Iklan

Iklan

Pertanyaan

Secara umum, proses pengolahan minyak mentah dilakukan melalui dua tahap yaitu ... dan ...

Secara umum, proses pengolahan minyak mentah dilakukan melalui dua tahap yaitu ... dan ...space 

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tahapan pengolahan minyak mentah adalah distilasi bertingkat dan tahapan lanjutan.

tahapan pengolahan minyak mentah adalah distilasi bertingkat dan tahapan lanjutan.

Iklan

Pembahasan

Minyak bumi adalah cairan kental, berwarna coklat pekat/gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak bumidapat dipisahkan menjadi komponen-komponen pernyusunnya menurut perbedaan titk didihnya yang disebut proses kilang. Tahap pertama ialah suatu distilasi bertingkat yang akan menghasilkan fraksi-fraksi minyak bumi. Pada pengolahan minyak bumi tahap kedua , dilakukan berbagai proses lanjutan dari hasil penyulingan pada tahap pertama. Proses-proses tersebut meliputi: Perengkahan ( cracking ): Pada proses perengkahan, dilakukan perubahan struktur kimia senyawa-senyawa hidrokarbon yang meliputi: pemecahan rantai, alkilasi (pembentukan alkil), polimerisasi (penggabungan rantai karbon), reformasi (perubahan struktur), dan isomerisasi (perubahan isomer). Proses ekstraksi: Pembersihan produk dengan menggunakan pelarut sehingga didapatkan hasil lebih banyak dengan mutu lebih baik. Proses kristalasasi: Proses pemisahan produk-produk melalui perbedaan titik cairnya. Misalnya, dari pemurnian solar melalui proses pendinginan, penekanan, dan penyaringan akan diperoleh produk sampingan lilin. Pembersihan dari kontaminasi ( treating ): Pada proses pengolahan tahap pertama dan tahap kedua sering terjadi kontaminasi (pengotoran). Kotoran-kotoran ini harus dibersihkan dengan cara menambahkan soda kaustik (NaOH), tanah liat atau hidrogenasi. Hasil proses tahap kedua ini dapat dikelompokan berdasarkan titik didih dan jumlah atom karbon pembentuk rantai karbonnya. Jadi, tahapan pengolahan minyak mentah adalah distilasi bertingkat dan tahapan lanjutan.

Minyak bumi adalah cairan kental, berwarna coklat pekat/gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak bumi  dapat dipisahkan menjadi komponen-komponen pernyusunnya menurut perbedaan titk didihnya yang disebut proses kilang.

Tahap pertama ialah suatu distilasi bertingkat yang akan menghasilkan fraksi-fraksi minyak bumi. Pada pengolahan minyak bumi tahap kedua, dilakukan berbagai proses lanjutan dari hasil penyulingan pada tahap pertama. Proses-proses tersebut meliputi:

  1. Perengkahan (cracking): Pada proses perengkahan, dilakukan perubahan struktur kimia senyawa-senyawa hidrokarbon yang meliputi: pemecahan rantai, alkilasi (pembentukan alkil), polimerisasi (penggabungan rantai karbon), reformasi (perubahan struktur), dan isomerisasi (perubahan isomer).
  2. Proses ekstraksi: Pembersihan produk dengan menggunakan pelarut sehingga didapatkan hasil lebih banyak dengan mutu lebih baik.
  3. Proses kristalasasi: Proses pemisahan produk-produk melalui perbedaan titik cairnya. Misalnya, dari pemurnian solar melalui proses pendinginan, penekanan, dan penyaringan akan diperoleh produk sampingan lilin.
  4. Pembersihan dari kontaminasi (treating): Pada proses pengolahan tahap pertama dan tahap kedua sering terjadi kontaminasi (pengotoran). Kotoran-kotoran ini harus dibersihkan dengan cara menambahkan soda kaustik (NaOH), tanah liat atau hidrogenasi.

Hasil proses tahap kedua ini dapat dikelompokan berdasarkan titik didih dan jumlah atom karbon pembentuk rantai karbonnya.

Jadi, tahapan pengolahan minyak mentah adalah distilasi bertingkat dan tahapan lanjutan.

Latihan Bab

Minyak Bumi dan Fraksi Penting Minyak Bumi

Mutu Bensin

Dampak Pembakaran Bahan Bakar

Proses Lanjutan Pengolahan Minyak Bumi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa minyak mentah dari hasil pengoboran sumur ekplorasi belum dapat dimanfaatkan?

332

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia