Roboguru

Sebutkan dan jelaskan macam-macam sistem ekonomi!

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan macam-macam sistem ekonomi! space space 

Pembahasan Soal:

Macam-macam Sistem Ekonomi:

  1. Sistem ekonomi pasar (kapitalis/liberal) adalah suatu sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, dan konsumsi) diserahkan kepada mekanisme pasar.
  2. Sistem ekonomi komando adalah suatu sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat besar sedangkan peran swasta/masyarakat sangat minim bahkan tidak ada.
  3. Sistem ekonomi campuran mengadopsi kelebihan sistem ekonomi pasar dan kelebihan sistem ekonomi komando. Disebut campuran karena dalam sistem ekonomi ini peran pemerintah dan swasta sama-sama besar.
  4. Sistem ekonomi tradisional adalah dilakukan sesuai dengan kebiasaan atau tradisi. Teknologi yang digunakan masih sederhana, produktivitas masih rendah, setiap anggota masyarakat belum memiliki motivasi untuk mengembangkan harta yang dimiliki, masyarakat sulit berubah karena ada kecenderungan penolakan, dan struktur ekonomi yang ada biasanya dominan bercocok tanam/pertanian. space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Sumiati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 22 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan perbedaan sistem ekonomi tradisional, modern, pasar dan campuran kemudian bandingkanlah keempat sistem ekonomi tersebut!

Pembahasan Soal:

Perbedaan sistem ekonomi tersebut ialah:

  • Tradisional
    Sistem ekonomi yang didalam segala aktivitas ekonominya dilakukan dengan masih berpegang pada tradisi yang terus diturunkan dari generasi ke generasi. Kelebihan sistem ekonomi ini adalah membuat masyarakatnya tidak terbebani dengan target ekonomi berupa kekayaan harta. Kekurangan sistem ekonomi ini adalah sulitnya mengalami kemajuan karena cenderung menolak perubahan karena menjaga tradisi.
  • Modern
    Sistem ekonomi yang dalam kegiatan ekonominya lebih mengandalkan kemajuan teknologi pada setiap sektornya. Kelebihan sistem ekonomi modern adalah kegiatan ekonomi yang menjadi cepat dan mudah untuk manusia karena bantuan teknologi canggih, namun kekurangan dari sistem ekonomi ini adalah ketergantungan terhadap teknologi dalam kegiatan ekonomi yang menyebabkan tenaga manusia tergusur sehingga menimbulkan pengangguran yang meningkat.
  • Pasar
    Sistem ekonomi yang kegiatan ekonominya menyesuaikan dengan mekanisme permintaan dan penawaran pasar, sehingga pembentukkan harga terjadi secara alami. Kelebihan sistem ekonomi pasar adalah adanya kebebasan masyarakat untuk berkreasi sehingga kreativitas masyarakat berkembang untuk menciptakan produk yang berkualitas dan bersaing di pasar. Kekurangan sistem ekonomi pasar adalah distribusi pendapatan masyarakat yang tidak merata.
  • Campuran
    Kombinasi antara sistem ekonomi pasar dan komando, dikatakan juga sebagai penyempurnaan dari sistem ekonomi pasar. Kelebihan sistem ekonomi campuran adalah terminimalisirnya berbagai kerugian yang ditimbulkan dari mekanisme pasar dengan intervensi dari pemerintah. Kekurangan sistem ekonomi campuran adalah laju pertumbuhan ekonomi cenderung lambar.

1

Roboguru

Di bawah ini termasuk macam-macam sistem ekonomi, kecuali....

Pembahasan Soal:

Sistem ekonomi adalah sistem atau tata cara yang digunakan suatu negara dalam mengatur perekonomiannya untuk mengatur dan mengalokasikan sumber daya, jasa dan barang kepada pihak-pihak di negara tersebut. Sistem ekonomi yang dipakai negara-negara di dunia antara lain:

  • sistem ekonomi pasar, (A)
  • sistem ekonomi komando, (B)
  • sistem ekonomi campuran, (C)
  • sistem ekonomi tradisional, (D)

Dengan demikian, yang bukan termasuk macam-macam sistem ekonomi yakni sistem ekonomi modern.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space space 

0

Roboguru

Tuliskan macam-macam sistem ekonomi!

Pembahasan Soal:

Sistem ekonomi adalah sistem atau cara yang digunakan suatu negara dalam mengatur perekonomiannya untuk mengatur dan mengalokasikan sumber daya yang ada demi kemakmuran negara tersebut. Macam-macam sistem ekonomi antara lain:

  • Sistem ekonomi pasar yaitu sistem ekonomi yang memberikan kebebesan pada individu (swasta) untuk menjalankan perekonomian tanpa atau sedikit ada campur tangan pemerintah.
  • Sistem ekonomi komando yaitu sistem ekonomi dimana peran pemerintah lebih dominan daripada peran (swasta) individu dalam perekonomian dan individu kurang diberikan kebebasan dalam menjalankan perekonomian.
  • Sistem ekonomi campuran yaitu sistem ekonomi dimana pemerintah dan individu (swasta) sama-sama berperan penting dalam perekonomian.
  • Sistem ekonomi tradisional yaitu sistem ekonomi yang masih sangat tradisional dan perekonomian yang dijalankan hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan semata.
  • Sistem ekonomi syariah yaitu sistem ekonomi yang mengedepankan nilai-nilai Islam seperti pelarangan bunga (riba) yang diganti dengan sistem bagi hasil, spekulasi dan ketidakjelasan. space

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan sistem ekonomi Pancasila dan campuran!

Pembahasan Soal:

Sistem ekonomi Pancasila disebut juga sistem ekonomi kerakyatan, karena pada sistem ini dilandaskan oleh falsafah negara yang tertera pada UUD NRI Tahun 1945 Pasal 33 ayat 1.

Sedangkan, sistem ekonomi campuran mengadopsi kelebihan sistem ekonomi pasar dan kelebihan sistem ekonomi komando. Disebut campuran karena dalam sistem ekonomi ini peran pemerintah dan swasta sama-sama besar. space space 

1

Roboguru

Berikut ini macam-macam sistem ekonomi yang ada, kecuali….

Pembahasan Soal:

Macam-macam sistem ekonomi yaitu:

  • Sistem ekonomi pasar/liberal/kapitalis
  • Sistem ekonomi komando atau terpusat
  • Sistem ekonomi tradisional

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved