Pertanyaan

Secara alami, belerang terkandung di dalamtanah dalam bentuk mineral tanah. selainitu, belerang di udara juga berasal dari sisapembakaran minyak bumi dan batu bara,dalam bentuk SO 2 ,Gas SO 2 banyak dihasilkanoleh asap kendaraan dan pabrik.Apakah gas belerang yang berlebihan diudara dapat berbahaya bagi lingkungan?Jelaskan!

Secara alami, belerang terkandung di dalam tanah dalam bentuk mineral tanah. selain itu, belerang di udara juga berasal dari sisa pembakaran minyak bumi dan batu bara, dalam bentuk SO2, Gas SO2 banyak dihasilkan oleh asap kendaraan dan pabrik. Apakah gas belerang yang berlebihan di udara dapat berbahaya bagi lingkungan? Jelaskan!space   space 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Belerang (sulfur) merupakan unsur penyusun protein.Didalam tubuh tumbuhan, belerang digunakan sebagai bahan penyusunprotein.Jika tumbuhan dan hewan mati, jasad renik akanmenguraikannya menjadi gas H 2 S, atau menjadi SO 2 dan SO 4 ·2- .Gas SO 2 juga berasal dari sisa pembakaran minyak bumi dan batu bara. Jika bereaksi dengan uap air hujan,gas -gas tersebut akan berubah menjadi sulfat yang ikut jatuh. Apabila kadar sulfat berlebih maka keasamaan air hujan akan meningkat dan menyebabkan hujan asam. Hujan asam merugikan karena bersifat korosif,membunuh tanaman dan merubah keasaman tanah.

Belerang (sulfur) merupakan unsur penyusun protein. Di dalam tubuh tumbuhan, belerang digunakan sebagai bahan penyusun protein. Jika tumbuhan dan hewan mati, jasad renik akan menguraikannya menjadi gas H2S, atau menjadi SO2 dan SO4·2- . Gas SO2 juga berasal dari sisa pembakaran minyak bumi dan batu bara. Jika bereaksi dengan uap air hujan,gas -gas tersebut akan berubah menjadi sulfat yang ikut jatuh. Apabila kadar sulfat berlebih maka keasamaan air hujan akan meningkat dan menyebabkan hujan asam. Hujan asam merugikan karena bersifat korosif, membunuh tanaman dan merubah keasaman tanah.

205

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Tumbuhan menyerap sulfur dalam bentuk. . . .

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia