Iklan

Iklan

Pertanyaan

Penelitian dilakukan pada salah satu sekolah swasta di Semarang. Cara mengambil sampel penelitian dari populasi terdiri dari tingkatan kelas yang berbeda dan masing-masing tingkatan menjadi terwakili merupakan teknik sampling ....

Penelitian dilakukan pada salah satu sekolah swasta di Semarang. Cara mengambil sampel penelitian dari populasi terdiri dari tingkatan kelas yang berbeda dan masing-masing tingkatan menjadi terwakili merupakan teknik sampling ....

  1. random

  2. berstrata

  3. wilayah

  4. bertujuan

  5. proporsi

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Seorang peneliti mengambil sampel dari populasi yang terdiri dari tingkatan kelas yang berbeda dan masing-masing tingkatan menjadi terwakili. Teknik ini dinamakan teknik berstrata (pilihan jawabanB). Teknik stratified sampling atau berstrata adalah c ara mengambil sampel dengan memperhatikan tingkatan atau strata dalam populasi penelitian. Adapun bentuk teknik pengambilan sampel lainnya, yaitu: Random sampling adalah teknik pengambilan sampel anggota populasi secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknik ini sangat cocok untuk populasi yang homogen. Area sampling (wilayah) adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel pada daerah penelitian yang luas sehingga harus dibagi menjadi beberapa bagian daerah. Cluster sampling (kelompok) adalah teknik yang digunakan apabila populasi tidak terdiri dari individu-individu, melainkan terdiri dari kelompok-kelompok individu atau cluster . Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian.

Seorang peneliti mengambil sampel dari populasi yang terdiri dari tingkatan kelas yang berbeda dan masing-masing tingkatan menjadi terwakili. Teknik ini dinamakan teknik berstrata (pilihan jawaban B). Teknik stratified sampling atau berstrata adalah cara mengambil sampel dengan memperhatikan tingkatan atau strata dalam populasi penelitian.

Adapun bentuk teknik pengambilan sampel lainnya, yaitu:

  • Random sampling adalah teknik pengambilan sampel anggota populasi secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknik ini sangat cocok untuk populasi yang homogen.
  • Area sampling (wilayah) adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel pada daerah penelitian yang luas sehingga harus dibagi menjadi beberapa bagian daerah.  
  • Cluster sampling (kelompok) adalah teknik yang digunakan apabila populasi tidak terdiri dari individu-individu, melainkan terdiri dari kelompok-kelompok individu atau cluster.
  • Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

60

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Peneliti mendata masyarakat yang tergolong kelas atas, menengah, dan bawah. Masing-masing kelas diambil sampel sebagai responden. Tindakan yang dilakukan oleh peneliti tersebut merupakan teknik sampli...

152

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia