Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seorang peneliti mengambil sampel penelitian dengan cara mengelompokkan responden sesuai dengan tingkatannya. Teknik pengambilan sampel sesuai dengan cara tersebut adalah....

Seorang peneliti mengambil sampel penelitian dengan cara mengelompokkan responden sesuai dengan tingkatannya. Teknik pengambilan sampel sesuai dengan cara tersebut adalah....

  1. Rumpun

  2. Wilayah

  3. Bertujuan

  4. Berstrata

  5. Acak sederhana

Iklan

S. Dianita

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Seorang peneliti mengambil sampel penelitian dengan cara mengelompokkan responden sesuai dengan tingkatannya. Teknik pengambilan sampel ini disebut dengan teknik pengambilan sampel berstrata (opsi D). Adapun penjelasan pilihan jawaban lain sebagai berikut. Cluster sampling atau sampel rumpun (berkelompok) merupakan teknik pengambilan sampel dengan cara mengambil anggota sampel setelah dibagi ke dalam beberapa kelompok. Teknik sampling wilayah atau area adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel pada daerah penelitian yang luas sehingga harus dibagi menjadi beberapa bagian daerah. Teknik sample purposive atau bertujuan adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Misalnya akan melakukan penelitian tentang kualitas makanan, maka sampel sumber datanya adalah orang yang ahli makanan, atau penelitian tentang kondisi politik di suatu daerah, maka sampel sumber datanya adalah orang yang ahli politik. Acak sederhana atau random sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang setiap anggota populasinya memiliki kesempatan sama menjadi anggota sampel.

Seorang peneliti mengambil sampel penelitian dengan cara mengelompokkan responden sesuai dengan tingkatannya. Teknik pengambilan sampel ini disebut dengan teknik pengambilan sampel berstrata (opsi D).

Adapun penjelasan pilihan jawaban lain sebagai berikut.

  • Cluster sampling atau sampel rumpun (berkelompok) merupakan teknik pengambilan sampel dengan cara mengambil anggota sampel setelah dibagi ke dalam beberapa kelompok.
  • Teknik sampling wilayah atau area adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel pada daerah penelitian yang luas sehingga harus dibagi menjadi beberapa bagian daerah.
  • Teknik sample purposive atau bertujuan adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Misalnya akan melakukan penelitian tentang kualitas makanan, maka sampel sumber datanya adalah orang yang ahli makanan, atau penelitian tentang kondisi politik di suatu daerah, maka sampel sumber datanya adalah orang yang ahli politik.

Acak sederhana atau random sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang setiap anggota populasinya memiliki kesempatan sama menjadi anggota sampel.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

30

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Cara pemilihan populasi dalam tingkatan, kemudian sampel ditarik secara random dari setiap tingkatan yang ada merupakan tehnik pengambilan sampel dengan cara ...

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia