Roboguru

Seorang siswa melakukan percobaan tentang pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan. Jenis tumbuhan, wadah, dan media sama. Perconaan I ditempatkan pada daerah terang. Percobaan II ditempatkan pada daerah remang-remang. Percobaan III ditempatkan pada daerah gelap. Masing-masing percobaan dilakukan pengukuran setiap hari selama satu minggu. Alasan siswa melakukan percobaan dengan perlakuan yang berbda adalah untuk membuktikan bahwa ...

Pertanyaan

Seorang siswa melakukan percobaan tentang pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan. Jenis tumbuhan, wadah, dan media sama. Perconaan I ditempatkan pada daerah terang. Percobaan II ditempatkan pada daerah remang-remang. Percobaan III ditempatkan pada daerah gelap. Masing-masing percobaan dilakukan pengukuran setiap hari selama satu minggu.

Alasan siswa melakukan percobaan dengan perlakuan yang berbda adalah untuk membuktikan bahwa ...

  1. laju pertumbuhan berbanding lurus dengan kenaikan intensitas cahaya

  2. cahaya tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan tumbuhan

  3. makin gelap cahaya, pertumbuhan tumbuhan makin lambat

  4. cahaya dapat mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan

  5. pertumbuhan tumbuhan tidak memerlukan cahaya

Pembahasan Soal:

Siswa tersebut memberikan tiga perlakuan yang berbeda pada setiap
tanaman percobaan. Perbedaan perlakuan berupa intensitas cahaya baik
yang terang, remang-remang, maupun gelap. Adanya perlakuan yang
berbeda kemungkinan akan menghasilkan respon pertumbuhan
tanaman yang berbeda. Tanaman yang ditumbuhkan ditempat gelap
cenderung lebih cepat tumbuh karena adanya cahaya dapat
menghambat kerja hormon auksin. Namun pertumbuhan tanaman
ditempat gelap cenderung etiolasi (kondisi tumbuhan lemah, batang
tidak kokoh, daun kecil dan tumbuhan tampak pucat.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 18 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan rencana penelitian di bawah ini! Ani ingin mengetahui apakah ekstrak daun jambu dapat mengawetkan agar-agar yang dibuatnya. Untuk mengetahui hal tersebut, ia menambahkan ekstak daun jambu d...

Pembahasan Soal:

Dalam melakukan penelitian menggunakan metode ilmiah, terdapat salah satu langkah yaitu membuat hipotesis. Hipotesis adalah dugaan sementara dari masalah yang akan diteliti. Hipotesis yang dapat dibuat dari rencana penelitian pada soal adalah "Daun jambu berpengaruh terhadap keawetan agar-agar". 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Bagaimana hipotesis dilakukan dalam metode ilmiah?

Pembahasan Soal:

Setelah menentukan masalah, langkah selanjutnya dalam metode ilmiah adalah membuat hipotesis. Hipotesis adalah dugaan atau "jawaban" sementara mengenai suatu hal atau permasalahan yang akan dibuktikan kebenarannya melalui data-data atau fakta-fakta basil penelitian. Pada umumnya, hipotesis menunjuk pada hubungan antara dua variabel atau lebih. Misalnya, dalam penelitian yang berjudul "Pengaruh Pemberian Dosis Vitamin C terhadap Pertumbuhan Anak Ayam", hipotesis yang dibuat harus menunjukkan adanya hubungan antara dosis vitamin C dan pertumbuhan anak ayam. Hipotesis dapat dibagi menjadi dua, yaitu hipotesis nol dan hipotesis alternatif.

  • Hipotesis Nol (H0), hipotesis yang menyatakan tidak ada pengaruh antara satu variabel dan variabel yang lain. Hipotesis ini sering ditulis H0. Jadi, untuk judul penelitian "Pengaruh Pemberian Dosis Vitamin C terhadap Pertumbuhan Anak Ayam", bunyi hipotesis nol (H0)-nya adalah tidak ada pengaruh pemberian dosis vitamin C terhadap pertumbuhan anak ayam.
  • Hipotesis Alternatif (H1), hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh antara variabel yang satu dan variabel yang lain. Hipotesis ini ditulis H1. Dengan demikian, hipotesis alternatif (H1) untuk judul penelitian di atas adalah ada pengaruh pemberian dosis vitamin C terhadap pertumbuhan anak ayam.

Setiap penelitian tidak harus ada hipotesisnya. Ada beberapa penelitian yang tidak perlu menggunakan hipotesis, antara lain penelitian deskriptif, penelitian historis, pelacakan, dan penelitian eksploratif. 

0

Roboguru

Dugaan sementara terhadap suatu kasus yang membutuhkan pembuktian disebut ....

Pembahasan Soal:

Pada metode ilmiah, masalah yang dirumuskan dalam bentuk pertanyaan mendorong munculnya dugaan jawaban. Dugaan ini merupakan jawaban sementara terhadap masalah atau disebut dengan hipotesis. Hipotesis perlu dirumuskan untuk suatu masalah yang jawabannya harus diselidiki dengan melakukan eksperimen atau percobaan. Hipotesis didasari pada pengetahuan dan hasil penelitian terdahulu.

Jadi, dugaan sementara terhadap suatu kasus yang membutuhkan pembuktian disebut hipotesis.space

0

Roboguru

Hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel respon merupakan pengertian dari hipotesis....

Pembahasan Soal:

Hipotesis dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :

Hipotesis Nol (H0), yaitu hipotesis yang menyatakan tidak ada pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat/respon
Hipotesis Alternatif (H1/Ha), yaitu hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat/respon.

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah E.

0

Roboguru

Rika akan melakukan kegiatan praktikum tentang pengaruh konsentrasi pupuk NPK terhadap pertumbuhan tanaman bayam. Adapun konsentrasi pupuk NPK yang akan digunakan, yaitu 0%, 10%, 20%, 30%, dan 40%. Da...

Pembahasan Soal:

Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap suatu masalah. Hipotesis disusun berdasarkan landasan teori atau kerangka berpikir yang sudah disusun. Hipotesis ini akan diuji kebenarannya melalui percobaan atau eksperimen.

Berdasarkan soal di atas, rumusan masalah dan landasan teori pada praktikum Rika adalah sebagai berikut.

  1. Rumusan masalah: Adakah pengaruh konsentrasi NPK terhadap pertumbuhan tanaman bayam?
  2. Landasan teori: Salah satu upaya peningkatan pertumbuhan tanaman bayam adalah dengan pemberian pupuk sesuai dengan kebutuhan tanaman, baik pupuk yang mengandung unsur hara makro maupun mikro. Hal ini dikarenakan ketersediaan unsur hara bagi tanaman merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan. Untuk pertumbuhan tanaman yang baik, tanaman membutuhkan unsur hara yang seimbang dan cukup tersedia di dalam tanah. Salah satu pupuk anorganik yang dapat diberikan adalah pupuk NPK.
  3. Perumusan hipotesis: Pemberian konsentrasi pupuk NPK berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman bayam. 

Jadi, hipotesis pada kegiatan praktikum Rika adalah pemberian konsentrasi pupuk NPK berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman bayam. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved