Roboguru

Jenis manusia purba manakah yang termasuk manusia purba tertua di dunia? jelaskan beserta alasan dan bukti buktinya!

Pertanyaan

Jenis manusia purba manakah yang termasuk manusia purba tertua di dunia? jelaskan beserta alasan dan bukti buktinya! 

Pembahasan Soal:

Afrika merupakan kawasan yang sangat penting bagi perkembangan studi paleoantropologi. Banyak fosil manusia purba jenis hominidae (kera besar) yang ditemukan di daratan Afrika. Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), beberapa paleantropolog seperti Springer dan Bauer mengungkapkan bahwa kemunculan manusia modern masa kini berasal dari Afrika. Pada perkembangannya, manusia purba Afrika tersebar ke seluruh penjuru dunia dan mendirikan peradaban. Teori tersebut dikenal dengan Teori Out of Africa.

Adapun manusia Purba yang paling tua, ditemukan di Afrika dan diperkirakan berumur 4 juta tahun lalu adalah manusia purba Ardipithecus Ramidus, ditemukan di Ethiopia sekitar 4,4 juta tahun lalu oleh Yohannes Haile pada tahun 1994. Sisa fosil yang ditemukan hanya terdapat pada bagian tengkorak gigi, tangan dan kaki yang berjumlah 35 bagian. Mengapa fosil ini disebut sebagai yang tertua di dunia karena fosil lainnya seperti Australopithecus Africanus, yang ditemukan di daerah Taung, Afrika Selatan oleh Prof. Raymond Dart pada tahun 1924 ini diperkirakan hidup 3-2,2 juta tahun lalu atau satu juta tahun lebih muda di banding Ardipithecus Ramidus. Adapun buktinya adalah ketika sebuah tim ilmuwan baru-baru ini menemukan bagian telapak kaki berumur 3,4 juta tahun dari daerah Woranso-Mille di Afar, Ethiopia. Setelah diidentifikasi, fosil tak termasuk bagian tubuh "Lucy", spesimen fosil Australopithecus afarensis yang terkenal sebagai nenek moyang awal manusia. Penelitian terhadap spesimen baru menunjukkan ada lebih dari satu spesies nenek moyang awal manusia yang hidup antara tiga dan empat juta tahun lalu. Mereka punya cara bergerak berbeda. Kurator antropologi fisik di Cleveland Museum of Natural History, Amerika Serikat, mengatakan Lucy hidup bersama kerabat dekatnya yang lebih mahir memanjat pohon. Mirip dengan Ardi, spesimen fosil Ardipithecus ramidus yang hidup 4,4 juta tahun lalu, Fosil bagian kaki merupakan bukti pertama untuk menunjukkan keberadaan setidaknya dua spesies pra-manusia yang memiliki perbedaan cara bergerak. Keduanya hidup beriringan di Afrika Timur sekitar 3,4 juta tahun lalu. 

Setelah penemuan tersebut direkonstruksi, diperkirakan bahwa Ardipithecus ramidus memiliki berat sekira 50 kg dengan tinggi badan 120 cm, volume otak seukuran dengan ukuran otak simpanse dan diperkirakan hidup pada 4,4 juta tahun yang lalu.Dengan melalui analisis lengan, jari tangan, dan jari kaki, para ahli menyimpulkan bahwa Ardipithecus ramidus pandai memanjat pohon. Ardipithecus ramidus memiliki gigi seri dan taring yang lebih besar daripada kera modern. Dari analisis gigi tersebut. maka dapat diketahui bahwa Ardipithecus ramidus merupakan pemakan buah-buahan, tanaman, daun, dan mamalia kecil.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah Ardipithecus Ramidus merupakan manusia purba paling tua di dunia ditemukan di Ethiopia sekitar 4,4 juta tahun lalu oleh Yohannes Haile pada tahun 1994. Adapun bukti-buktinya adalah ditemukannya sisa fosil yang hanya terdapat pada bagian tengkorak gigi, tangan dan kaki yang berjumlah 35 bagian. Setelah diidentifikasi, fosil tak termasuk bagian tubuh "Lucy", spesimen fosil Australopithecus afarensis yang terkenal sebagai nenek moyang awal manusia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan 5 jenis/macam manusia purba dari Afrika?

Pembahasan Soal:

Manusia purba, dalam pemahaman yang sempit bisa dipahami bahwa secara fisik ia menyerupai manusia modern, tetapi dalam kebudayaan dan volume otak tidak sepenuhnya manusia, sehingga manusia purba berbeda dengan peristilahan manusia modern yang dipahami. 
Adapun salah satu tempat di mana banyak ditemukan Manusia purba adalah Afrika, beberapa di antaranya:

  • Australopithecus Africanus (Afrika Selatan)
  • Australipothecus Robustus (Afrika Selatan)
  • Australopithecus Boisei (Afrika Timur)
  • Australopithecus Afarensis (Afrika Timur)
  • Homo Habilis (Afrika Timur)

Dengan demikian, lima jenis manusia purba dari Afrika adalah Australopithecus africanus, Australipothecus robustus, Australopithecus boisei, Australopithecus afarensis dan Homo habilis.undefined

0

Roboguru

Fase terpenting dalam proses evolusi Hominidae adalah ….

Pembahasan Soal:

Perubahan cara berjalan menjadi dua kaki merupakan fase terpenting dalam proses evolusi Hominidae. Dengan mampu berdiri tegak dengan kedua kaki, beban tangan untuk menunjang gerakan badan berkurang dan dapat dipergunakan untuk melakukan pekerjaan lain, seperti membuat dan menggunakan alat, mempertahankan   diri, serta mencari dan mengolah makanan.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah D

0

Roboguru

Jenis hominid berikut ini memiliki usia paling tua, yaitu sekitar 3,2 juta tahun. Jenis hominid ini diduga sebagai bentuk evolusi manusia pertama. Berdasarkan pernyataan tersebut jenis hominid yang di...

Pembahasan Soal:

Australopithecus afarensis adalah seekor hominid punah yang hidup sekitar 3,9 dan 2,9 juta tahun yang lalu. Australopithecus afarensis memiliki tubuh yang ramping. Para ilmuwan mempercayai bahwa Australopithecus afarensis adalah nenek moyang dari Homo, yang juga berarti nenek moyang dari manusia modern, Homo sapiens. 

Dengan demikian, jenis hominid yang memiliki usia paling tua, dan diduga sebagai bentuk evolusi manusia pertama/ nenek moyang dari manusia modern adalah Australopithecus afarensis.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space

0

Roboguru

Jelaskan tentang manusia purba yang ditemukan di Afrika ...

Pembahasan Soal:

Manusia Purba atau dikenal juga dengan manusia prasejarah, sebab hidup sebelum mengenal tulisan, sehingga rekonstruksi pengetahuan atasnya didasarkan pada penemuan dan bukti arkeologis yang masih ada. Manusia Purba yang paling tua, ditemukan di Afrika dan diperkirakan berumur 4 juta tahun lalu. 
Berikut penjelasan tentang Manusia Purba di Afrika :

  • Ardipithecus Ramidus, ditemukan di Ethiopia sekitar 4,4 juta tahun lalu oleh Yohannes Haile pada tahun 1994. Sisa fosil yang ditemukan hanya terdapat pada bagian tengkorak gigi, tangan dan kaki yang berjumlah 35 bagian, 
  • Australopithecus Africanus, ditemukan di daerah Taung, Afrika Selatan oleh Prof. Raymond Dart pada tahun 1924. Manusia Purba ini diperkirakan hidup 3-2,2 juta tahun lalu. Secara fisik, Manusia Purba ini kombinasi manusia dan kera, dan dari penemuan fosil yang ada, mengindikasikan mereka sudah bisa berjalan,
  • Homo Rudolfensis, ditemukan Danau Rudolf, Kenya dan diperkirakan telah hidup sekitar 2,4 juta tahun lalu. Karakteristik Manusia Purba ini memiliki bentuk wajah datar dan panjang.

0

Roboguru

Perkembangan kehidupan manusia purba sejak awal kemunculannya di bumi terlihat dari cara . . . . .

Pembahasan Soal:

Perkembangan kehidupan manusia purba sejak awal kemunculannya di bumi dapat dilihat dari caranya beradaptasi dengan lingkungannya untuk bertahan hidup. Contoh dari cara manusia purba bertahan hidup pada masa awal adalah hidupnya masih berpindah-pindah (nomaden) karena mengikuti migrasi hewan buruan. Untuk bertahan hidup manusia purba memburu hewan seperti rusa, babi hutan, kuda, dan kijang.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved