Roboguru

Sebutkan tiga organisasi yang di bentuk jepang pada masa kependudukannya di Indonesia!

Pertanyaan

Sebutkan tiga organisasi yang di bentuk jepang pada masa kependudukannya di Indonesia!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Jepang mencoba untuk membentuk gerakan tiga A, dengan memulai kampanye propaganda. Gerakan ini bertujuan untuk mengambil hati rakyat. Melalui propaganda tersebut, Jepang kemudian membentuk organisasi diantaranya: 

  1. Himpunan Kebangkitan Jawa (Jawa Hokokai). Organisasi ini dipernyatakan sebagai organisasi resmi pemerintahan Indonesia. Berarti, gerakan organisasi tersebut dapat diintegrasikan ke dalam sebuah pemerintah Indonesia.
  2. Seinendan. Seinendan ialah organisasi semi militer yang didirikan pada tanggal 29 April 1943. Orang-orang yang boleh mengikuti organisasi ini ialah pemuda yang berumur maksimal 14 sampai 22 tahun.
  3. Keibodan. Organisasi ini didirikan bersamaan dengan didirikannya Seinendan, yakni pada tanggal 29 April 1943. Anggotanya ialah para pemuda yang berusia sekitar 25 sampai 45 tahun. Tujuan didirikannya Keibodan ini yakni untuk membantu polisi dalam menjaga lalu lintas dan melakukan pengamanan desa.

Dengan demikian,  3 organisasi bentukan Jepang adalah Jawa Hokokai, Seinendan, dan Keibodan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan persamaan dan perbedaan antara organisasi bentukan Jepang dengan organisasi yang didirikan bangsa Indonesia saat ini!

Pembahasan Soal:

Pada masa kependudukan militer Jepang di Indonesia, Jepang banyak membentuk berbagai organisasi. Ternyata terdapat beberapa persamaan dan perbedaan antara organisasi bentukan Jepang dengan organisasi yang didirikan oleh bangsa Indonesia saat ini.

Untuk persamaan, baik organisasi bentukan Jepang maupun organisasi yang didirikan Indonesia saat ini sama-sama dipimpin oleh kaum cendekiawan. Contohnya adalah organisasi Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA) yang dipimpin oleh Empat Serangkai yang merupakan kaum cendekiawan. Selain itu, organisasi bentukan Jepang dan organisasi Indonesia hari ini juga sama-sama sudah memiliki visi dan misi yang jelas serta tidak bersifat kedaerahan, melainkan nasional.

Sedangkan perbedaannya terletak pada tujuannya. Organisasi bentukan Jepang bertujuan untuk membantu pemerintahan militer Jepang ketika menghadapi Perang Dunia II, sementara organisasi Indonesia pada hari ini tidak didirikan untuk menghadapi sebuah perang. Selain itu, pada organisasi bentukan Jepang, para tokoh menyebarkan nasionalisme Indonesia secara sembunyi-sembunyi seperti yang dilakukan Empat Serangkai yang memanfaatkan posisi mereka dalam PUTERA. Tentu hal ini berbeda dengan organisasi Indonesia yang secara terang-terangan menyebarkan nasionalisme Indonesia.

Jadi, persamaan antara organisasi bentukan Jepang dan organisasi bentukan Indonesia pada saat ini adalah sama-sama dipimpin kaum cendekiawan, memiliki visi dan misi yang jelas, serta tidak bersifat kedaerahan. Sementara perbedaannya terletak pada tujuan dan cara menyebarkan rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia. spacespace

1

Roboguru

Jelaskan bagaimana peran mahasiswa dalam proses jatuhnya pemerintah Orde Baru yg telah berkuasa selama 32 tahun !

Pembahasan Soal:

Tahun 1998 merupakan salah satu tonggak perubahan terbesar dalam sejarah Indonesia. Dengan adanya krisis multidimensi, terjadi upaya dalam perubahan keadaan sosial, politik dan ekonomi yang dimotori oleh gerakan mahasiswa. Gerakan ini didukung oleh kesadaran bersama dari para mahasiswa, dan kemudian benar-benar menjadi sesuatu gerakan perubahan yang efektif. Aksi demonstrasi besar-besaran digelar para pemuda dan mahasiswa untuk meyuarakan tuntutan perbaikan kondisi Indonesia (reformasi). Momen ini kemudian berkembang menjadi suatu gerakan bersama yang menuntut perubahan di beberapa bidang, khususnya sistem pemerintahan yang saat itu penuh dengan praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Dengan demikian, peran mahasiswa dalam proses jatuhnya Orde Baru adalah sebagai motor penggerak dalam proses jatuhnya Orde Baru.

0

Roboguru

Tokoh yang menginspirasi Soetomo untuk mendirikan organisasi pergerakan berbasis pemuda adalah ....

Pembahasan Soal:

Saat belajar di STOVIA, Soetomo berkesempatan mendengarkan ceramah dokter senior, Wahidin Sudirohusodo. Ceramah dr. Wahidin membukakan mata Soetomo akan pentingnya pemuda dalam memajukan pendidikan sebagai jalan untuk membebaskan bangsa dari penjajahan. Soetomo menyampaikan gagasan kepada teman-temannya di STOVIA untuk mendirikan sebuah perkumpulan yang anggotanya berasal dari kalangan anak-anak muda terpelajar. Dari berbagai diskusi, akhirnya disepakati oleh Soeraji dan Goenawan Mangoenkoesoemo yang juga pelajar di STOVIA untuk mendirikan Boedi Utomo pada 20 Mei 1908. Dalam kesempatan tersebut, Soetomo terpilih menjadi ketua organisasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Sebagai seorang pemuda yang berperan penting dalam sejarah bangsa Indonesia, Sutan Sjahrir memiliki berbagai karya nyata tentang perjuangan bangsa Indonesia. Salah satu karya yang ia ciptakan adalah …...

Pembahasan Soal:

Sutan Sjahrir merupakan seorang tokoh pemuda yang mempunyai peranan penting dalam kemerdekaan Indonesia. Pada masa pendudukan Jepang, Sutan Sjahrir melakukan perlawanan bawah tanah terhadap Jepang. Kecakapannya dalam berdiplomasi membuat akhirnya ia diangkat sebagai perdana menteri pertama Indonesia. Sutan Sjahrir juga dikenal dengan berbagai karya yang ia ciptakan, di antaranya adalah tulisan berjudul Revolusi Kita. Dalam karyanya tersebut, ia menceritakan mengenai peta persoalan revolusi di Indonesia.undefined  

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.undefined  

0

Roboguru

Nilai positif yang dapat diteladani dari sosok Mohammad Yamin adalah ....

Pembahasan Soal:

M. Yamin merupakan salah seorang tokoh pergerakan, pemikir, dan budayawan yang mampu melihat kehidupan bangsa ini, ke masa depan, jauh melampaui zamannya. Beliau adalah sosok manusia teladan, potret putra terbaik bangsa yang gagasan-gagasannya selalu menekankan pentingnya persatuan bagi bangsa Indonesia yang multietnik. Bahkan dalam puisi yang ditulisnya pada 26 Oktober 1928 dengan judul Indonesia Tumpah Darahku, Yamin menyampaikan kecintaan terhadap bahasa bangsanya serta pada cita-cita dalam mempersatukan beragam suku bangsa ke dalam satu negeri, satu bangsa, dan satu bahasa, yaitu Indonesia. Dengan demikian, Yamin dikenal sebagai seorang Bapak Bangsa yang berpandangan jauh melampaui zamannya dan menjunjung tinggi semangat nasionalisme.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved