Roboguru

Senyawa berikut yang memiliki sifat ikatan kovalen adalah ....

Pertanyaan

Senyawa berikut yang memiliki sifat ikatan kovalen adalah ....space 

  1. Titik leleh (degree C) Titik didih (degree C) Konduktivitas listrik pada suhu kamar
    -39 361 Konduktor

     

  2. Titik leleh (degree C) Titik didih (degree C) Konduktivitas listrik pada suhu kamar
    -21 105 Isolator
  3. Titik leleh (degree C) Titik didih (degree C) Konduktivitas listrik pada suhu kamar
    636 1300 Isolator
  4. Titik leleh (degree C) Titik didih (degree C) Konduktivitas listrik pada suhu kamar
    782 1600 Isolator
  5. Titik leleh (degree C) Titik didih (degree C) Konduktivitas listrik pada suhu kamar
    3727 4829 Konduktor

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Senyawa kovalen adalah senyawa yang terbentuk dari penggunaan bersama pasangan elektron oleh dua atom berikatan (ikatan kovalen). Terdapat 2 macam senyawa kovalen yaitu kovalen polar dan nonpolar. Sifat fisis dari senyawa kovalen adalah sebagai berikut:space 

  • Senyawa kovalen memiliki titik didih dan titik leleh yang rendah sehingga kebanyakan senyawa kovalen bersifat volatil atau mudah menguap. 
  • Senyawa kovalen berwujud lunak dan tidak mudah rapuh.
  • Senyawa kovalen nonpolar tidak larut dalam pelarut polar, namun larut dalam pelarut organik, sedangkan senyawa kovalen polar dapat larut dalam pelarut polar atau dalam air, dan tidak dapat larut dalam pelarut organik.
  • Senyawa kovalen nonpolar tidak dapat menghantarkan listrik (bersifat isolator) sedangkan senyawa kovalen polar dapat menghantarkan arus listrik (bersifat konduktor).

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 08 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kelompokkanlah senyawa-senyawa berikut berdasarkan ikatan kimianya! FeCl3​  H2​O  NaCl  CaO  NH4​Cl  CH3​Cl  H2​C2​O4​  CH3​COONa

Pembahasan Soal:

Ikatan kimia merupakan gaya yang mengikat atom-atom dalam molekul atau gabungan ion dalam setiap senyawalkatan ion terbentuk karena adanya gaya tarik-menarik elektrostatis antara ion positif dan ion negatif. lkatan ion terjadi antara atom-atom yang mempunyai energi ionisasi rendah (unsur logam) dengan atom-atom yang mempunyai afinitas elektron tinggi (unsur non-logam). Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi akibat pemakaian pasangan elektron secara bersama-sama oleh dua atom. Ikatan kovalen terbentuk di antara dua atom yang sama-sama ingin menangkap elektron (sesama atom non-logam).

Unsur logam terdiri atas unsur-unsur golongan I A (kecuali hidrogen), golongan II A, golongan III A (kecuali boron), timbal (Pb), timah (Sn), dan bismut (Bi), serta semua unsur-unsur golongan transisi (golongan B). Unsur non-logam terdiri atas unsur-unsur golongan VII A (halogen), golongan VIII A (gas mulia), hidrogen (H), karbon (C), nitrogen (N), oksigen (O), fosfor (P), belerang (S) dan selenium (Se).

Untuk dapat menjawab soal di atas, maka masing-masing senyawa perlu dianalisis atom-atom penyusunnya apakah terdiri dari unsur logam dengan non-logam atau terdiri dari sesama unsur non-logam.

  1. FeCl3 
    Terdiri dari unsur Fe yang terletak pada golongan VIII B (golongan transisi) dan unsur Cl yang terletak pada golongan VII A (halogen). Atom Fe merupakan unsur logam dan atom Cl merupakan unsur non-logam, maka senyawa FeCl3 merupakan senyawa berikatan ion.
     
  2. H2O 
    Terdiri dari unsur H yang terletak pada golongan I A dan unsur O yang terletak pada golongan VI A. Atom H merupakan unsur non-logam, walaupun terletak pada golongan I A karena wujudnya gas, serta atom O juga merupakan unsur non-logam, maka senyawa H2O merupakan senyawa berikatan kovalen.
     
  3. NaCl 
    Terdiri dari unsur Na yang terletak pada golongan I A (logam alkali) dan unsur Cl yang terletak pada golongan VII A (halogen). Atom Na merupakan unsur logam dan atom Cl merupakan unsur non-logam, maka senyawa NaCl merupakan senyawa berikatan ion.
     
  4. CaO 
    Terdiri dari unsur Ca yang terletak pada golongan II A (logam alkali tanah) dan unsur O yang terletak pada golongan VI A. Atom Ca merupakan unsur logam dan atom O merupakan unsur non-logam, maka senyawa CaO merupakan senyawa berikatan ion.
     
  5. NH4Cl 
    Terdiri dari unsur N yang terletak pada golongan V A, unsur H yang terletak pada golongan I A dan unsur Cl yang terletak pada golongan VII A (halogen). Atom H merupakan unsur non-logam, karena wujudnya adalah gas, atom N dan Cl juga merupakan unsur non-logam, maka senyawa NH4Cl merupakan senyawa berikatan kovalen.
     
  6. CH3Cl 
    Terdiri dari unsur C yang terletak pada golongan IV A, unsur H yang terletak pada golongan I A dan unsur Cl yang terletak pada golongan VII A (halogen). Atom H merupakan unsur non-logam, karena wujudnya adalah gas, atom C dan Cl juga merupakan unsur non-logam, maka senyawa merupakan senyawa berikatan kovalen.
     
  7. H2C2O4 
    Terdiri dari unsur C yang terletak pada golongan IV A, unsur H yang terletak pada golongan I A dan unsur O yang terletak pada golongan VI A. Atom H merupakan unsur non-logam, karena wujudnya adalah gas, atom C dan O juga merupakan unsur non-logam, maka senyawa merupakan senyawa berikatan kovalen.
     
  8. CH3COONa 
    Terdiri dari unsur C yang terletak pada golongan IV A, unsur H dan Na yang terletak pada golongan I A dan unsur O yang terletak pada golongan VI A. Atom H merupakan unsur non-logam, karena wujudnya adalah gas, atom C dan Cl juga merupakan unsur non-logam,  tetapi atom Na merupakan unsur logam alkali. Pada senyawa CH3COONa, terdapat dua jenis ikatan sekaligus, yaitu ikatan ion dan kovalen. Ikatan ion terdapat pada ikatan antara atom Na dengan ion molekul CH3COO, sedangkan ikatan kovalen terdapat dalam ikatan antar atom C, H, dan O dalam ion molekul CH3COO.

Dengan demikian, berdasarkan ikatan kimianya, maka senyawa-senyawa di atas dikelompokkan sebagai berikut.

  • Ikatan ion: FeCl3,NaCl,CaO 
  • Ikatan kovalen: H2O,NH4Cl,CH3Cl,H2C2O4 
  • Ikatan ion dan kovalen sekaligus: CH3COONa 

Jadi, kelompok senyawa berikatan ion adalah FeCl3,NaCl,CaO, kelompok senyawa berikatan kovalen adalah H2O,NH4Cl,CH3Cl,H2C2O4 dan senyawa yang memiliki ikatan ion serta kovalen sekaligus adalah CH3COONa.

0

Roboguru

Kelompokkan senyawa berikut. Manakah yang termasuk senyawa kovalen polar dan senyawa kovalen nonpolar?​ a. NH3​  b. BF3​  c. CCl4​  d. HBr  e. CH4​

Pembahasan Soal:

a. N H subscript 3 rightwards arrow polar
b. B F subscript 3 rightwards arrownon polar
c. C Cl subscript 4 rightwards arrowpolar
d. H Br rightwards arrow polar
e. C H subscript 4 rightwards arrow non polarblank subscript blank subscript blank

0

Roboguru

Perhatikan struktur Lewis berikut. Pernyataan yang benar dari struktur Lewis tersebut adalah....  Ikatan kovalen ditunjukkan oleh nomor 1, 2, dan 3. Nomor 2 merupakan ikatan kovalen koordinasi....

Pembahasan Soal:

Untuk menggambarkan bagaimana ikatan kovalen terjadi, digunakan rumus titik elektron (struktur Lewis). Rumus ini menggambarkan bagaimana peranan elektron valensi dalam membentuk ikatan. 

Ikatan kovalen terjadi karena adanya pemakaian elektron secara bersama, sedangkan ikatan kovalen koordinasi terjadi karena adanya pemakaian elektron bersamanya hanya berasal dari satu atom.

Dalam pembentukan ikatan kovalen, belum tentu semua elektron valensi digunakan untuk membentuk pasangan elektron bersama. Pasangan elektron yang digunakan bersama oleh dua atom yang berikatan disebut pasangan elektron ikatan (PEI), sedangkan pasangan elektron yang tidak digunakan bersama oleh kedua atom disebut pasangan elektron bebas (PEB). 

Pada senyawa N H subscript 3 B F subscript 3dengan struktur lewis, dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Ikatan kovalen ditunjukkan oleh nomor 1, 4, dan 5.
  2. Nomor 2 merupakan ikatan kovalen koordinasi. Karena sepasang elektron atom N disumbangkan kepada atom B, sehingga kedua atom dapat membentuk ikatan dan memenuhi kaidah oktet.
  3. Antara NH3 dan BF3 terjadi ikatan kovalen. Karena ikatan kovalen terjadi karena adanya pemakaian elektron secara bersama.
  4. Pasangan elektron bebas (PEB) ditunjukkan oleh nomor 3.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Jelaskan persamaan dan perbedaan dari senyawa/molekul NH3, O2, H2SO3, dan Br2.

Pembahasan Soal:

Persamaan dan perbedaan dari senyawa/molekul NH3, O2, H2SO3, dan Br2 terangkum dalam tabel di bawah ini.

 

Jadi, persamaan keempat senyawa tersebut adalah memiliki ikatan kovalen, namun sifat kepolaran dan gaya antarmolekulnya berbeda. 

0

Roboguru

Sebutkan jenis ikatan yang terdapat dalam senyawa: a. NaCl; b. Ca(OH)2​; c. CO2​; d. NH3​BF3​; e. HCl!

Pembahasan Soal:

Ikatan dapat berupa ikatan logam, ikatan ion, dan ikatan kovalen. Ikatan logam terjadi pada antarunsur logam. Ikatan ion terjadi pada unsur logam dengan unsur nonlogam, Ikatan kovalen terjadi antarunsur nonlogam. Berikut jenis ikatan tiap senyawa.

a. Na Cl:

ikatan ion (Na+ dengan Cl-)

b. Ca open parentheses O H close parentheses subscript 2:

ikatan ion (Ca2+ dan OH-) dan kovalen (O dengan H)

c. C O subscript 2;

ikatan kovalen (C dengan O)

d. N H subscript 3 B F subscript 3;

ikatan kovalen koordinasi (N dengan B), ikatan kovalen tunggal (N dengan H, B dengan F)

e. H Cl

ikatan kovalen (H dengan Cl)

Jadi, jenis ikatan senyawa-senyawa berikut adalah Na Cl: ikatan ion, Ca open parentheses O H close parentheses subscript 2: ikatan ion dan kovalen, C O subscript 2; ikatan kovalen, N H subscript 3 B F subscript 3; ikatan kovalen koordinasi, ikatan kovalen tunggal, H Cl: ikatan kovalen.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved