Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sejarah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, sebab …

Sejarah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, sebab …

  1. Manusia sangat tergantung pada sejarahnya

  2. Sejarah tidak akan pernah berhenti dari kehidupan manusia

  3. Sejarah terjadi dan berkembang di sekitar kehidupan manusia

  4. Pelaku dan obyek penelitian sejarah adalah manusia

  5. Sejarah mempelajari peristiwa pada masa lampau manusia

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D

jawaban yang tepat adalah D

Iklan

Pembahasan

Hal tersebut dikarenakan manusia adalah objek serta subjek atau pelaku dalam sejarah.Sejarah disusun oleh manusia berdasarkan fakta-fakta atau peninggalan masa lalu. Fakta atau peninggalan masa lalu disebut objek, baik bersifat artifak maupun yang berwujud dokumen tertulis.Penyusun sejarah adalah manusia; manusia disini disebut subjek. Dalam penyusunan sejarah dituntut apa adanya (objektif), namun hal itu sulit dicapai karena peristiwanya telah berlalu dan hanya sekali terjadi (einmalig). Unsur subjektifitas akan muncul sesuai cara pandang subjek dalam menafsirkan dan menyusun sejarah. Manusia dalam proses sejarah selalu menempatkan dirinya sebagai objek sekaligus subjek sejarah. Keberadaan manusia sebagai makhluk sejarah, tidak dapat dilepaskan dari kemampuan manusia menciptakan dunianya.Heraty mengungkapkan, bahwa manusia mampu menciptakan dunia kultural, suatu Lebenswelt. Melalui kemampuan merenung yang dimiliki manusia dapat menciptakan dunia Eigenwelt, dunia batin. Melalui dimensi Eigenwelt, manusia tidak hanya dapat mengambil jarak dengan sesuatu di luar dirinya.Manusia juga dapat mengambil jarak dengan dirinya sendiri. Jadi, jawaban yang tepat adalah D

Hal tersebut dikarenakan manusia adalah objek serta subjek atau pelaku dalam sejarah. Sejarah disusun oleh manusia berdasarkan fakta-fakta atau peninggalan masa lalu. Fakta atau peninggalan masa lalu disebut objek, baik bersifat artifak maupun yang berwujud dokumen tertulis.Penyusun sejarah adalah manusia; manusia disini disebut subjek. Dalam penyusunan sejarah dituntut apa adanya (objektif), namun hal itu sulit dicapai karena peristiwanya telah berlalu dan hanya sekali terjadi (einmalig). Unsur subjektifitas akan muncul sesuai cara pandang subjek dalam menafsirkan dan menyusun sejarah. Manusia dalam proses sejarah selalu menempatkan dirinya sebagai objek sekaligus subjek sejarah. Keberadaan manusia sebagai makhluk sejarah, tidak dapat dilepaskan dari kemampuan manusia menciptakan dunianya.Heraty mengungkapkan, bahwa manusia mampu menciptakan dunia kultural, suatu Lebenswelt. Melalui kemampuan merenung yang dimiliki manusia dapat menciptakan dunia Eigenwelt, dunia batin. Melalui dimensi Eigenwelt, manusia tidak hanya dapat mengambil jarak dengan sesuatu di luar dirinya.Manusia juga dapat mengambil jarak dengan dirinya sendiri.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

211

metodius raka diodatus

Mudah dimengerti

Marssya Aulya

Bantu banget

Ramadania

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu unsur sejarah adalah manusia. Manusia dan sejarah merupakan satu ikatan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Manusia memiliki peranan penting dalam sejarah. Hal ini karena . . . .

59

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia