Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan teori-teori tentang terbentuknya planet Bumi!

Sebutkan teori-teori tentang terbentuknya planet Bumi!space 

Iklan

R. Hajrianti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwa teori terbentuknya planet Bumi terdiri dari teori Kabut atau Nebula, teori Pasang Surut, teori Planetesimal, teori Bintang Kembar, dan teori Awan Debu.

dapat disimpulkan bahwa teori terbentuknya planet Bumi terdiri dari teori Kabut atau Nebula, teori Pasang Surut, teori Planetesimal, teori Bintang Kembar, dan teori Awan Debu.space  

Iklan

Pembahasan

Beberapa teori tentang terbentuknya planet Bumi adalah sebagai berikut. Teori Kabut atau Nebula, menyatakan bahwa mulanya tata surya merupakan gumpalan gas mirip cakram yang berputar. Cakram tersebut memepat, dan gas yang terkumpul di bagian tengah membentuk Matahari, sedangkan gas di sekitarnya menjadi planet-planet, termasuk Bumi. Teori Pasang Surut, menyatakan bahwa Matahari telah ada sejak dulu, dan suatu saat ada bintang besar yang berpapasan dengan Matahari, sehingga menyebabkan pasang pada Matahari. Bintang tersebut kemudian menjauh dan massa matahari yang pasang menjadi terhambur, sehingga membeku dan membentukplanet Bumi dan planet lainnya di tata surya. Teori Planetesimal, hampir sama seperti teori Pasang Surut, menyatakan bahwa planet Bumi dan planet lainnya terbentuk dari massa matahari yang berhamburan. Teori Bintang Kembar, menyatakan bahwa dulu terdapat dua bintang yang berdekatan, kemudian salah satu bintang menabrak bintang yang lain, sehingga bintang tersebut meledak dan membentuk serpihan-serpihan. Serpihan tersebut kemudian berubah menjadi planet-planet, termasuk planet Bumi. Teori Awan Debu, menyatakan bahwa planet Bumi dan planet lainnya terbentuk dari gumpalan gas debu yang berukuran kecil, kemudian berpilin dan membeku. Jadi, dapat disimpulkan bahwa teori terbentuknya planet Bumi terdiri dari teori Kabut atau Nebula, teori Pasang Surut, teori Planetesimal, teori Bintang Kembar, dan teori Awan Debu.

Beberapa teori tentang terbentuknya planet Bumi adalah sebagai berikut.

  1. Teori Kabut atau Nebula, menyatakan bahwa mulanya tata surya merupakan gumpalan gas mirip cakram yang berputar. Cakram tersebut memepat, dan gas yang terkumpul di bagian tengah membentuk Matahari, sedangkan gas di sekitarnya menjadi planet-planet, termasuk Bumi.
  2. Teori Pasang Surut, menyatakan bahwa Matahari telah ada sejak dulu, dan suatu saat ada bintang besar yang berpapasan dengan Matahari, sehingga menyebabkan pasang pada Matahari. Bintang tersebut kemudian menjauh dan massa matahari yang pasang menjadi terhambur, sehingga membeku dan membentuk planet Bumi dan planet lainnya di tata surya.
  3. Teori Planetesimal, hampir sama seperti teori Pasang Surut, menyatakan bahwa planet Bumi dan planet lainnya terbentuk dari massa matahari yang berhamburan.
  4. Teori Bintang Kembar, menyatakan bahwa dulu terdapat dua bintang yang berdekatan, kemudian salah satu bintang menabrak bintang yang lain, sehingga bintang tersebut meledak dan membentuk serpihan-serpihan. Serpihan tersebut kemudian berubah menjadi planet-planet, termasuk planet Bumi.
  5. Teori Awan Debu, menyatakan bahwa planet Bumi dan planet lainnya terbentuk dari gumpalan gas debu yang berukuran kecil, kemudian berpilin dan membeku.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa teori terbentuknya planet Bumi terdiri dari teori Kabut atau Nebula, teori Pasang Surut, teori Planetesimal, teori Bintang Kembar, dan teori Awan Debu.space  

Latihan Bab

Jagat Raya

Tata Surya

Gerakan Planet Bumi

Lapisan Interior Bumi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

799

Aura Febriyanti

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa terbentuknya bumi tidak dapat dilepaskan dari proses terbentuknya tata surya?

280

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia