Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan daur sulfur berikut! Bagian yang ditunjuk oleh huruf P, Q, dan R secara berurutan, yaitu ...., ..., dan....

Perhatikan daur sulfur berikut!

Bagian yang ditunjuk oleh huruf P, Q, dan R secara berurutan, yaitu ...., ..., dan....space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

berdasarkan daur di atas diketahui bahwa P adalah Sulfat yang merupakan hasil dari pembusukan organisme yang telah mati, R adalah gas sulfur dan sulfida yang merupakan hasil penguraian bakteri anaerobik dan Q adalah ion-ion sulfat dalam tanah yang akan diserap oleh tumbuhan.

berdasarkan daur di atas diketahui bahwa P adalah Sulfat yang merupakan hasil dari pembusukan organisme yang telah mati, R adalah gas sulfur dan sulfida yang merupakan hasil penguraian bakteri anaerobik dan Q adalah ion-ion sulfat dalam tanah yang akan diserap oleh tumbuhan.space   

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Siklus sulfur atau daur belerang merupakan perubahan sulfur dari hidrogen sulfida menjadi sulfur dioksida lalu menjadi sulfat dan kembali menjadi hidrogen sulfida lagi. Berikut ini tahapan siklus sulfur yang diawali dari dalam tanah : Ketika ion-ion sulfat di serap oleh akar dan dimetabolisme menjadi penyusun protein dalam tubuh tumbuhan. Melalui rantai makanan sulfur berpindah ke konsumen. Ketika hewan dan manusia memakan tumbuhan, protein tersebut akan berpindah ke tubuh manusia. Jika organisme mati akan mengalami pembusukan oleh bakteri sehingga senyawa sulfur dalam organisme akan terurai secara aerob membentuk sulfat kembali, dan bila penguraian berlangsung secara anaerob menghasilkan gas sulfur dan sulfida. Gas sulfur dan sulfida juga berasal dari hasil reduksi senyawa sulfat secara anaerob oleh bakteri pereduksi sulfur. Oleh bakteri sulfur, gas sulfur dan sulfida di udara dioksidasi menghasilkan sulfur, selanjutnya sulfur dioksidasi lagi membentuk sulfat dalam tanah. Jadi, berdasarkan daur di atas diketahui bahwa P adalah Sulfat yang merupakan hasil dari pembusukan organisme yang telah mati, R adalah gas sulfur dan sulfida yang merupakan hasil penguraian bakteri anaerobik dan Q adalah ion-ion sulfat dalam tanah yang akan diserap oleh tumbuhan.

Siklus sulfur atau daur belerang merupakan perubahan sulfur dari hidrogen sulfida menjadi sulfur dioksida lalu menjadi sulfat dan kembali menjadi hidrogen sulfida lagi. Berikut ini tahapan siklus sulfur yang diawali dari dalam tanah :

  1. Ketika ion-ion sulfat di serap oleh akar dan dimetabolisme menjadi penyusun protein dalam tubuh tumbuhan. Melalui rantai makanan sulfur berpindah ke konsumen. Ketika hewan dan manusia memakan tumbuhan, protein tersebut akan berpindah ke tubuh manusia.
  2. Jika organisme mati akan mengalami pembusukan oleh bakteri sehingga senyawa sulfur dalam organisme akan terurai secara aerob membentuk sulfat kembali, dan bila penguraian berlangsung secara anaerob menghasilkan gas sulfur dan sulfida.
  3. Gas sulfur dan sulfida juga berasal dari hasil reduksi senyawa sulfat secara anaerob oleh bakteri pereduksi sulfur. Oleh bakteri sulfur, gas sulfur dan sulfida di udara dioksidasi menghasilkan sulfur, selanjutnya sulfur dioksidasi lagi membentuk sulfat dalam tanah.

Jadi, berdasarkan daur di atas diketahui bahwa P adalah Sulfat yang merupakan hasil dari pembusukan organisme yang telah mati, R adalah gas sulfur dan sulfida yang merupakan hasil penguraian bakteri anaerobik dan Q adalah ion-ion sulfat dalam tanah yang akan diserap oleh tumbuhan.space   

Latihan Bab

Ekosistem

Interaksi antar Organisme

Piramida Ekologi dan Perubahan Komunitas

Siklus Biogeokimia

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Lengkapilah bagan di bawah ini! Pada bagian d terjadi proses... .

95

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia