Pertanyaan

Senyawa kovalen X 2 ​ Y terbentuk dari atom dengan nomor atom X dan Y berturut-turut 17 dan 8. Bentuk molekul yang sesuai untuk senyawa kovalen tersebut adalah ....

Senyawa kovalen  terbentuk dari atom dengan nomor atom X dan Y berturut-turut 17 dan 8. Bentuk molekul yang sesuai untuk senyawa kovalen tersebut adalah ....

  1. Linearspace 

  2. Segitiga datarspace 

  3. Bentuk Vspace 

  4. Piramida segitigaspace 

  5. Tetrahedralspace 

M. Rizki

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan

Konfigurasi elektron dari unsur X dan Y adalah sebagai berikut. 17 ​ X 8 ​ Y ​ = = ​ 1 s 2 2 s 2 2 p 6 3 s 2 3 p 5 1 s 2 2 s 2 2 p 4 ​ Unsur X terletak di golongan VIIA karena elektron valensinya adalah 7 ​ ​ ( 3 s 2 3 p 5 ) ​ . Unsur Y terletak di golongan VIA karena elektron valensi unsur Y adalah 6 ​ ​ ( 2 s 2 2 p 4 ) ​ . Untuk mencapai kestabilan oktet, atom unsur X perlu menangkap 1 elektron dan atom unsur Y perlu menangkap 2 elektron lagi. Unsur X dan Y merupakan sesama unsur nonlogam sehingga apabila keduanya berikatan akan membentuk ikatan kovalen. Senyawa kovalen yang terbentuk adalah X 2 ​ Y sehingga struktur Lewisnyaadalah sebagai berikut. Tipe molekul tersebut adalah AX 2 ​ E 2 ​ dikarenakan disekitar atom pusat (Y) terdapat 2 pasang elektron ikatan (PEI) dan 2 pasang elektron bebas (PEB). Tipe molekul AX 2 ​ E 2 ​ memiliki bentuk molekul seperti huruf V. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Konfigurasi elektron dari unsur X dan Y adalah sebagai berikut.


  


Unsur X terletak di golongan VIIA karena elektron valensinya adalah 7 . Unsur Y terletak di golongan VIA karena elektron valensi unsur Y adalah 6 . Untuk mencapai kestabilan oktet, atom unsur X perlu menangkap 1 elektron dan atom unsur Y perlu menangkap 2 elektron lagi.

Unsur X dan Y merupakan sesama unsur nonlogam sehingga apabila keduanya berikatan akan membentuk ikatan kovalen. Senyawa kovalen yang terbentuk adalah  sehingga struktur Lewisnya adalah sebagai berikut. 
 

 


Tipe molekul tersebut adalah  dikarenakan disekitar atom pusat (Y) terdapat 2 pasang elektron ikatan (PEI) dan 2 pasang elektron bebas (PEB). Tipe molekul  memiliki bentuk molekul seperti huruf V.
 

    


Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

68

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar molekul berikut ini! Susunan elektron yang sesuai dengan gambar tersebut dimiliki oleh molekul ....

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia