Roboguru

Manusia dalam sejarah diposisikan sebagai ...

Pertanyaan

Manusia dalam sejarah diposisikan sebagai ...

  1. Objek sejarah

  2. Subjek sejarah

  3. Makhluk sejarah

  4. Objek dan subjek sejarah

  5. Pencipta sejarah

Pembahasan Soal:

Manusia menjadi sejarah karena keberadaannya memengaruhi kehidupan. Manusia dalam sejarah diposisikan sebagai subjek dan objek dalam sejarah. Manusia sebagai objek sejarah berarti tindakan manusia dalam menentukan arus kesejarahan. Peran ini kebanyakan dilakukan sejarawan yang meneliti dan menulis peristiwa masa lalu. Manusia sebagai subjek sejarah cenderung bersifat subjektif. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Peristiwa sejarah menempati unsur ruang dan waktu yang terus bergerak ke depan secara dinamins. Namun, peristiwa sejarah tidak akan tercipta apabila tidak ada . . . .

Pembahasan Soal:

Peristiwa sejarah tidak akan tercipta jika tidak ada manusia. Hal tersebut dikarenakan manusia adalah salah satu unsur terpenting dalam sejarah bersama ruang dan waktu. Unsur Manusia adalah pelaku sejarah yang melakukan peristiwa sejarah. Unsur Waktu dalam Sejarah adalah konsep dasar, dimana setiap peristiwa Sejarah memiliki unsur waktu kapan peristiwa sejarah tersebut terjadi. Unsur Ruang dalam Sejarah adalah tempat terjadinya berbagai peristiwa dalam proses perjalanan waktu. Unsur manusia, unsur ruang, dan unsur waktu merupakan komponen penyusun di dalam setiap peristiwa sejarah. Setiap peristiwa sejarah pasti memiliki pelaku sejarah, tempat kejadian, dan waktu kapan peristiwa tersebut terjadi. Waktu menjadi unsur dan konsep penting dalam sejarah karena peristiwa sejarah dalam kehidupan manusia berlangsung secara kontinu. Sedangkan ruang merupakan tampat terjadinya berbagai peristiwa-peristiwa dalam perjalanan waktu. Dalam Ilmu Sejarah, waktu terjadinya peristiwa sejarah dipisahkan menjadi beberapa babak atau periode, dalam proses yang disebut dengan periodisasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C

1

Roboguru

Sejarah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, sebab …

Pembahasan Soal:

Hal tersebut dikarenakan manusia adalah objek serta subjek atau pelaku dalam sejarah. Sejarah disusun oleh manusia berdasarkan fakta-fakta atau peninggalan masa lalu. Fakta atau peninggalan masa lalu disebut objek, baik bersifat artifak maupun yang berwujud dokumen tertulis.Penyusun sejarah adalah manusia; manusia disini disebut subjek. Dalam penyusunan sejarah dituntut apa adanya (objektif), namun hal itu sulit dicapai karena peristiwanya telah berlalu dan hanya sekali terjadi (einmalig). Unsur subjektifitas akan muncul sesuai cara pandang subjek dalam menafsirkan dan menyusun sejarah. Manusia dalam proses sejarah selalu menempatkan dirinya sebagai objek sekaligus subjek sejarah. Keberadaan manusia sebagai makhluk sejarah, tidak dapat dilepaskan dari kemampuan manusia menciptakan dunianya.Heraty mengungkapkan, bahwa manusia mampu menciptakan dunia kultural, suatu Lebenswelt. Melalui kemampuan merenung yang dimiliki manusia dapat menciptakan dunia Eigenwelt, dunia batin. Melalui dimensi Eigenwelt, manusia tidak hanya dapat mengambil jarak dengan sesuatu di luar dirinya.Manusia juga dapat mengambil jarak dengan dirinya sendiri.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D

0

Roboguru

Sejarah adalah milik manusia. Makhluk-makhluk lain seperti hewan, misalnya tidak memiliki sejarah. Hal itu karena manusia memiliki . . . .

Pembahasan Soal:

Sejarah adalah milik manusia. Makhluk-makhluk lain misalnya hewan, tidak memiliki sejarah. Hal itu karena manusia memiliki  akal budi dan kesadaran. Akal budi sangat berperan penting di dalam memunculkan sejarah. Dari akal budi, manusia berinisiatif untuk tidak hanya mengingat masa lampau, tetapi juga mengetahui pola-pola pergerakan sejarah, mengingat masa lalu, bahkan menuliskan sejarah yang telah terjadi di masa lampau. Dengan adanya kesadaran dan akal budi manusia, maka sejarah adalah milik manusia, dimana manusia dapat menuliskan sejarah, mengingat peristiwa sejarah dan menceritakan kembali sejarah yang diambil dari akal budi dan kesadarannya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D

0

Roboguru

Dalam ilmu sejarah dibahas tentang manusia dalam kegiatan dengan masyarakat atau bangsanya merupakan kajian utama, yakni segala aktivitas manusia pada masa lalu. Jelaskan maksud dari pernyataan di ata...

Pembahasan Soal:

Sejarah adalah proses interaksi serba terus antara sejarawan dengan fakta-fakta yang ada padanya, atau suatu dialog tiada henti-hentinya antara masa sekarang dengan masa silam. Sejarah memiliki 3 unsur penting, yaitu manusia, ruang dan waktu.

  1. Manusia. Manusia memiliki peran penting dalam peristiwa sejarah. Manusia adalah aktor utama yang sangat mementukan suatu peristiwa sejarah. Sehingga mempelajari sejarah dapat diartikan juga kita mempelajari sejarah manusia. Dalam sejarah, manusia berperan sebagai objek dan subjek
  2. Ruang. Dalam sejarah, ruang merupakan unsur penting yang harus ada. Ruang atau tempat terjadinya peristiwa sejarah berkaitan dengan aspek geografis. Setiap komunitas yang tinggal di suatu tempat, akan memiliki pola pikir dan sistem budaya yang diperoleh dari leluhurnya. Sehingga kisah sejarah manusia merupakan proses interaksi dengan kehidupan sosial, budaya, politik, ekonomi pada ruang atau tempat tertentu.
  3. Waktu. Setiap manusia dan makhluk hidup lainnya hidup dalam waktu dan tidak dapat dilepaskan dari waktu. Mereka berkaitan erat dengan kehidupan masa lalu, masa kini, dan masa depan. Mempelajari sejarah bukan hanya mempelajari sesuatu yang berhenti, melainkan sesuatu yang terus bergerak sejalan dengan perjalanan waktu. Setiap peristiwa sejarah berada dalam kurun waktu tertentu yang memiliki latar belakang waktu sebelumnya.

Dalam ilmu sejarah, manusia dalam kegiatan dengan masyarakat atau bangsanya merupakan kajian utama. Sejarah membahas aktivitas manusia pada masa lalu. Namun, seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, bukan berarti sejarah membahas aktivitas manusia secara keseluruhan. Kisah manusia tersebut berkaitan dengan kehidupan manusia yang berkreasi dalam menghadapi kehidupannya. Kisah manusia tersebut dibatasi oleh waktu dan ruang, serta tempat manusia itu berada. Dari sudut pandang waktu kreativitas manusia pada masa lampau berbeda dengan kreativitas manusia pada masa kini. Demikian halnya dengan ruang. Pemahaman tentang ruang dan waktu diperlukan untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir secara kronologis. Dalam hal kreativitas manusia pada masa lampau misalnya bagaimana manusia pada zaman batu makan, minum, berpakaian serta melakukan perjalanan menjadi pengalaman yang diwariskan bagi masa-masa sesudahnya. Sebagai contoh adalah bagaimana kreativitas manusia untuk melakukan perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa manusia merupakan unsur utama dalam sejarah karena manusia merupakan objek dan subjek dalam sejarah

0

Roboguru

Salah satu unsur sejarah adalah manusia. Manusia dan sejarah merupakan satu ikatan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Manusia memiliki peranan penting dalam sejarah. Hal ini karena . . . .

Pembahasan Soal:

3 unsur penting dalam sejarah adalah: Manusia, Ruang dan Waktu. Unsur Manusia adalah pelaku sejarah dan berperan sebagai objek sekaligus subjek dalam peristiwa sejarah. Unsur Waktu dalam Sejarah adalah konsep dasar, dimana setiap peristiwa Sejarah memiliki unsur waktu kapan peristiwa sejarah tersebut terjadi. Unsur Ruang dalam Sejarah adalah tempat terjadinya berbagai peristiwa dalam proses perjalanan waktu. Unsur manusia, unsur ruang, dan unsur waktu merupakan komponen penyusun di dalam setiap peristiwa sejarah. Setiap peristiwa sejarah pasti memiliki pelaku sejarah, tempat kejadian, dan waktu kapan peristiwa tersebut terjadi. Waktu menjadi unsur dan konsep penting dalam sejarah karena peristiwa sejarah dalam kehidupan manusia berlangsung secara kontinu. Sedangkan ruang merupakan tampat terjadinya berbagai peristiwa-peristiwa dalam perjalanan waktu. Dalam Ilmu Sejarah, waktu terjadinya peristiwa sejarah dipisahkan menjadi beberapa babak atau periode, dalam proses yang disebut dengan periodisasi. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved