Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan secara berurutan tingkat mata pencaharian hidup (sistem ekonomi) dari dulu hingga sampai sekarang!

Sebutkan secara berurutan tingkat mata pencaharian hidup (sistem ekonomi) dari dulu hingga sampai sekarang!undefined 

Iklan

F. Freelancer2

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Sistem ekonomi adalah susunan dari unsur-unsur ekonomi yang saling berhubungan dan bekerja secara bersama-sama untuk memecahkan masalah ekonomi. Dari masa ke masa, sistem ekonomi terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Berikut ini urutan perkembangan sistem ekonomi beserta mata pencaharian hidup setiap masanya. Sistem tradisional Sistem ekonomi tradisionaldilakukan sesuai dengan kebiasaan/tradisi.Adapunciri-ciri sistem ekonomi tradisional adalah teknologi rendah, produktivitas rendah, setiap anggotamasyarakat belum punya motivasi untuk mengembangkan harta yang dimiliki . Mata pencaharianberfokus pada sektor pertanian dan peternakan dengan pengelolaan yang sederhana. Kegiatan ekonomi dalam sistem ini belum optimal karena belum ada alat tukar. Sistem Ekonomi Pasar Sistem ekonomi ini disebut juga dengan sistem ekonomi liberal karena adanya kebebasan bagi masyarakat dalam berusaha. Sering juga disebut sistem e konomi kapitalis karena peran kepemilikan modal sangat berpengaruh terhadap keberhasilan ekonomi. Mata pencaharian hidupnyaberfokus pada industri perdagangan. Dalam sistem ekonomi ini manusia sudah mampu untuk mengolah sumber daya dengan kualitas tinggi dan timbul persaingan pasar. Sistem Ekonomi Campuran Sistem ekonomi campuran merupakan campuran dari sistem ekonomi pasar dan komando . Akibatnya,peran pemerintah dan swasta sama besar. Adapunciri khas dari sistem ekonomi campuran adalah pemerintah mempunyai kekuasaan penuh terhadap SDA. Mata pencaharian hidupnya berfokus pada industri dan perdagangan , namun potensi sumber daya alam dikelola oleh pemerintah .

Sistem ekonomi adalah susunan dari unsur-unsur ekonomi yang saling berhubungan dan bekerja secara bersama-sama untuk memecahkan masalah ekonomi. Dari masa ke masa, sistem ekonomi terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Berikut ini urutan perkembangan sistem ekonomi beserta mata pencaharian hidup setiap masanya.

  1. Sistem tradisional 
    Sistem ekonomi tradisional dilakukan sesuai dengan kebiasaan/tradisi. Adapun ciri-ciri sistem ekonomi tradisional adalah teknologi rendah, produktivitas rendah, setiap anggota masyarakat belum punya motivasi untuk mengembangkan harta yang dimiliki. Mata pencaharian berfokus pada sektor pertanian dan peternakan dengan pengelolaan yang sederhana. Kegiatan ekonomi dalam sistem ini belum optimal karena belum ada alat tukar.
  2. Sistem Ekonomi Pasar
    Sistem ekonomi ini disebut juga dengan sistem ekonomi liberal karena adanya kebebasan bagi masyarakat dalam berusaha. Sering juga disebut sistem ekonomi kapitalis karena peran kepemilikan modal sangat berpengaruh terhadap keberhasilan ekonomi. Mata pencaharian hidupnya berfokus pada industri perdagangan. Dalam sistem ekonomi ini manusia sudah mampu untuk mengolah sumber daya dengan kualitas tinggi dan timbul persaingan pasar.
  3. Sistem Ekonomi Campuran
    Sistem ekonomi campuran merupakan campuran dari sistem ekonomi pasar dan komando. Akibatnya, peran pemerintah dan swasta sama besar. Adapun ciri khas dari sistem ekonomi campuran adalah pemerintah mempunyai kekuasaan penuh terhadap SDA. Mata pencaharian hidupnya berfokus pada industri dan perdagangan, namun potensi sumber daya alam dikelola oleh pemerintah.space space 

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini adalah ciri-ciri sistem ekonomi: 1. Teknik produksi didapat dengan cara turun-temurun 2. Produksi hanya cukup untuk diri sendiri atau kelompok 3. Pertukaran masih banyak menggunak...

5rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia