasi. Biji hasil iradiasi ditanam pada keadaan yang sama. Data yang diperoleh dari hasil penelitian adalah:

  1. 20 biji tumbuh dengan baik (warna daun tetap hijau)
  2. 17 biji tumbuh kurang baik (warna daun kuning)
  3. 5 biji tidak tumbuh.

Buat tabel persentase dari data tersebut, kemudian buat diagram yang sesuai! 

Pembahasan Soal:

Dalam sebuah penelitian nantinya kita akan memperoleh data yang akan dianalisis agar mendapatkan hasil penelitiannya. Data penelitian ada dua jenis, salah satunya adalah data kuantitatif yang berupa angka atau bilangan. Pada soal, terdapat data kuantitatif karena ada angka yang merujuk kepada total biji yang tumbuh. Agar mudah untuk dilihat ataupun dianalisis kedepannya, maka data tersebut harusnya disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Contoh tabel dan diagram berdasarkan data hasil penelitian di atas dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Handoko

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jika dalam penelitian tanaman anthophyta kita menghitung jumlah bunga, hasil pengamatan tersebut dinamakan....

Pembahasan Soal:

Dalam melakukan peneltian, nantinya kita akan mendapatkan data penelitian, dapat berupa data kualitatif dan kuantitatif. Pada soal, dapat dilihat bahwa tanaman antophyta memiliki bunga berjumlah tiga. Sehingga, dapat diketahui bahwa data tersebut masuk ke dalam data kuantitatif karena dapat dinyatakan dalam angka dan dapat diukur. 

Jadi, hasil pengamatan pada soal merupakan bentuk data kuantitatif.

0

Roboguru

Pasangan yang tepat antara jenis data dan contohnya dalam tabel berikut adalah ....

Pembahasan Soal:

Ketika melakukan suatu penelitian ilmiah yang membutuhkan suatu rangkaian riset untuk memperoleh sebuah data penelitian, maka kita dapat mengklasifikasikan data penelitian ke dalam 2 jenis yaitu :

  1. Data kuantitatif, data yang dapat diukur dan dihitung karena hasilnya berupa angka-angka serta hasilnya dapat disajikan dalam bentuk tabel dan diagram.
  2. Data kualitatif, data yang tidak dapat dihitung karena hasilnya berupa kualitas objek yang diuji serta hasilnya dapat disajikan dalam bentuk penjelasan deskriptif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Berikut ini yang merupakan contoh data hasil percobaan yang tepat adalah ....

Pembahasan Soal:

Metode ilmiah adalah suatu pendekatan sistematis dalam mencari ilmu pengetahuan atau menjawab pertanyaan penelitian yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu dimulai dengan melakukan observasi terhadap suatu fenomena atau gejala, identifikasi dan formulasi masalah berdasarkan observasi tadi, menyusun hipotesis, melakukan penelitian untuk menguji hipotesis, dan menarik kesimpulan.  Hasil penelitian dengan metode ini adalah data yang objektif, tidak dipengaruhi subjektivitas ilmuwan peneliti dan universal (dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja akan memberikan hasil yang sama). Contoh dari hasil data percobaan yang tepat seperti Rata-rata tinggi tumbuhan jagung yang diberi pupuk urea 2 gram, 4 gram, 6 gram adalah 35 cm, 42 cm, dan 38 cm.

Jadi, jawaban yang benar adalah E 

0

Roboguru

Suatu percobaan fermentasi singkong menjadi tape oleh jamur Saccharomyces cerreviceae (ragi) 0,5 % diperoleh kadar etanol 38% adalah termasuk data... .

Pembahasan Soal:

Berdasarkan ilustrasi pada soal, data kadar etanol 38% termasuk ke dalam kategori data kuantitatif.  Data kuantitatif merupakan jenis data penelitian yang dapat diukur secara langsung sebagai variabel angka atau bilangan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Deskripsi hasil pengamatan terhadap objek biologi dengan indra penglihatan adalah ....

Pembahasan Soal:

Dengan menggunakan indra penglihatan, kita bisa mengamati bentuk, ukuran, dan warna. Sedangkan bau diamati oleh indra penciuman, rasa diamati oleh indra pengecap, dan suara diamati oleh indra pendengar.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved