Pertanyaan

Mobilitas sosial dapat menimbulkan konflik status dalam diri individu akibat adanya faktor … (SBMPTN 2017)

Mobilitas sosial dapat menimbulkan konflik status dalam diri individu akibat adanya faktor …

(SBMPTN 2017)  

  1. ketimpangan antara hak dan kewajiban undefined 

  2. kesulitan membedakan benar dan salah undefined 

  3. status ganda yang dimiliki undefined 

  4. kesenjangan sosial undefined 

  5. sifat egois undefined 

M. Rahmi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C. undefined 

Pembahasan

Konflik status adalah pertentangan yang terjadi dalam diri seseorang sebagai akibat kedudukan (status) yang dimilikinya. Konflik status dalam diri individu berkaitan dengan kepemilikan status yang lebih dari satu ( status ganda ). Pada proses ini, individu akan dihadapkan pada dua pilihan (kedudukan) dan salah satu kedudukan akan dikorbankan atau terpinggirkan. Konflik status karena status ganda yang dimiliki dapat terjadi karena adanya mobilitas sosial. Melalui mobilitas sosial, seseorang mengalami perpindahan status sosial, baik secara vertikal maupun horizontal. Pilihan A kurang tepat karena berkaitan dengan peran, bukan status. Pilihan B berkaitan dengan pengetahuan seseorang yang kurang tepat jika dijadikan penyebab konflik status. Pilihan D kurang tepat karena kesenjangan sosial masih terlalu umum jika dikaitkan dengan penyebab konflik status. PilihanE berkaitan dengan sifat seseorang dan tidak berdampak pada munculnya konflik status. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Konflik status adalah pertentangan yang terjadi dalam diri seseorang sebagai akibat kedudukan (status) yang dimilikinya. Konflik status dalam diri individu berkaitan dengan kepemilikan status yang lebih dari satu (status ganda). Pada proses ini, individu akan dihadapkan pada dua pilihan (kedudukan) dan salah satu kedudukan akan dikorbankan atau terpinggirkan. Konflik status karena status ganda yang dimiliki dapat terjadi karena adanya mobilitas sosial. Melalui mobilitas sosial, seseorang mengalami perpindahan status sosial, baik secara vertikal maupun horizontal. Pilihan A kurang tepat karena berkaitan dengan peran, bukan status. Pilihan B berkaitan dengan pengetahuan seseorang yang kurang tepat jika dijadikan penyebab konflik status. Pilihan D kurang tepat karena kesenjangan sosial masih terlalu umum jika dikaitkan dengan penyebab konflik status. Pilihan E berkaitan dengan sifat seseorang dan tidak berdampak pada munculnya konflik status.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. undefined 

85

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal mengakibatkan terjadinya pengangguran. Kondisi ini merupakan konsekuensi dari mobilitas …. (SBMPTN 2017)

26

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia