Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sel dipelajari dalam cabang biologi yang disebut sitologi. Dalam ilmu sitologi, sel memiliki bagian bagian utama. Deskripsikan bagian-bagian tersebut dengan jelas . . . .

Sel dipelajari dalam cabang biologi yang disebut sitologi. Dalam ilmu sitologi, sel memiliki bagian bagian utama. Deskripsikan bagian-bagian tersebut dengan jelas . . . .undefined 

  1. . . . .undefined 

  2. . . . .undefined 

Iklan

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Sitologi adalah ilmu yang mempelajariunit penyusun seluruh makhluk hidup, mulai dari struktur dan organel sel, pembelahan sel, interaksi antar sel, daur hidup sel, hingga kematian sel. Sel memiliki tiga bagian utama, yaitu membran sel, nukleus (inti sel), dan sitoplasma. Dimana organel-organel sel berada di dalam sitoplasma. Membran sel adalah membran yang membatasi isi sel dari sekelilingnya dan tersusun dari membran dua-lapis yang terdiri dari fosfolipid dan protein (lipoprotein). Nukleus (inti sel) berbentuk bulat panjang dan dilindungi oleh membran nukleus dan memiliki susunan yang sama dengan membran sel yaitu berupa (lipoprotein). Nukleus diperlukan untuk mengontrol reaksi-reaksi kimia, pembelahan sel, dan pertumbuhan. Nukleus mengandung kromosom yang membawa gen dalam bentuk DNA sehingga berfungsi membawa informsi genetik. Sitoplasma adalah cairan matriks atau zat seperti gel yang berada di dalam sel tetapi di luar nukleus dan organel-organel sel lainnya. Organel-organel sel tersebar di dalam sitoplasma. Fungsi spesifik dari sel bergantung pada jumlah dan jenis organel yang dimilikinya. Organel-organel tersebut antara lain ialah : Retikulum endoplasma (RE halus dan RE kasar) Badan golgi (Aparatus golgi/ kompleks golgi) Ribosom Lisosom Badan mikro (peroksisom dan Glioksisom) Mitokondria Plastida Vakuola (rongga sel) Sentriol Sitoskeleton (mikrofilmen/filament aktin, Mikrotubul, dan Filamen Intermediat) Dinding sel.

Sitologi adalah ilmu yang mempelajari unit penyusun seluruh makhluk hidup, mulai dari struktur dan organel sel, pembelahan sel, interaksi antar sel, daur hidup sel, hingga kematian sel. Sel memiliki tiga bagian utama, yaitu membran sel, nukleus (inti sel), dan sitoplasma. Dimana organel-organel sel berada di dalam sitoplasma.undefined 

  • Membran sel adalah membran yang membatasi isi sel dari sekelilingnya dan tersusun dari membran dua-lapis yang terdiri dari fosfolipid dan protein (lipoprotein).
  • Nukleus (inti sel) berbentuk bulat panjang dan dilindungi oleh membran nukleus dan memiliki susunan yang sama dengan membran sel yaitu berupa (lipoprotein). Nukleus diperlukan untuk mengontrol reaksi-reaksi kimia, pembelahan sel, dan pertumbuhan. Nukleus mengandung kromosom yang membawa gen dalam bentuk DNA sehingga berfungsi membawa informsi genetik.
  • Sitoplasma adalah cairan matriks atau zat seperti gel yang berada di dalam sel tetapi di luar nukleus dan organel-organel sel lainnya. Organel-organel sel tersebar di dalam sitoplasma. Fungsi spesifik dari sel bergantung pada jumlah dan jenis organel yang dimilikinya. Organel-organel tersebut antara lain ialah :
    • Retikulum endoplasma (RE halus dan RE kasar)
    • Badan golgi (Aparatus golgi/ kompleks golgi)
    • Ribosom
    • Lisosom
    • Badan mikro (peroksisom dan Glioksisom)
    • Mitokondria
    • Plastida
    • Vakuola (rongga sel)
    • Sentriol
    • Sitoskeleton (mikrofilmen/filament aktin, Mikrotubul, dan Filamen Intermediat)
    • Dinding sel.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Amati gambar sel tumbuhan berikut ini. Yang berperan sebagai tempat fotosintesis dan respirasi sel adalah . . .

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia