Roboguru

Senyawa manakah yang mengandung unsur khlor?

Pertanyaan

Senyawa manakah yang mengandung unsur khlor?space space  

  1. air barit   

  2. kaporit   

  3. air sadah   

  4. kriolit   

  5. pyrit   

Pembahasan Soal:

Unsur klorin selain ditemukan dalam bentuk molekul diatomik, juga ditemukan dalam bentuk mineralnya. Contoh mineral yang mengandung unsur klorin adalah kaporit. Kaporit biasa digunakan sebagai zat pemutih dan penjernih air. 

Jadi, jawaban yang benar adalah B.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Lubis

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan mengapa senyawa halida banyak terdapat di air laut.

Pembahasan Soal:

Halogen merupakan unsur pembentuk garam yang terdapat pada golongan VIIA pada sistem periodik. Unsur halogen terdiri dari fluor (F), klor (Cl), brom (Br), yodium (I), dan astatin (At). Sehingga halogen menandakan unsur-unsur yang menghasilkan garam jika bereaksi dengan logam.

Senyawa halida banyak terdapat di air laut karena di air laut terdapat berbagai ion logam yang bereaksi dengan ion halogen membentuk garam, seperti NaCl.

Jadi, senyawa halida banyak terdapat di air laut  karena di laut terdapat berbagai ion logam yang dapat bereaksi dengan ion halogen membentuk garam

0

Roboguru

Terangkan perihal berikut! Halogen tidak ditemukan bebas di alam.

Pembahasan Soal:

Unsur-unsur yang termasuk golongan halogen (VIIA), yaitu fluorin (F), klorin (Cl), bromin (Br), iodin (I), dan astatin (At). Istilah halogen berasal dari bahasa Yunani yang berarti pembentuk garam.

Di alam halogen tidak pernah didapatkan dalam keadaan bebas sebagai unsurnya, tetapi selalu terdapat sebagai garamnya akibat besarnya kereaktifan unsur-unsur halogen.space 

0

Roboguru

Sifat halogen yang benar adalah ... mudah bereaksi dengan logam membentuk garam tidak ditemukan di alam dalam keadaan bebas harga afinitas elektronnya besar dapat memiliki bilangan oksidasi -1 d...

Pembahasan Soal:

    Istilah halogen berasal dari Yunani yang berarti pembentuk garam. Penamaan ini bukan karena tanpa alasan, nama ini diberikan karena di alam tidak pernah didapatkan halogen dalam keadaan bebas sebagai unsurnya, tetapi selalu terdapat sebagai garam akibat besarnya kereaktifan unsur halogen.

    Sifat kereaktifan halogen ini dikarenakan sifat afinitas elektronnya yang besar sehingga mudah untuk menarik elektron. Akibatnya unsur halogen menjadi anion halida yang sangat mudah berikatan dengan logam maupun nonlogam.

    Selain F yang memiliki bilangan oksidasi 0 dan -1, halogen lain dapat memiliki bilangan oksidasi positif. Hal ini disebabkan atom F mempunyai harga keelektronegatifan terbesar sehingga tidak memungkinkan untuk memiliki bilangan oksidasi positif.

    Berdasarkan penjelasan di atas maka pernyataan yang sesuai dengan sifat halogen adalah halogen mudah bereaksi dengan logam membentuk garam, tidak ditemukan di alam dalam keadaan bebas dan memiliki harga afinitas elektron yang besar.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space 

0

Roboguru

Tuliskan masing-masing satu contoh senyawa halogen yang terdapat di alam!

Pembahasan Soal:

Contoh asing-masing senyawa halogen yang terdapat di alam, diantaranya:

  • begin mathsize 14px style F colon space C F C end style (Chloro Fluoro Carbon)
  • begin mathsize 14px style Cl colon space Na Cl end style (Natrium klorida)
  • Br: begin mathsize 14px style Br subscript 2 end style (Bromin)
  • I: begin mathsize 14px style I subscript 2 end style (Iodin)
  • At: At (unsur radioaktif astatin)

Jadi, jawaban yang benar adalah sesuai pernyataan di atas.

0

Roboguru

Jelaskan mengapa senyawa halida banyak terdapat di air laut.

Pembahasan Soal:

Halida adalah senyawa biner, dimana satu bagiannya adalah satu atom halogen dan bagian lainnya adalah unsur lainnya atau radikal yang mempunyai tingkat keelektronegatifan lebih kecil daripada atom halogen, sebagai membentuk senyawa fluorida, klorida, bromida, iodida, atau astatin. Kebanyakan garam adalah halida.

Sumber utama halogen adalah air laur, yang mengandung klorida open parentheses Cl to the power of minus sign close parentheses, bromida open parentheses Br to the power of minus sign close parentheses, dan iodida open parentheses I to the power of minus sign close parentheses. Klorin terdapat sebagai klorida dalarn air !aut dan tambang garam, misalnya NaCl, KCl, Mg Cl subscript 2, dan sebagainya. Bromin terdapat sebagai bromida dalam jumlah yang relatif kecil dibandingkan klorida.

Jadi senyawa halida yang berwujud garam banyak terdapat di air laut karena garam di laut mengandung banyak klorida bold open parentheses Cl to the power of bold minus sign bold close parentheses, bromida bold open parentheses Br to the power of bold minus sign bold close parentheses, dan iodida bold open parentheses I to the power of bold minus sign bold close parentheses

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved