Iklan

Iklan

Pertanyaan

Flora dan Fauna Nusakambangan Terus Terancam

    KOMPAS.com - Populasi flora dan fauna endemis Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, terus terancam. Penyebabnya, kerusakan hutan akibat pembalakan dan perambahan liar di pulau seluas 12.202 hektare itu selama 15 tahun terakhir.

    Kepala Kantor Wilayah Jateng Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemhuk dan HAM) Chairuddin ldrus mengungkapkan hal itu di sela-sela apel siaga bersama gabungan Wana Nusa untuk konservasi Pulau Nusakambangan di Dermaga Sodong.

    "Setidaknya 4.000 hektare hutan di Nusakambangan rusak parah dan gundul" kata dia.

    Berdasarkan temuan Flora Fauna Internasional, sejumlah flora dan fauna langka di Nusakambangan itu di antaranya macan tutul (Panthera pardus), pohon plalar (Hydraokarous fitoralis), dan bunga wijayakusuma (Epiphyllum anguliger).

    Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemhuk dan HAM Untung Sugiyono mengakui, keterlibatan para pemangku kebijakan dimungkinkan dalam pembalakan hutan. "Tak hanya petugas kami (Kemhuk dan HAM), semua yang punya wewenang di pulau ini tak tertutup kemungkinan terlibat," ujarnya. (GRE)

(Sumber: diadaptasi dari http://sains.kompas.com/read/2011/04/20/17271868/Flora.dan.Fauna.Nusakambangan.Terus.Terancam)space 

Selain pembalakan hutan dan perambahan liar, apa yang menyebabkan populasi flora dan fauna di Indonesia terancam?

Selain pembalakan hutan dan perambahan liar, apa yang menyebabkan populasi flora dan fauna di Indonesia terancam?space 

Iklan

R. Hajrianti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan populasi flora dan fauna di Indonesia terancam adalah pengaruh evolusi, perusakan oleh manusia, dan bencana alam.

dapat disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan populasi flora dan fauna di Indonesia terancam adalah pengaruh evolusi, perusakan oleh manusia, dan bencana alam.space 

Iklan

Pembahasan

Faktor lain yang dapat mengancam populasi flora dan fauna di Indonesia adalah sebagai berikut. Pengaruh evolusi, merupakan proses perkembangan organisme yang terdiversifikasi dari bentuk sebelumnya. Pengaruh evolusi dapat mengakibatkan lahirnya spesies flora dan fauna yang baru sebagai hasil dari adaptasi, dan dapat juga mengakibatkan kepunahan jika suatu flora atau fauna tidak mampu beradaptasi dengan perubahan. Perusakan oleh manusia, seperti kegiatan modifikasi bentang alam, pembukaan lahan baru, penggalian tanah yang luas, dan pemburuan hewan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bencana alam, karena bencana yang terjadi di suatu wilayah dapat menyebabkan rusaknya lingkungan yang merupakan habitat bagi flora dan fauna, bahkan mengancam kehidupan flora dan fauna itu sendiri. Jadi, dapat disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan populasi flora dan fauna di Indonesia terancam adalah pengaruh evolusi, perusakan oleh manusia, dan bencana alam.

Faktor lain yang dapat mengancam populasi flora dan fauna di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Pengaruh evolusi, merupakan proses perkembangan organisme yang terdiversifikasi dari bentuk sebelumnya. Pengaruh evolusi dapat mengakibatkan lahirnya spesies flora dan fauna yang baru sebagai hasil dari adaptasi, dan dapat juga mengakibatkan kepunahan jika suatu flora atau fauna tidak mampu beradaptasi dengan perubahan.
  2. Perusakan oleh manusia, seperti kegiatan modifikasi bentang alam, pembukaan lahan baru, penggalian tanah yang luas, dan pemburuan hewan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  3. Bencana alam, karena bencana yang terjadi di suatu wilayah dapat menyebabkan rusaknya lingkungan yang merupakan habitat bagi flora dan fauna, bahkan mengancam kehidupan flora dan fauna itu sendiri.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan populasi flora dan fauna di Indonesia terancam adalah pengaruh evolusi, perusakan oleh manusia, dan bencana alam.space 

Latihan Bab

Biosfer

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Sebaran Flora dan Fauna

Karakteristik Bioma di Dunia

Persebaran Jenis-jenis Flora dan Fauna di Indonesia

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Kirana Cyra

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apa saja faktor yang menyebabkan kerusakan dan kepunahan floradan fauna di Indonesia dan dunia?

3rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia