Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seorang peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan wawancara dengan orang-orang yang terlibat dalamkonflik antarsuku bangsa di daerah rawan konflik. Kegiatan pengumpulan data tersebut menggunakan metode ....

Seorang peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan wawancara dengan orang-orang yang terlibat dalam konflik antarsuku bangsa di daerah rawan konflik. Kegiatan pengumpulan data tersebut menggunakan metode .... space 

  1. dokumentasi dan wawancara space 

  2. observasi dan dokumentasi space 

  3. observasi dan wawancara space 

  4. angket dan obeservasi space 

  5. tes dan dokumentasi space 

Iklan

I. Sari

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C. space 

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat berdasarkanpertanyaan di atas adalah C. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut. Poin yang ditanyakan dalam soal di atas adalah observasi dan wawancara dalam penelitian. Observasi merupakan aktivitas pencatatan fenomena yang dilakukan secara sistematis dan bertujuan untuk memperoleh data secara langsung dari lapangan. Melalui observasi, peneliti dapat memperoleh gambaran tentang kehidupan sosial suatu masyarakat yang sulit diketahui dengan metode lainnya. Observasi dapat dilakukan melalui penglihatan, penciuman, pendengaran, peraba, dan pengecap.Sementaraw awancara merupakan metode pengumpulan data dalam bentuk komunikasi langsung antara peneliti dan responden. Komunikasi tersebut berlangsung dalam bentuk tanya jawab sambil bertatap muka antara peneliti dan responden. Untuk mendapatkan data melalui wawancara, seorang peneliti perlu mempersiapkan daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada responden. Metode yang digunakan peneliti dalam ilustrasi di atas adalah observasi dan wawancara. Dalam ilustrasi soal di atas peneliti melakukan observasi dengan terjun langsung ke lapangan yaitu di daerah rawan konflik sehingga peneliti dapat melihat langsung bagaimana kondisi daerah yang menjadi tempat penelitiannya dan data observasi dapat melengkapi data penelitiannya.Sementara wawancara dilakukandengan orang yang terlibat konflik antarsuku di daerah tersebut untuk memeproleh data yang rinci dan mendalam. Jadi jawaban yang tepat adalah C.

Jawaban yang tepat berdasarkan pertanyaan di atas adalah C.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut.

Poin yang ditanyakan dalam soal di atas adalah observasi dan wawancara dalam penelitian.

Observasi merupakan  aktivitas pencatatan fenomena yang dilakukan secara sistematis dan bertujuan untuk memperoleh data secara langsung dari lapangan. Melalui observasi, peneliti dapat memperoleh gambaran tentang kehidupan sosial suatu masyarakat yang sulit diketahui dengan metode lainnya. Observasi dapat dilakukan melalui penglihatan, penciuman, pendengaran, peraba, dan pengecap.Sementara wawancara merupakan metode pengumpulan data dalam bentuk komunikasi langsung antara peneliti dan responden. Komunikasi tersebut berlangsung dalam bentuk tanya jawab sambil bertatap muka antara peneliti dan responden. Untuk mendapatkan data melalui wawancara, seorang peneliti perlu mempersiapkan daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada responden.

Metode yang digunakan peneliti dalam ilustrasi di atas adalah observasi dan wawancara. Dalam ilustrasi soal di atas peneliti melakukan observasi  dengan terjun langsung ke lapangan yaitu di daerah rawan konflik sehingga peneliti dapat melihat langsung bagaimana kondisi daerah yang menjadi tempat penelitiannya dan data observasi dapat melengkapi data penelitiannya. Sementara wawancara dilakukan dengan orang yang terlibat konflik antarsuku di daerah tersebut untuk memeproleh data yang rinci dan mendalam.

Jadi jawaban yang tepat adalah C. space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

44

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Observasi terdiri dari dua jenis, yaitu ... dan ....

8

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia