Roboguru

Sel saraf yang menghubungkan sel saraf sensori dengan sel saraf motor yaitu sel saraf….

Pertanyaan

Sel saraf yang menghubungkan sel saraf sensori dengan sel saraf motor yaitu sel saraf….space space

  1. Adjustorspace space

  2. Sensorispace space

  3. Motorspace space

  4. Konektorspace space

Pembahasan Soal:

Macam neuron ada 3 yaitu neuron sensorik, motorik dan interneuron. Neuron sensorik merupakan sel saraf yang menghantarkan impuls dari reseptor ke sistem saraf pusat. Sedangkan neuron motorik adalah sel saraf yang menghantarkan impuls dari sistem saraf pusat ke efektor seperti otot. Kedua neuron ini dihubungkan oleh neuron interneuron atau disebut adjustor.
Sehingga opsi jawaban yang tepat adalah A.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Dian

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut beberapa fungsi neuron: Membawa rangsangan ke sistem saraf pusat Menerima rangsang dari neuron sensori atau interneuron lainnya Meneruskan sistem saraf pusat ke efektor yang merupakan f...

Pembahasan Soal:

Neuron konektor/intermediet (penghubung) merupakan neuron multipolar yang memiliki dendrit pendek tetapi berjumlah banyak, serta akson yang panjang dan ada yang pendek. Neuron ini berada di otak atau sumsum tulang belakang dan berfungsi untuk menerima rangsang dari neuron sensorik dan meneruskannya ke neuron motorik.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space space

0

Roboguru

Perhatikan gambar sel saraf berikut! Berdasarkan gambar di atas, jelaskan karakteristik sel saraf penghubung tersebut!

Pembahasan Soal:

Sel saraf penghubung (interneuron) adalah sel saraf yang berfungsi menghubungkan saraf sensorik dan saraf motorik. Karakteristik sel saraf penghubung adalah akson umumnya tidak memiliki selubung mielin.undefined

0

Roboguru

Tail flip merupakan bentuk refleks udang untuk menghindarkan diri dari bahaya. Tail flip disebabkan oleh kontraksi otot fleksor yang terdapat pada setiap segmen abdominal (No.l-7). Setiap otot fleksor...

Pembahasan Soal:

Interneuron raksasa yang ada di ekor bertanggung jawab atas reaksi Tail flip. Serabut saraf tersebut terdiri dari sepasang interneuron raksasa lateral dan sepasang interneuron raksasa medial. Ketika terdapat rangsangan yang hanya merangsang satu interneuron raksasa lateral (LG atau LGI) atau satu interneuron raksasa medial (MG atau MGI) akan menghasilkan tail flip.

Interneuron raksasa medial dipicu oleh rangsangan gerakan yang tiba-tiba di kepala atau rangsangan visual yang mengkhawatirkan. Hal ini menyebabkan penembakan semua neuron motor giant (MoG) dan fleksi semua otot phasic fast flexor (FF) di perut, yang dengan cepat menggulung ekor dan tiga segmen terakhir pada udang. Hal ini menghasilkan daya dorong yang mengarahkan air ke arah rangsangan yang mengganggu sambil mendorong udang  secara langsung ke belakang. Perilaku ini kemudian diikuti dengan perpanjangan ekor, yang mempersiapkannya untuk berenang atau pelaksanaan tail flip lainnya.

Dengan demikian, pernyataan di atas SALAH.space 

0

Roboguru

Berdasarkan fungsinya, sel saraf dibedakan menjadi sensorik, motorik dan konektor. Di bawah ini yang benar sesuai fungsinya yaitu….

Pembahasan Soal:

Dilihat dari struktur dan fungsinya, sel saraf (neuron) dapat dibedakan menjadi tiga:

  1. Sel Saraf Sensorik (Neuron Sensorik). Sel saraf sensorik berfungsi mengantarkan impuls atau rangsangan yang diterima dari alat indera menuju ke otak atau pusat saraf yang disebut sebagai sel saraf indera. 
  2. Sel Saraf Motorik (Neuron Motorik). Sel saraf motorik berfungsi untuk membawa impuls (rangsangan) yang diperoleh dari otak menuju ke otot atau kelenjar tubuh. 
  3. Sel Saraf Konektor (Interneuron). Sel saraf konektor berfungsi sebagai penghubung atau perantara yang meneruskan rangsangan dari neuron sensorik ke neuron motorik. Karena fungsinya inilah sel saraf konektor juga disebut sebagai sel saraf perantara atau sel saraf penghubung.

0

Roboguru

Perhatikan jenis neuron ini! Karakteristik dan fungsi yang sesuai dari jenis neuron sesuai tabel di atas adalah ….

Pembahasan Soal:

Gambar di atas menunjukan jenis-jenis neuron berdasarkan fungsinya, yaitu Neuron Sensorik (gambar A), Neuron intermediet atau interneuron (gambar B), dan neuron motorik (gambar C), ketiganya memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda seperti dapat kita lihat pada tabel berikut:

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved