Roboguru

Selain di Indonesia dan Asia, mengapa manusia purba tertua paling banyak ditemukan di Afrika? Jelaskan!

Pertanyaan

Selain di Indonesia dan Asia, mengapa manusia purba tertua paling banyak ditemukan di Afrika? Jelaskan! 

Pembahasan Soal:

Karena adanya spesies kera yang secara taksonomi dekat dengan manusia, yaitu gorilla dan simpanse di Afrika, maka Charles Darwin memprediksi bahwa leluhur manusia purba berkembang di Afrika. Teori Darwin ini kemudian didukung oleh berbagai penemuan fosil manusia purba di Afrika. Fosil ini antara lain adalah:

  1. Australipithecus boisei. Fosil Australipithecus boisei pertama kali ditemukan oleh antropolog Mary Leakey pada 17 Juli 1959, di Lembah Olduvai, Tanzania, dalam bentuk tulang tengkorak (cranium) yang utuh. Fosil itu diduga berusia 1,75 juta tahun dan memiliki karakteristik khas manusia purba dari australopithecine. 
  2. Australopithecus afarensis. Australopithecus afarensis adalah salah satun fosil manusia purba, dan diduga merupakan salah satu dari manusia purba tertua, dengan perkiraan usia sekitar 3,2 juta tahun. Fosil Australopithecus afarensis paling terkenal adalah fosil “Lucy” yang ditemukan pada athaun 1974.
  3. Ardipithecus ramidus. Ardipithecus ramidus adalah manusia purba yang hidup sekitar 4,4 juta tahun yang lalu. Fosil manusia purba ini pertama kali ditemukan oleh tim yang dipimpin oleh paleoantropolog Amerika Serikat, Tim White, di Ethiopia antara tahun 1992 dan 1994.  
  4. Kenyanthropus platyops. Kenyanthropus platyops adalah fosil hominin (manusia purba awal) yang berasal dari masa  Pliosen. Fosil ini ditemukan di pesisir Danau Turkana, Kenya pada tahun 1999 oleh arkeolog Kenya, Justus Erus, dari tim yang dipimpin sejarawan Inggris, Meave Leakey. 

Dengan demikian, di Afrika banyak ditemukan manusia purba karena manusia purba (hominin) pertama berkembang di wilayah Benua Afrika ini, tepatnya di wilayah Afrika Timur (Ethiopia, Kenya, Tanzania). Ini dibuktikan dari banyaknya ditemukan fosil manusia purba dan masih ditemukan adanya spesies kera yang berkerabat (Hominidae). Dari Afrika, kemudian manusia purba menyebar ke seluruh dunia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar dibawah ini! Berdasarkan ciri-cirinya, spesies manusia purba yang terdapat pada gambar di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Gambar diatas merupakan gambar dari Australopithecus africanus yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut : Ciri-ciri fisik dari Australopithecus sangat mirip dengan manusia modern. Mereka memiliki IQ antara 75-85, yang setara dengan simpanse dan gorila. Otak Australopithecus terus berkembang seiring dengan kemampuannya berjalan tegak dengan dua kakinya, atau bipedal. Jenis dari Australopithecus diperkirakan hidup sekitar 4.4 juta hingga 1.4 juta tahun yang lalu, dan ditemukan di beberapa daerah di Afrika Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Salah satu teori asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia adalah teori Out of Africa. Jelaskan jalur migrasi manusia purba berdasarkan teori tersebut ...

Pembahasan Soal:

Penelusuran terhadap asal usul nenek moyang bangsa Indonesia, dapat didasarkan pada dua hal, yaitu dasar kesamaan fisik dari penemuan dan kesamaan dari akar kebahasaan yang digunakan. Dua dasar itu kelak melahirkan beberapa teori yang disampaikan oleh para ahli terkait asal usul nenek moyang bangsa Indonesia, termasuk salah satunya Teori Out of Africa.

Pada dasarnya teori ini menyampaikan bahwa manusia Indonesia berasal dari Afrika, tepatnya dari Tanduk Afrika (Horn of Africa) di kawasan Timur Afrika yang sekarang menjadi negara Erithrea, Ethiopia, dan Somalia, yang telah melakukan perpindahan dari Afrika ke Asia sekitar 70.000-50.000 tahun lalu. Adapun jalur migrasi dari perpindahan yang terjadi adalah dengan menyusuri Pantai Semenanjung Arab menuju India, Asia Timur ke Indonesia lalu ke Australia. 

Dijelaskan dalam teori ini bahwa pada tahun 70.000 tahun lalu, bumi memasuki masa akhir Zaman Glasial ketika permukaan air laut menjadi dangkal disebabkan oleh air yang masih berbentuk gletser, sehingga pada masanya memungkinkan manusia menyeberangi lautan dengan perahu sederhana. 

Jadi, jalur migrasi sebagaimana dikatakan Teori Afrika adalah melalui Pantai Semenanjung Arab menuju India, Asia Timur lalu ke Indonesia, dan berakhir di Australia.

1

Roboguru

Mengapa manusia purba yang memiliki genus Homo paling banyak ditemukan di Eropa?

Pembahasan Soal:

Nenderthal adalah spesies manusia purba yang hidup di Eropa antara 700 ribu hingga 40 ribu tahun yang lalu,  yang ditemukan pada bulan Agustus 1856 di Lembah Neander, Jerman. Fosil itu ditemukan di tambang batu kapur dekat kota Düsseldorf. Neanderthal umumnya lebih pendek dan memiliki kerangka yang lebih kuat dan tubuh yang gempal berotot dibanding manusia modern. Spesies ini rata-rata tingginya sekitar 168 sentimeter pada pria dan sedikit lebih pendek yaitu 156 sentimeter pada perempuan.

Dengan demikian, karena penelitian awal mengenai manusia purba baynak dilakukan di Eropa. Spesies pertama yang ditemukan dari jenis manusia purba adalah Neanderthal  (Homo neanderthalensis) yang ditemukan sangat awal pada tahun 1856.

0

Roboguru

Bagaimana corak kehidupan Sinanthropus Pekinensis?

Pembahasan Soal:

Manusia Peking atau Sinanthropus Pekinensis adalah manusia purba yang hidup sekitar 680.000-780.000 tahun lalu di China. Fosil manusia purba ini pertama ditemukan di Zhoukoudian dekat Beijing pada tahun 1923–27. Sinanthropus Pekinensis memiliki corak kehidupan cukup maju, dilihat dari penemuan peralatan batu dan tulang yang diperkirakan dibuat dan digunakan oleh manusia purba ini. Temuan-temuan yang berdekatan dengan fosil ini, dari sisa-sisa hewan dan penggunaan alat batu, serta penggunaan api yang menjadi cikal bakal food producing (berburu dan meramu), membuat para sejarawan menebut bahwa Homo erectus ini adalah kelompok manusia purba pertama yang dapat membuat peralatan.

Jadi, kehidupan Sinanthropus Pekinensis terbilang cukup maju, dengan pola hidup berpindah-pindah, menggunakan alat dari batu dan tulang serta sudah menggunakan api.

0

Roboguru

Homo neanderthalensis ditemukan oleh ….

Pembahasan Soal:

Homo neanderthalensis dapat berarti manusia dari Neander, karena ditemukan di lembah Sungai Neander, Jerman, tepatnya pada tahun 1856 oleh Rudolf Virchow dan Fulfrott. Menurut kedua ahli tersebut, Homo neanderthalensis diperkirakan hidup sekitar 125 ribu sampai 25 ribu tahun yang lalu. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved