Roboguru

Seorang anak mengalami kecelakaan jatuh dan terinjak oleh penonton konser musik yang mengakibatkan gerakan tangan dan kaki tidak seimbang, dari peristiwa ini bagian otak yang mengalami cedera adalah bagian... .

Pertanyaan

Seorang anak mengalami kecelakaan jatuh dan terinjak oleh penonton konser musik yang mengakibatkan gerakan tangan dan kaki tidak seimbang, dari peristiwa ini bagian otak yang mengalami cedera adalah bagian... .space

Pembahasan Soal:

Bagian otak yang mengalami cedera adalah otak kecil (serebelum). Serebelum merupakan bagian otak yang merupakan pusat keseimbangan gerak, koordinasi otot, serta posisi tubuh. Apabila bagian ini mengalami cedera maka keseimbangan dan koordinasi gerakan seseorang dapat terganggu.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Dianita

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagian otak yang berfungsi untuk mengendalikan keharmonisan kerja anggota tubuh adalah

Pembahasan Soal:

Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang, bagian penyusun otak terdiri dari:

  • Cerebrum (otak besar): pusat utama pengatur seluruh aktivitas tubuh, kemampuan berpikir, dan pusat memori.
  • Hipotalamus: sebagai pusat pengatur suhu tubuh, emosi, dan tekanan darah.
  • Hipofisis (kelenjar pituitari): sebagai penghasil hormon-hormon pengendali berbagai macam aktivitas tubuh.
  • Cerebelum (otak kecil): berfungsi sebagai pengatur keharmonisan pergerakan otot dan pusat keseimbangan posisi tubuh.
  • Batang otak: sebagai penghubung otak dan sumsum tulang belakang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space space

0

Roboguru

Perhatikan gambar di bawah! Bagian yang ditunjuk oleh huruf Y berfungsi untuk ....

Pembahasan Soal:

Bagian yang ditunjuk oleh huruf Y adalah otak kecil (serebelum). Serebelum berfugsi sebagai pusat keseimbangan dan koordinasi motor/gerakan. Serebelum menerima informasi dari otot dan telinga, memantau orientasi tubuh dalam ruang dan derajat kontraksi otot rangka atau memantau kedudukan posisi tubuh.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.space 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Apabila terjadi gangguan pada bagian yang ditunjuk huruf X dapat memengaruhi mekanisme kerja organ . . . .

Pembahasan Soal:

Bagian X pada gambar menunjukkan bagian otak kecil. Otak kecil berfungsi sebagai pusat keseimbangan dan koordinasi motorik. Jika bagian otak kecil terganggu, maka penyusun sistem gerak dalam keseimbangan gerak juga akan ikut terganggu.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.undefined

2

Roboguru

Bagaimanakah mekanisme keseimbangan gerakan dapat terjadi dalam tubuh kita? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Keseimbangan merupakan interaksi yang kompleks dari integrasi/interaksi sistem sensorik (vestibular, visual, dan somatosensorik termasuk proprioceptor) dan muskuloskeletal (otot, sendi, dan jaringan lunak lain) yang diatur dalam otak sebagai respon terhadap perubahan kondisi internal dan eksternal. Keseimbangan gerak dipengaruhi juga oleh faktor lain seperti, usia, motivasi, kognisi, lingkungan, kelelahan, pengaruh obat dan pengalaman terdahulu. Otak kecil atau cerebellum merupakan bagian dari sistem saraf pusat yang terletak di atas batang otak yang memiliki fungsi utama sebagai mengontrol gerak dan keseimbangan dan membantu belajar dan mengingat kemampuan motorik. Komponen-komponen pengontrol keseimbangan yaitu sebagai berikut.

  1. Sistem informasi sensoris, meliputi visual, vestibular, dan somatosensoris.
  2. Respon otot-otot postural yang sinergis (Postural muscles response synergies), respon otot-otot postural yang sinergis mengarah pada waktu dan jarak dari aktivitas kelompok otot yang diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan dan kontrol postur.
  3. Kekuatan otot (Muscle strength), kekuatan otot berhubungan langsung dengan kemampuan otot untuk melawan gaya garvitasi serta beban eksternal lainnya yang secara terus menerus mempengaruhi posisi tubuh.
  4. Kemampuan adaptif, kemampuan adaptasi akan memodifikasi input sensoris dan keluaran motorik (output) ketika terjadi perubahan tempat sesuai dengan karakteristik lingkungan.
  5. Lingkup gerak sendi (Joint range of motion), kemampuan sendi untuk membantu gerak tubuh dan mengarahkan gerakan terutama saat gerakan yang memerlukan keseimbangan yang tinggi. 

Oleh karena itu, dengan adanya komponen-komponen pengontrol keseimbangan, maka mekanisme keseimbangan gerakan dapat terjadi dalam tubuh kita.

0

Roboguru

Perhatikan gambar otak berikut! Pusat pengendalian keseimbangan dan koordinasi gerak tubuh merupakan fungsi dari bagian ....

Pembahasan Soal:

Otak merupakan pusat yang mengendalikan semua fungsi tubuh. Berdasarkan gambar pada soal, bagian yang berfungsi sebagai pusat pengendalian keseimbangan dan koordinasi gerak tubuh merupakan fungsi dari bagian nomor 4, yaitu cerebellum (otak kecil). Otak kecil atau cerebellum merupakan bagian dari sistem saraf pusat yang terletak di atas batang otak yang memiliki fungsi utama sebagai mengontrol gerak dan keseimbangan dan membantu belajar dan mengingat kemampuan motorik.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved