Pertanyaan

Bagaimanakah mekanisme keseimbangan gerakan dapat terjadi dalam tubuh kita? Jelaskan!

Bagaimanakah mekanisme keseimbangan gerakan dapat terjadi dalam tubuh kita? Jelaskan! 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dengan adanya komponen-komponenpengontrol keseimbangan, maka mekanisme keseimbangan gerakan dapat terjadi dalam tubuh kita.

dengan adanya komponen-komponen pengontrol keseimbangan, maka mekanisme keseimbangan gerakan dapat terjadi dalam tubuh kita.

Pembahasan

Pembahasan

Keseimbangan merupakan interaksi yang kompleks dari integrasi/interaksi sistem sensorik (vestibular, visual, dan somatosensorik termasuk proprioceptor) dan muskuloskeletal (otot, sendi, dan jaringanlunak lain) yang diatur dalam otak sebagai respon terhadap perubahan kondisi internal dan eksternal. Keseimbangan gerak dipengaruhi juga oleh faktor lain seperti, usia, motivasi, kognisi, lingkungan, kelelahan, pengaruh obat dan pengalaman terdahulu.Otak kecil atau cerebellum merupakan bagian dari sistem saraf pusat yang terletak di atas batang otak yang memiliki fungsi utama sebagai mengontrol gerak dan keseimbangan dan membantu belajar dan mengingat kemampuan motorik. Komponen-komponen pengontrol keseimbangan yaitu sebagai berikut. Sistem informasi sensoris, meliputi visual, vestibular, dan somatosensoris. Respon otot-otot postural yang sinergis ( Postural muscles response synergies ), respon otot-otot postural yang sinergis mengarah pada waktu dan jarak dari aktivitas kelompok otot yang diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan dan kontrol postur. Kekuatan otot ( Muscle strength ), kekuatan otot berhubungan langsung dengan kemampuan otot untuk melawan gaya garvitasi serta beban eksternal lainnya yang secara terus menerus mempengaruhi posisi tubuh. Kemampuan adaptif, kemampuan adaptasi akan memodifikasi input sensoris dan keluaran motorik (output) ketika terjadi perubahan tempat sesuai dengan karakteristik lingkungan. Lingkup gerak sendi ( Joint range of motion ), kemampuan sendi untuk membantu gerak tubuh dan mengarahkan gerakan terutama saat gerakan yang memerlukan keseimbangan yang tinggi. Oleh karena itu, dengan adanya komponen-komponenpengontrol keseimbangan, maka mekanisme keseimbangan gerakan dapat terjadi dalam tubuh kita.

Keseimbangan merupakan interaksi yang kompleks dari integrasi/interaksi sistem sensorik (vestibular, visual, dan somatosensorik termasuk proprioceptor) dan muskuloskeletal (otot, sendi, dan jaringan lunak lain) yang diatur dalam otak sebagai respon terhadap perubahan kondisi internal dan eksternal. Keseimbangan gerak dipengaruhi juga oleh faktor lain seperti, usia, motivasi, kognisi, lingkungan, kelelahan, pengaruh obat dan pengalaman terdahulu. Otak kecil atau cerebellum merupakan bagian dari sistem saraf pusat yang terletak di atas batang otak yang memiliki fungsi utama sebagai mengontrol gerak dan keseimbangan dan membantu belajar dan mengingat kemampuan motorik. Komponen-komponen pengontrol keseimbangan yaitu sebagai berikut.

  1. Sistem informasi sensoris, meliputi visual, vestibular, dan somatosensoris.
  2. Respon otot-otot postural yang sinergis (Postural muscles response synergies), respon otot-otot postural yang sinergis mengarah pada waktu dan jarak dari aktivitas kelompok otot yang diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan dan kontrol postur.
  3. Kekuatan otot (Muscle strength), kekuatan otot berhubungan langsung dengan kemampuan otot untuk melawan gaya garvitasi serta beban eksternal lainnya yang secara terus menerus mempengaruhi posisi tubuh.
  4. Kemampuan adaptif, kemampuan adaptasi akan memodifikasi input sensoris dan keluaran motorik (output) ketika terjadi perubahan tempat sesuai dengan karakteristik lingkungan.
  5. Lingkup gerak sendi (Joint range of motion), kemampuan sendi untuk membantu gerak tubuh dan mengarahkan gerakan terutama saat gerakan yang memerlukan keseimbangan yang tinggi. 

Oleh karena itu, dengan adanya komponen-komponen pengontrol keseimbangan, maka mekanisme keseimbangan gerakan dapat terjadi dalam tubuh kita.

198

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Seorang anak mengalami kecelakaan jatuh dan terinjak oleh penonton konser musik yang mengakibatkan gerakan tangan dan kaki tidak seimbang, dari peristiwa ini bagian otak yang mengalami cedera adalah b...

64

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia