Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seorang pegawai yang dipromosikan menjadi manajer di sebuah perusahaan merupakan contoh mobilitas ….

Seorang pegawai yang dipromosikan menjadi manajer di sebuah perusahaan merupakan contoh mobilitas ….

  1. campuran

  2. intragenerasi

  3. antargenerasi

  4. vertikal

  5. horizontal

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Salah satu bentuk mobilitas sosial berupa mobilitas sosial vertikal. Mobilitas sosial vertikal dapat diartikan sebagai bentuk perpindahan individu atau kelompok menuju lapisan sosial lainnya yang tidak sederajat. Jenis mobilitas sosial vertikal dibedakan sebagai berikut; (1) mobilitas sosial vertikal naik (social climbing) yaitu perpindahan status individu atau kelompok menuju lapisan sosial yang lebih tinggi dan (2) mobilitas sosial vertikal turun (social sinking) yaitu perpindahan status individu atau kelompok menuju lapisan sosial yang lebih rendah. Seorang pegawai yang dipromosikan menjadi manajer di sebuah perusahaan dapat dikategorikan sebagai mobilitas sosial vertikal naik (social climbing). Adapun pengertian dari bentuk mobilitas sosial lainnya, sebagai berikut. Mobilitas sosial horizontal adalah perpindahan masyarakat baik individu ataupun kelompok pada lapisan sosial yang sederajat. Mobilitas sosial antargenerasi yaitu perpindahan status individu atau kelompok yang terjadi dalam dua generasi atau lebih. Mobilitas sosial intragenerasi yaitu perpindahan status individu atau kelompok yang terjadi dalam satu generasi yang sama.

Salah satu bentuk mobilitas sosial berupa mobilitas sosial vertikal. Mobilitas sosial vertikal dapat diartikan sebagai bentuk perpindahan individu atau kelompok menuju lapisan sosial lainnya yang tidak sederajat. Jenis mobilitas sosial vertikal dibedakan sebagai berikut; (1) mobilitas sosial vertikal naik (social climbing) yaitu perpindahan status individu atau kelompok menuju lapisan sosial yang lebih tinggi dan (2) mobilitas sosial vertikal turun (social sinking) yaitu perpindahan status individu atau kelompok menuju lapisan sosial yang lebih rendah.
Seorang pegawai yang dipromosikan menjadi manajer di sebuah perusahaan dapat dikategorikan sebagai mobilitas sosial vertikal naik (social climbing).

Adapun pengertian dari bentuk mobilitas sosial lainnya, sebagai berikut.

  • Mobilitas sosial horizontal adalah perpindahan masyarakat baik individu ataupun kelompok pada lapisan sosial yang sederajat.
  • Mobilitas sosial antargenerasi yaitu perpindahan status individu atau kelompok yang terjadi dalam dua generasi atau lebih.
  • Mobilitas sosial intragenerasi yaitu perpindahan status individu atau kelompok yang terjadi dalam satu generasi yang sama.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal mengakibatkan terjadinya pengangguran. Kondisi ini merupakan konsekuensi dari mobilitas …. (SBMPTN 2017)

53

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia