Roboguru

Mengapa terbentuknya bumi tidak dapat dilepaskan dari proses terbentuknya tata surya?

Pertanyaan

Mengapa terbentuknya bumi tidak dapat dilepaskan dari proses terbentuknya tata surya?space 

Pembahasan Soal:

Proses perkembangan planet Bumi dari masa ke masa tidak dapat dipisahkan dengan sejarah terbentuknya tata surya. Hal ini dikarenakan Bumi merupakan salah satu anggota dari sistem tata surya yang berpusat pada Matahari. Semua teori tentang pembentukan tata surya seperti teori kabut, teori pasang surut, teori planetesimal, teori awan debu, dan teori bintang kembar semuanya berkorelasi dengan pembentukan planet, salah satunya Planet Bumi. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Rocky

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan: terbentuknya dari kabut gas bersuhu tinggi; adanya bahan padat kecil mengelilingi inti berbentuk spiral terjadi ledakan raksasa dan mengembang kabut gas berputar sangat lambat makin ...

Pembahasan Soal:

Beberapa teori pembentukan tata surya yaitu:

  • Teori Nebula oleh Kant dan Laplace menyebutkan tata surya tercipta dari suatu nebula atau kabut tipis bersuhu tinggi yang mengalami pendinginan yang membentuk cakram datar.
  • Teori awan debu oleh Weizsaecker dan Kuiper menyebutkan tata surya tercipta dari awan gas yang sangat panas yang mengalami pemampatan dan berputar cepat dengan piringan gas di sekelilingnya.
  • Teori Planetasimal oleh Moulton dan Chamberlain menyebutkan tata surya tercipta dari suatu benda asing kecil bersifat gas yang mengelilingi inti.
  • Teori pasang surut oleh James-Jeffresys menyebutkan matahari awalnya planet sendirian yang kemudian ada bintang yang bergerak mendekati matahari yang menyebabkan adanya tarik menarik partikel yang kemudian menjadi planet.
  • Teori bintang kembar oleh Raymond Arthur Lyttleton menyebutkan alam semesta terdiri dari dua bintang raksasa yang mengelilingi medan gravitasi.
  • Teori Big Bang oleh George Lemaitre menyatakan tata surya dari bintang ukuran besar yang meledak.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah C.

0

Roboguru

Sebutkan teori-teori tentang terbentuknya planet Bumi!

Pembahasan Soal:

Beberapa teori tentang terbentuknya planet Bumi adalah sebagai berikut.

  1. Teori Kabut atau Nebula, menyatakan bahwa mulanya tata surya merupakan gumpalan gas mirip cakram yang berputar. Cakram tersebut memepat, dan gas yang terkumpul di bagian tengah membentuk Matahari, sedangkan gas di sekitarnya menjadi planet-planet, termasuk Bumi.
  2. Teori Pasang Surut, menyatakan bahwa Matahari telah ada sejak dulu, dan suatu saat ada bintang besar yang berpapasan dengan Matahari, sehingga menyebabkan pasang pada Matahari. Bintang tersebut kemudian menjauh dan massa matahari yang pasang menjadi terhambur, sehingga membeku dan membentuk planet Bumi dan planet lainnya di tata surya.
  3. Teori Planetesimal, hampir sama seperti teori Pasang Surut, menyatakan bahwa planet Bumi dan planet lainnya terbentuk dari massa matahari yang berhamburan.
  4. Teori Bintang Kembar, menyatakan bahwa dulu terdapat dua bintang yang berdekatan, kemudian salah satu bintang menabrak bintang yang lain, sehingga bintang tersebut meledak dan membentuk serpihan-serpihan. Serpihan tersebut kemudian berubah menjadi planet-planet, termasuk planet Bumi.
  5. Teori Awan Debu, menyatakan bahwa planet Bumi dan planet lainnya terbentuk dari gumpalan gas debu yang berukuran kecil, kemudian berpilin dan membeku.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa teori terbentuknya planet Bumi terdiri dari teori Kabut atau Nebula, teori Pasang Surut, teori Planetesimal, teori Bintang Kembar, dan teori Awan Debu.  

0

Roboguru

Perbedaan teori pembentukan Tata Surya antara teori Nebula dan teori Bintang Kembar ditunjukkan oleh pilihan...

Pembahasan Soal:

Teori Nebula dan Bintang Kembar merupakan teori pembentukan tata surya. Perbedaan dari kedua teori tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Teori Nebula
    Teori ini dikemukakan oleh Immanuel Kant. Dia berpendapat bahwa pada awalnya, kabut dan gas yang ada di angkasa berputar lambat dan membentuk cakram datar dengan beberapa inti massa. Inti massa yang berada di tengah memiliki suhu tinggi dan berpijar. Lalu, inti massa ini mengalami pemadatan dan membentuk matahari. Sementara itu, bagian inti massa di pinggirnya mengalami pendinginan dan perlahan-lahan berubah menjadi planet yang mengorbit pada matahari.
  2. Teori Bintang Kembar 
    Teori ini ditemukan oleh Raymond Arthur Lyttletons. Menurutnya, sebelum galaksi terbentuk, terdapat dua “bintang raksasa” di luar angkasa. Lalu, salah satu bintang ini meledak dan hancur sehingga menghasilkan serpihan-serpihan. Pecahannya itu mengambang di angkasa, lalu mendapat pengaruh gravitasi dari bintang yang utuh dan perlahan-lahan mengorbit ke bintang yang masih utuh.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E

  

0

Roboguru

Sebutkan perbedaan dan persamaan antara teori planetesimal dengan teori pasang surut!

Pembahasan Soal:

Berikut ini merupakan perbedaan dan persamaan antara teori platenesimal dan teori pasang surut :

Teori Planetesimal : matahari sudah ada sejak awal dan suatu ketika terdapat bintang berukuran jauh lebih besar yang melintas sangat cepat dan berada sangat dekat dengan matahari. Hal ini kemudian menyebabkan terjadinya daya pasang pada matahari sehingga ada sebagian materi yang terlepas dan bertebaran di lintasan orbit.

Teori Pasang Surut : tata surya terbentuk dari sebuah matahari yang dilewati oleh bintang yang sangat dekat. Karena pengaruh gravitasi, sebagian massa matahari tertarik ke arah bintang hingga membentuk seperti cerutu panjang. Pada bagian tengah cerutu besar akan tetap menjadi matahari sedangkan bagian ujung dan pangkalnya yang kecil membentuk bulatan menjadi planet. 

Sedangkan persamaan antara dua teori tersebut adalah bahwa awal terbentuknya jagad raya dari matahari.space

0

Roboguru

Berikut ini persamaan antara teori Pasang Surut dan teori Planetesimal dalam pembentukan Tata Surya adalah ....

Pembahasan Soal:

Teori planetisimal adalah sebuah teori perkembangan terjadinya jagat raya dimana teori ini berbunyi bahwa penciptaan planet diawali dengan adanya benda padat yang berhamburan, dimana benda padat ini saling tarik menarik satu sama lain sehingga lama kelamaan membentuk gumpalan besar yang disebut planet.

Teori Pasang surut adalah teori penciptaan alam semesta dimana penciptaan alam semesta disebabkan karena adanya sebuah bintang yang melewati matahari kemudian bintang yang melewati matahari tersebut menyebabkan gaya tarik menarik, karena adanya gaya tarik menarik ini memunculkan bentukan planet.

Jadi, persamaan teori planetisimal dan pasang surut adalah Gaya gravitasi sebuah bintang besar yang melintasi Matahari

Jadi, jawaban yang benar adalah E

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved