Roboguru

Senyawa ionik yang kationnya memiliki satu bilangan oksidasi Dari peta konsep yang ada tersebut diatas, sekarang perhatikanlah tabel berikut ini!   Tabel diatas merupakan salah satu contoh dari senyawa biner ionik. Senyawa biner merupakan senyawa yang hanya terbentuk dari dua macam unsur. Karena senyawa diatas merupakan senyawa ionik yang terdiri dari dua jenis unsur membentuk, maka senyawa diatas merupakan senyawa biner ionik. Sudahkah anda benar-benar mengamati karakteristik penamaan senyawa biner ionik diatas?

Pertanyaan

Senyawa ionik yang kationnya memiliki satu bilangan oksidasi

Dari peta konsep yang ada tersebut diatas, sekarang perhatikanlah tabel berikut ini!


 


Tabel diatas merupakan salah satu contoh dari senyawa biner ionik. Senyawa biner merupakan senyawa yang hanya terbentuk dari dua macam unsur. Karena senyawa diatas merupakan senyawa ionik yang terdiri dari dua jenis unsur membentuk, maka senyawa diatas merupakan senyawa biner ionik. Sudahkah anda benar-benar mengamati karakteristik penamaan senyawa biner ionik diatas?

Pembahasan Soal:

Senyawa biner ionik merupakan senyawa hasil penggabungan ion positif (kation) sebagai logam dan ion negatif (anion) sebagai non logam dan membentuk ikatan ion. Jumlah kation dan anion suatu unsur dapat dilihat dari bilangan oksidasinya. Penamaan senyawa biner ionik mula-mula dituliskan nama unsur logam tanpa modifikasi kemudian diikuti dengan nama unsur non-logam dengan ditambah akhiran -ida.

Nama-nama senyawa biner ionik, kation dan anionnya dalam tabel dapat dilihat sebagai berikut:



Jadi, penamaan senyawa biner ionik seperti yang diuraikan dalam tabel diatas.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 15 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved