Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seorang dokter spesialis kulit dan kelamin didatangi seorang pasien pria yang mengeluhkan gejala berupa gatal disertai rasa sakit di area organ reproduksi eksternalnya. Selain itu, sang pasien juga menyebutkan adanya luka di sekitar organ reproduksinya. Padapemeriksaan pertama, dokter memberikan suntik penisilin pada pasien. Kemudian, pasien kembali berkunjung dan melaporkan bahwa gejala tersebut tidak berkurang. Selanjutnya doktermelakukan pemeriksaan fisik, terutama pada luka di area kelamin. Berikutnya dokter melakukan pemeriksaan sampel cairan luka untuk mengetahui mikroorganisme penyebab penyakit tersebut. Tahapan terakhir adalah dokter melakukan pemeriksaan darah guna mendeteksi keberaadaan mikroorganisme tersebut dan antibodi terhadap mikroorganismeini. Berdasarkan informasi tersebut, hasil diagnosa pasien tersebut adalah ….

Seorang dokter spesialis kulit dan kelamin didatangi seorang pasien pria yang mengeluhkan gejala berupa gatal disertai rasa sakit di area organ reproduksi eksternalnya. Selain itu, sang pasien juga menyebutkan adanya luka di sekitar organ reproduksinya. Pada pemeriksaan pertama, dokter memberikan suntik penisilin pada pasien. Kemudian, pasien kembali berkunjung dan melaporkan bahwa gejala tersebut tidak berkurang. Selanjutnya dokter melakukan pemeriksaan fisik, terutama pada luka di area kelamin. Berikutnya dokter melakukan pemeriksaan sampel cairan luka untuk mengetahui mikroorganisme penyebab penyakit tersebut. Tahapan terakhir adalah dokter melakukan pemeriksaan darah guna mendeteksi keberaadaan mikroorganisme tersebut dan antibodi terhadap mikroorganisme ini. Berdasarkan informasi tersebut, hasil diagnosa pasien tersebut adalah ….undefined 

  1. sifilisundefinedundefined 

  2. gonoreundefined 

  3. herpes genitalisundefined 

  4. herpes zosterundefined 

Iklan

T. TA.KakRivani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah C.

pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined  

Iklan

Pembahasan

Dari gejala berupa gatal dan sakit serta adanya luka di area organ reproduksi eksternal, dokter menduga pasien tersebut menderita sifilis atau herpes genitalis. Dokter memberikan suntik penisilin, yaitu antibiotik yang efektif mengobati penyakit yang disebabkan bakteri.Hasil menunjukkan bahwapasien belum sembuh. Maka dengan demikian dapat disimpulkan jika mikroorganisme penyebab penyakit tersebut bukanlah bakteri. Sifilis atau kencing nanah disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum dan gonore atau kencing nanah disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae .Sementara itu, herpes genitalis dan herves zoster merupakan penyakit yang disebabkan olehvirus herpes. Namun demikian, perbedaan diantara keduanya terletak pada gejala dan tempat peradangannya. Herpes zoster atau cacar airdisebabkan oleh Virus Varisela zoster yang dapat membuat cacar di seluruh bagian permukaan kulit. Sementara itu, Herpes genitalis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Herpes simplex tipe 2yang menyerang kulit di daerah genital luar, anus, dan vagina. Serangkaian pemeriksaan yang dilakukan dokter adalah untuk mengetahui mikroorganisme penyebab penyakit tersebut. Oleh karena itu, hasil diagnosapasien tersebut adalah bahwa pasienmenderita herpes genitalis karena penyakit yang disebabkan oleh virus tidak dapat ditangani dengan antibiotik dan area peradangannya adalah di sekitar organ reproduksi. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Dari gejala berupa gatal dan sakit serta adanya luka di area organ reproduksi eksternal, dokter menduga pasien tersebut menderita sifilis atau herpes genitalis. Dokter memberikan suntik penisilin, yaitu antibiotik yang efektif mengobati penyakit yang disebabkan bakteri. Hasil menunjukkan bahwa pasien belum sembuh. Maka dengan demikian dapat disimpulkan jika mikroorganisme penyebab penyakit tersebut bukanlah bakteri. Sifilis atau kencing nanah disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum dan gonore atau kencing nanah disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Sementara itu, herpes genitalis dan herves zoster merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus herpes. Namun demikian, perbedaan diantara keduanya terletak pada gejala dan tempat peradangannya. Herpes zoster atau cacar air disebabkan oleh Virus Varisela zoster yang dapat membuat cacar di seluruh bagian permukaan kulit. Sementara itu, Herpes genitalis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Herpes simplex tipe 2 yang menyerang kulit di daerah genital luar, anus, dan vagina. Serangkaian pemeriksaan yang dilakukan dokter adalah untuk mengetahui mikroorganisme penyebab penyakit tersebut. Oleh karena itu, hasil diagnosa pasien tersebut adalah bahwa pasien menderita herpes genitalis karena penyakit yang disebabkan oleh virus tidak dapat ditangani dengan antibiotik dan area peradangannya adalah di sekitar organ reproduksi. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined  

928

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan beberapa penyakit yang menyerang sistem reproduksi berikut ini! Sifilis Gonore Herpes genitalis Kanker serviks AIDS Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ditunj...

134

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia