Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apabila akan meneliti upacara adat pembakaran mayat di Bali (ngaben), kita ikut dalam prosesi upacara adat tersebut dengan berada di masyarakat sehingga data yang diperoleh lebih akurat. Hal ini menunjukkan teknik penelitian yang disebut ...

Apabila akan meneliti upacara adat pembakaran mayat di Bali (ngaben), kita ikut dalam prosesi upacara adat tersebut dengan berada di masyarakat sehingga data yang diperoleh lebih akurat. Hal ini menunjukkan teknik penelitian yang disebut ...space space 

  1. studi pustakaspace space 

  2. angket kuesionerspace space 

  3. wawancaraspace space 

  4. observasispace space 

  5. observasi partisipatifspace space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah E.

jawaban yang benar adalah E.    

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pengumpulan data merupakan satu tahapan sangat penting dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang benar akan menghasilkan data yang memiliki kredibilitas tinggi dan sebaliknya. Salah satu tahapan dalam pengumpulan data adalah observasi . Observasi pada hakikatnya merupakan kegiatan dengan menggunakan pancaindera untuk memperoleh informasi yang diperlukan untuk menjawab masalah penelitian . Obervasi dibedakan menjadi beberapa bentuk, antara lain : Observasi partisipasi: metode pengumpulan data yang digunakan untuk menghimpun data penelitian melalui pengamatan dan penginderaan langsung, dimana peneliti terlibat dalam keseharian informan. Contohnya, observasi partisipatif dalam penelitian upacara Ngaben di Bali . Observasi tidak terstruktur : pengamatan yang dilakukan tanpa menggunakan pedoman observasi, sehingga peneliti mengembangkan pengamatannya berdasarkan perkembangan yang terjadi di lapangan. Observasi kelompok : pengamatan yang dilakukan oleh sekelompok tim peneliti terhadap sebuah isu yang diangkat menjadi objek penelitian. Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Pengumpulan data merupakan satu tahapan sangat penting dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang benar akan menghasilkan data yang memiliki kredibilitas tinggi dan sebaliknya. Salah satu tahapan dalam pengumpulan data adalah observasi. Observasi pada hakikatnya merupakan kegiatan dengan menggunakan pancaindera untuk memperoleh informasi yang diperlukan untuk menjawab masalah penelitian. Obervasi dibedakan menjadi beberapa bentuk, antara lain:    

  1. Observasi partisipasi: metode pengumpulan data yang digunakan untuk menghimpun data penelitian melalui pengamatan dan penginderaan langsung, dimana peneliti terlibat dalam keseharian informan. Contohnya, observasi partisipatif dalam penelitian upacara Ngaben di Bali.    
  2. Observasi tidak terstruktur: pengamatan yang dilakukan tanpa menggunakan pedoman observasi, sehingga peneliti mengembangkan pengamatannya berdasarkan perkembangan yang terjadi di lapangan.    
  3. Observasi kelompok: pengamatan yang dilakukan oleh sekelompok tim peneliti terhadap sebuah isu yang diangkat menjadi objek penelitian.    

Jadi, jawaban yang benar adalah E.    

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

41

Muhammad Fadil

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seorang peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan wawancara dengan orang-orang yang terlibat dalamkonflik antarsuku bangsa di daerah rawan konflik. Kegiatan pengumpulan data tersebut menggu...

21

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia