Seorang perawat yang baru bekerja di rumah sakit bersalin melakukan kesalahan dengan lupa memberikan nama pada 3 ranjang bayi yang dilahirkan pada hari itu. Akibatnya ketiga pasangan orang tua bayi tersebut merasa kebingungan untuk menentukan anak mereka. Salah satu orangtua menyarankan untuk melakukan tes DNA, namun dokter menyarankan prosedur yang lebih sederhana dengan melakukan kecocokan darah. Hasil tes darah diperoleh data sebagai berikut. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pasangan orangtua dan anak yang tepat adalah ….

Pertanyaan

Seorang perawat yang baru bekerja di rumah sakit bersalin melakukan kesalahan dengan lupa memberikan nama pada 3 ranjang bayi yang dilahirkan pada hari itu. Akibatnya ketiga pasangan orang tua bayi tersebut merasa kebingungan untuk menentukan anak mereka. Salah satu orangtua menyarankan untuk melakukan tes DNA, namun dokter menyarankan prosedur yang lebih sederhana dengan melakukan kecocokan darah. Hasil tes darah diperoleh data sebagai berikut.

Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pasangan orangtua dan anak yang tepat adalah ….

  1. I-Y, II-Z, dan III-X

  2. I-X, II-Y, dan III-Z

  3. I-Z, II-Y, dan III-X

  4. I-Y, II-X, dan III-Z

  5. I-Z, II-X, dan III-Y

W. Carwati

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Golongan darah anak dapat digunakan untuk menentukan orang tua dari anak tersebut.

Jika dilihat pada tabel, bayi Z dengan golongan darah AB yang hanya mungkin didapat dari persilangan orang tua dengan golongan darah A dengan B atau AB dengan A/B/AB. Oleh karena itu, orangtua dari bayi Z adalah orangtua I.

Bayi Y dengan golongan darah A hanya mungkin diperoleh dari persilangan orang tua yang salah satunya bergolongan darah A atau AB. Karena orangtua I sudah berpasangan dengan Z, pasangan dari Y adalah orangtua II.

Bayi X dengan golongan darah 0 dapat dilahirkan dari pasangan orang tua yang keduanya memiliki darah A heterozigot, B heterozigot, dan 0. Karena yang tersisa hanya pasangan III dan dukungan dari kemungkinan orangtua adalah B heterozigot, maka bayi X berpasangan dengan III.

Oleh karena itu, pasangan yang sesuai adalah I-Z, II-Y, dan III-X.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah C.

 

80

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Buta warna dan hemofilia merupakan kelainan genetik yang terpaut kromosom X. Hendra memiliki kakek yang menderita buta warna tapi tidak memiliki kelainan hemofilia. Nenek Hendra juga tidak memiliki ke...

54

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia